Mohon tunggu...
Gadget Pilihan

Bingung Apa Itu SEO dan SEM? Yuk Simak Penjelasan Ini

19 Maret 2019   07:16 Diperbarui: 19 Maret 2019   07:24 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SEO dan SEM merupakan 'teknik' dalam mengoptimalkan posisi pada mesin pencarian.

Berbicara mengenai SEO dan SEM berarti tidak jauh-jauh dari dunia kepenulisan online. Sebab, ranah keduanya ini berada di jejaring internet.

Sebenarnya SEO dan SEM ini bagaikan kaka-beradik, konsepnya hampir sama persis meski ada sedikit perbedaan.

Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization biasanya lebih dikenal masyarakat dengan sebutan SEO. Teori ini menjelaskan tentang bagaimana pengoptimalan kata kunci dalam tulisan. Hal tersebut dilakukan agar posisi artikel menjadi yang teratas dalam mesin pencarian layaknya Google dan Yahoo.

Alhasil dengan 'nangkringnya' artikel di atas pun akan membuat si pencari lebih tertarik membuka artikelnya. Sebab, 90% masyarakat diyakini akan membuka artikel yang berada di halaman pertama mesin pencarian.

Penggunaan SEO ini tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Penulis cukup memainkan kata kunci saja. Sederhana, kata itu hanya perlu disajikan berulang kali.

Guna mendapatkan hasil menunjang lebih baik, maka setiap artikel harus mencatatakan kata yang kira-kira akan menjadi bahan pencarian masyarakat. Sehingga, ketika masyarakat 'mengklik' di mesin pencarian, artikel itulah yang akan berada di halaman pertama.

"Kata apa yang biasa digunakan untuk melacak di mesin pencarian itu adalah kata kuncinya."

Search Engine Marketing (SEM)

Konsep SEM sama persis dengan SEO, yaitu untuk 'menangkringkan' artikel di halaman pertama mesin pencarian. Hanya saja, SEM ini sifatnya ialah berbayar, berbeda dengan saudaranya itu.

Saat memanfaatkan SEM, penulis tidak perlu susah payah mengolah kata kunci. Sebab, saat sudah melakukan mengurus terkait urusan pendanaan dan diproses maka artikel akan berada di posisi teratas.

Nantinya di sebelum judul tersebut akan terdapat tanda berupa tulisan sponsor. Bagaimana pun bentuk tulisannya apabila menggunakan SEM akan otomatis sudah berada di puncak.

Walakin, pembayaran SEM sendiri pay per clicks. Penulis atau pembuat artikel akan melunasi keuangan sesuai dengan berapa banyak pengguna internet yang 'mengklik' artikelnya.

Tentunya, semakin banyak masyarakat yang membuka artikel tersebut membuat biaya yang dikeluarkan juga semakin banyak.

Biasanya, artikel yang memanfaatkan SEM sendiri ialah tulisan promosi. Mereka menggunakan itu agar bisnis usahanya lebih dikenal masyarakat dan dapat berkembang pesat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun