Mohon tunggu...
Muhammad Iqbal
Muhammad Iqbal Mohon Tunggu... Wiraswasta - MASBABAL.COM

Mulai dari diri sendiri dan memberi untuk orang lain. Semoga Berkah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 7 Materi Descriptive Text Kurikulum 2022

13 Mei 2022   09:30 Diperbarui: 13 Mei 2022   09:44 29115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 7 Materi Descriptive Text Kurikulum 2022/dokpri

Perangkat ajar merupakan buku teks dan modul ajar yang membantu guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Melalui perangkat ajar, guru diharapkan dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang semakin bermakna, selaras dengan prinsip yang mengedepankan pembelajaran sesuai tahapan dan kebutuhan peserta didik.

Modul ajar merupakan dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran.

Di bawah ini kami membagikan Bahan Ajar RPP Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Kelas 7 Materi Descriptive Text.

Bahan Ajar/Modul Ajar Bahasa Inggris SMP Fase D Kelas 7 Materi Descriptive Text

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : 7
Alokasi Waktu : 6 x 80 menit (12 JP)

Deskripsi :
Modul pembelajaran ini akan memperlengkapi peserta didik untuk belajar menulis teks deskripsi yang menarik dan benar. Perangkat ajar ini didesain untuk digunakan secara efektif dengan Akun Pembelajaran, yaitu akun Google dengan domain belajar.id.

Profil Pelajar Pancasila:

  • Bernalar kritis: Mengidentifikasi ide pokok, informasi detail, dan informasi tersirat dari sebuah Descriptive text.
  • Kreatif: Menyusun teks deskripsi secara mandiri
  • Kebhinekaan global: Mengenal berbagai teks descriptive dalam konteks keragaman global

Cara Penggunaan:

  • Guru membaca capaian pembelajaran dan memilih bterbagai pilihan materi dan tugas yang dapat digunakan untuk pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan lingkungannya. Terdapat tips dan panduan serta alternatif tugas yang membantu guru menerapkan bahan ajar ini.

Relevansi Projek:

  • Perangkat ajar ini mencangkup capaian pembelajaran, materi, tugas, pengayaan, petunjuk beserta link yang dapat diklik sebagai bahan ajar yang akan membantu guru mengintegrasikan materi ke Google Classroom dan perangkat Google Workspace for Education.

Sarana Prasarana

  • Komputer/Laptop
    Koneksi Internet
    Disarankan: Akun Google Workspace for Education (contoh: belajar.id), atau akun Google pribadi

Model Pembelajaran:

  • Tatap Muka/Pembelajaran Hybrid/Pembelajaran Blended
    Model Pembelajaran: Kontekstual

Capaian dan Tujuan Pembelajaran

Capaian Pembelajaran :

Pada akhir fase D, siswa menggunakan teks lisan, tulisan, dan visual dalam Bahasa Inggris untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam konteks yang lebih beragam dan dalam situasi formal dan informal, berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, teks khusus (pesan singkat, iklan) dan teks asli menjadi rujukan utama dalam mempelajari Bahasa Inggris di fase ini. Siswa menggunakan Bahasa Inggris untuk berdiskusi dan menyampaikan keinginan/perasaan.

Pemahaman mereka terhadap teks tulisan semakin berkembang dan keterampilan inferensi mulai tampak ketika memahami informasi tersirat. Mereka memproduksi teks tulisan dan visual dalam Bahasa Inggris yang terstruktur dengan kosa kata yang lebih beragam. Mereka memahami tujuan dan pemirsa ketika memproduksi teks tulisan dan visual dalam Bahasa Inggris.

Tujuan Pembelajaran :
7.1 Mengidentifikasi konteks, gagasan utama, dan informasi terperinci dari ragam teks lisan/tulisan yang disajikan dalam bentuk multimoda dalam lingkup keluarga dan kelas.

7.4 Menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dari ragam teks yang disajikan dalam bentuk multimoda dalam lingkup keluarga dan kelas.

7.5 Menganalisa struktur teks, unsur kebahasaan dan konteks dari ragam teks yang disajikan dalam bentuk multimoda pada konteks yang berbeda dalam lingkup keluarga dan kelas.

7.7 Merancang berbagai ragam teks tulisan maupun lisan sederhana yang disajikan dalam bentuk multimoda dalam lingkup keluarga dan kelas

7.8 Memproduksi berbagai ragam teks tulisan maupun lisan sederhana yang disajikan dalam bentuk multimoda dalam lingkup keluarga dan kelas.

Materi : Descriptive Text (Teks Deskripsi)
Sebuah gambar dan pernyataan terkait gambar [gambar]
Transkrip teks dialog (transkrip)
Teks deskripsi tulis sederhana (teks)
Video (Youtube)
Teks dialog (Docs)
Video dan slide [slide]
Soal tes pengetahuan (Form | docs)

Baca Selengkapnya...

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun