Mohon tunggu...
Andi Eka Prima
Andi Eka Prima Mohon Tunggu... Guru - Blog Pribadi

Andi Eka Prima, S.Pd.M.Pd Lahir di Kab.Banyuwangi 27 April 1988. Dari pasangan Bpk Hadi Suwoto dan Ibu Jumaiyah Ismiyati. Pendidikan pertama di tempuh di TK Khotidjah 14 lulus pada tahun 1995 lalu kemudian MI Miftahul Huda lulus tahun 2000, MTs Miftahul Huda lulus 2003. Kemudian Melanjutkan ke Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember lulus 2006, sempat mempuh kuliah di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri jember tahun 2006 - 2012 Dan mendapat gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd). kemudian di tahun 2014 melanjutkan program studi Magister S2 di Universitas Islam Malang lulus tahun 2017 dan memperoleh gelar Magister Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris. karya ilmiah yang sempat di tulis yaitu Improving students' Speaking using Brocure (journal skripsi), Teaching Speaking using Visual Narrative (thesis Journal), Minat Belajar Bahasa Inggris Masyarakat dan Pertumbuhan Pariwisata (Radar Banyuwangi), serta Students' Needs Learning English as Second Language for Engineering Program Vocational High School research ).

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menjadi Guru Ideal

7 Maret 2022   08:30 Diperbarui: 13 Maret 2022   22:18 541
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

MENJADI GURU IDEAL 

Andi Eka Prima, S.Pd.M.Pd

Tidak bisa dipungkiri bahwa guru adalah salah satu pekerjaan yang sangat mulia dan diminati oleh banyak orang, namun pada kenyataanya menjadi guru bukanlah pekerjaan yang mudah bahkan harus dituntut untuk pandai dalam memberikan ilmunya serta juga harus mampu untuk menjadi panutan yang selalu memberikan keteladan terhadap peserta didik serta masyarakat sekitarnya. Gaya santun yang terpancar dari dalam diri seorang pendidik memberikan kesejukan tersendiri dalam  proses pembelajaran.

Di samping itu, Fungsi utama guru adalah selain mengajar ia harus bisa mendidik secara emosional, perbedaan mendidik dan mengajar merupakan dua hal yang berbeda, Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata mendidik, berarti memelihara dan memberi latihan (ajaran, tuntunan, pimpinan) soal akhlak dan kecerdasan, Sedang kan Mengajar adalah proses menyampaikan informasi atau pengetahuan dari guru kepada peserta didik. Sehingga mengajar dan mendidik akan menjadi lebih terarah maka poin penting yang harus dimiliki adalah sikap sabar, ini  yang selalu melekat dalam diri seorang pendidik. Oleh karena itu, sikap dan sifat penyabar, penyayang, santun, harus dimilikinya dalam mendidik peserta didiknya.

Guru jika dilihat dari segi makna berasal dari bahasa Sansekerta yang mempunyai arti pengajar suatu ilmu dengan arti lain tugas seorang guru ialah mendidik, Ilmunya yang mengalir layaknya seperti air yang tidak pernah berhenti, semakin banyak diambil maka makin jernih air itu serta bisa memberikan penyegaran kepada setiap orang yang haus.

Tuntutan seorang guru juga harus bisa meramu bagaimana agar dengan cara yang dimaksud diatas dapat terkoneksi dengan baik dalam era moderenisasi seperti sekarang ini, guru dituntut untuk terus memacu semangat dalam mengajar selain mempersiapkan kelengkapan dalam mengajar seperti perangkat rencana pembelajaran yang harus relevan untuk lebih bisa membuat peserta didik mampu menangkap apa yang di sampaikan. 

Kualitas belajar peserta didik dalam meningkatkan mutu serta  kuantitas masing masing peserta didik dalam menjalankan proses pembelajaran agar bisa keduanya  saling bersinergi  yakni adanya pola pikir atau paradigma baru yang di ubah dalam mengajar sebab jika kita tinjau dari segi prosesnya misalnya  paradigma mengajar (Teaching Paradigm) diubah menjadi "mengajarkan" agar dalam melaksanakan proses pembelajaran yang baik maka paling tidak materi yang disampaikan  nanti dapat menghasilkan produk yang baik pula.  

Dengan munculnya kalimat mengajar inilah diharapkan akan ada proses belajar yang inovatif yakni bagaimana guru mengantarkan peserta didiknya untuk berekplorasi ilmu pengetahuan. Ini menjadi titik untuk menggali potensi sekaligus pengalaman dan penghayatan setiap peserta didik agar tidak di pengaruhi  orang lain, disinilah peran seorang guru sangat di butuhkan. Lantas guru yang ideal itu seperti apa? 

Yang jelas guru ideal adalah ungkapan makna yang tersirat dari peserta didik bahkan masyarakat luar disematkan kepada guru yang memiliki keprofesionalan dalam membuat peserta didik merasa nyaman, sehingga dalam perananya sebagai guru dapat memberikan motivasi, serta dapat melatih kecakapan dalam bertindak dan berpikir dan kehadiranya pun selalu dirindukan oleh semua peserta didik. Kharakteristik inilah yang tercemin  pada kepribadian seorang guru.

Agar semua elemen dapat saling mendukung perlu adanya tindakan  keras yang terus dipacu untuk memperoleh suatu tujuan "Goal "dimana peserta didik diharapkan nantinya mampu membentuk karekter dan  mentalnya sebagai bekal menghadapi kehidupan yang akan datang. Sebab persaingan diluar sangatlah ketat, oleh sebab itu selalu ada kewajiban untuk memotivasi diri agar dapat mempraktekan apa yang telah di dapatkannya. 

Prof.Dr.H.Maskuri,M.Si menerangkan makna yang harus kita ketahui mengenai apa yang disebut sebagai guru ideal adalah  Pertama: Guru  ideal adalah guru yang bisa memahami akan profesinya, sebab menjadi guru merupakan profesi yang sangat mulia, ia tidak pernah mengharapkan imbalan apapun bahkan kehadiranya selalu dirindukan oleh peserta didiknya, dan falsafah hidupnya adalah tangan di atas lebih mulia daripada tangan dibawah. Kedua:  Guru ideal itu selalu berkata benar, penyampai yang baik dan tutur kata yang dapat dipercaya, kridibel, pintar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun