Revolusi industri 4.0 telah dimulai, dimana perubahan besar akan mempengaruhi setiap aspek kehidupan. Revolusi industri 4.0 ini merupakan perubahan yang menitikberatkan pada alur produksi maupun alur distribusi hingga ke tangan konsumen.Â
Proses yang tadinya dikerjakan secara konvensional, kemudian dikerjakan secara digital, dimana teknologi informasi dan komunikasi memiliki peran yang sangat vital. Perubahan ini dilakukan dengan cara memadukan antara teknologi mesin, komputer, pengolahan data, serta teknologi informasi dan komunikasi, yang kemudian tercipta perangkat baru yang akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas manusia. Negara-negara maju di seluruh dunia telah berlomba-lomba mencari formula terbaik agar menjadi yang terdepan dalam era industri 4.0 ini. Dimulai dari negara Jerman pada tahun 2011, kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia.Â
Berbagai program dan kebijakan telah dikeluarkan oleh negara-negara tersebut. Tak terkecuali Indonesia yang juga telah menetapkan kebijakan serta program untuk ikut andil dalam pengembangan era industri 4.0 ini.Â
Era industri 4.0 merupakan jawaban atas keinginan konsumen pada masa kini yang menginginkan pelayanan yang lebih cepat, mudah, dan fleksibel. Konsumen menginginkan pelayanan yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja tanpa batasan. Permasalahan ini tentu saja akan semakin sulit dipenuhi oleh perusahaan dengan sistem konvensional.Â
Maka tidak mengherankan, jika perusahaan dengan basis teknologi konvensional akan semakin tergeser oleh perusahaan berbasis digital. Sebagai contoh, sebuah perusahaan dengan penggunaan aplikasi gadget atau fitur website sebagai salah satu fitur pelayanannya yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun dibutuhkan, akan lebih dipilih daripada yang tidak menggunakan fitur ini.Â
Selain akan mendapatkan kemudahan dalam mengakses informasi maupun mendapatkan layanan, pelanggan akan lebih efisien dalam penggunaan waktunya. Hal ini membuktikan bahwa peran teknologi dan informasi sangatlah penting.
J&T Express menawarkan berbagai kemudahan dalam melayani pelanggan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital sebagai dasar pelayanannya. Mulai dari penyediaan aplikasi untuk smartphone, maupun fitur website yang bisa diakses dimana saja yang membuat pelanggan semakin mudah dan nyaman.
Dengan mengusung visi "Membangun perusahaan ekspress berbasis perkembangan teknologi internet dengan cakupan Asia Tenggara" tentunya menjadikan J&T Express sebagai perusahaan jasa pengiriman express yang akan memanjakan para konsumen dengan pelayanan berbasis teknologi digitalnya. Untuk mewujudkan visinya tersebut, J&T Express telah menyiapkan berbagai fitur layanan berbasis digital baik melalui aplikasi gadget maupun website. Saat ini J&T Express telah tersedia dalam aplikasi yang dapat di unduh melalui Playstore maupun Appstore secara gratis, atau diakses melalui website dari PC maupun smartphone pelanggan.Â
J&T Express menawarkan pelayanan yang berbeda dengan berbagai keunggulannya. Kemudahan serta kenyamanan pelanggan menjadi komitmen utamanya. Berikut berbagai keunggulan yang dimiliki J&T Express yang akan anda dapatkan ketika menggunakan layanannya :
Melayani seluruh pengiriman. J&T Express menerima pengiriman paket tanpa minimal berat serta jumlah paket yang dikirimkan.
Jemput paket di tempat. Jika waktu anda terbatas, maka anda tidak perlu mendatangi drop point (kantor J&T Express di wilayah anda), cukup dengan memesan penjemputan melalui call center 24 jam, website, atau menggunakan aplikasi dari smartphone anda. Penggunaan layanan jemputan ini gratis tanpa biaya apapun.Â
Area cakupan seluruh Indonesia. J&T Express memiliki jaringan di seluruh wilayah di Indonesia. Untuk kantor pelayanan di tiap wilayah disebut dengan drop point. Dan wilayah cakupan layanan J&T Express ini dapat anda ketahui dengan mudah dengan cara mengakses melalui fitur website maupun aplikasi secara lengkap. Dan meskipun anda berada di luar wilayah cakupan layanan, J&T Express tetap berkomitmen untuk melakukan layanan pengiriman jika daerah tersebut masih dalam jangkauan. J&T Express berkomitmen untuk melakukan larangan penolakan pengiriman dalam wilayah area cakupan. Artinya, anda tidak perlu khawatir bahwa paket yang akan anda kirim di tolak.
Sms Waybill.Setelah paket diterima J&T Express baik melalui drop point maupun penjemputan, pengirim maupun penerima paket akan mendapatkan sms pemberitahuan mengenai status pengiriman, nomor resi, tanggal dan keterangan untuk tracking mandiri. Dengan adanya layanan ini pelanggan yang mengirimkan paket tidak perlu mengirimkan nomor resi kepada penerima, sebab J&T Express sudah mengirimkan no resi tersebut.
Fasilitas aplikasi dan website. J&T Express memberikan kemudahan dalam genggaman. Dengan penggunaan fasilitas website dan aplikasi pada smartphone, pelanggan memperoleh berbagai kemudahan dalam melakukan pemesanan penjemputan paket, pengecekan info harga,tracking paket yang dikirim maupun mencari lokasi drop point terdekat di wilayah pelanggan.Â
Sistem tracking real time. Dengan layanan ini pelanggan dapat melacak keberadaan lokasi paket terkini secara real time. Sistem tracking real time J&T Express ini merupakan sistem pelacakan paling akurat diantara yang lainnya. Pelanggan bisa melacak keberadaan paket terkini secara rinci dari titik drop point satu ke titik drop point lainya. Dalam melakukan pengecekan pun sangat mudah, yaitu dengan melakukan pengecekan melalui website atau aplikasi smartphone.
Sumber : PlaystoreOperasional 365 hari/tahun. J&T Express buka setiap hari, bahkan di hari minggu beserta hari libur J&T Express tetap melayani pelanggannya.
Hotline 24 jam. Kapanpun anda menginginkan bantuan, selama 24 jam J&T Express siap melayani anda dengan layanan hotline bebas biaya.
Harga reguler layanan premium. Untuk urusan harga, J&T Express sangat terjangkau untuk semua kalangan sedangkan pelayanannya merupakan layanan yang berkualitas premium. Dimana kenyamanan pelanggan merupakan hal yang paling diperhatikan. Pelanggan dapat melakukan pengecekan terlebih dahulu melalui aplikasi maupun website.
Platform VIP. Selain menyediakan reguler member, J&T Express juga menyediakan VIP member. Platform VIP ini tentu sangat berguna bagi pelanggan yang memiliki bisnis berbasis online yang banyak melayani pelanggan dengan mengirimkan produk melalui jasa ekspedisi. Dengan menjadi member VIP pelanggan akan mendapatkan potongan biaya paket hingga 10%.
Fasilitas klaim asuransi. Ketika paket anda rusak atau hilang maka pelanggan dapat mengajukan klaim kepada J&T Express.
Berbagai keunggulan yang ditawarkan J&T Express ini tentu akan membantu pelanggan dalam memenuhi kebutuhan pengiriman paket. Dan perlu diketahui, saat ini saat ini peran dari perusahaan pengiriman paket ini sangat penting sekali. Keberadaan e-commerce akan sia-sia ketika tidak ada perusahaan pengiriman paket semacam ini. Dan J&T Express dengan penerapan pelayanan berbasis teknologi terbaru ini merupakan pilihan yang paling tepat untuk anda.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H