Mie Gacoan merupakan salah satu fenomena kuliner yang viral di Indonesia, khususnya di kalangan anak muda, dewasa, hingga pekerja 1. Berdiri sejak awal tahun 2016 yang bermula di Malang, Jawa Timur 2. Didirikan oleh Anton Kurniawan dibawah naungan PT. Pesta Pora Abadi yang bergerak di bidang kuliner dan terkenal dengan tagline nya sebagai “Mie Pedas No.1 di Indonesia”.
Mie Gacoan ini menawarkan menu utama nya berupa mie pedas dan dapat disesuaikan dengan selera konsumennya, khususnya pada tingkatan rasa pedas pada mienya. Dan siapa sangka, kini Mie Gacoan telah tersedia 100+ cabang di beberapa kawasan di Indonesia 3. Namun, sebenarnya apa yang membuat konsumen ini membeli Mie Gacoan di gempuran persaingan pasar dengan produk yang serupa? Berikut analisis terkait faktor-faktor keputusan pembelian konsumen Mie Gacoan.
Factors Affecting Customer Behavior
Factors Affecting Customer Behavior atau faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah elemen-elemen yang mempengaruhi cara konsumen membuat keputusan untuk membeli suatu produk atau layanan. Solomon, M. R. (2018). Consumer behavior : buying, having, and being (Twelfth edition, global edition). Pearson. Membagi faktor-faktor yang menjadi keputusan pembelian diantaranya adalah: faktor psikologi, faktor sosial, faktor kultural budaya, faktor ekonomi, dan faktor teknik.
Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk Mie Gacoan:
1. Faktor Psikologi
- Butuh atau Ingin: rasa keingin tahuan terhadap Mie Gacoan yang viral, hal ini yang membuat orang merasa ingin membeli dan mencobanya.
- Persepsi: dengan branding "Mie Pedas No.1 di Indonesia" hal ini membuat ketertarikan tersendiri bagi para pecinta mie, khususnya dari pandangan pecinta mie pedas.
2. Faktor Sosial
- Rekomendasi: dimana kebanyakan orang membeli Mie Gacoan ini karena rekomendasi dari para pelanggan yang sudah memberi review positif terhadap produk tersebut sehingga orang tertarik membelinya karena rekomendasi yang diberikan. contohnya, review jujur seluruh menu Mie Gacoan oleh Tasyi Athasia di kanal youtube nya yang sukses ditonton hingga 1,7 juta kali.
Tasyi Review Jujur Mie Gacoan Seluruh Menu, Kok Bisa Rame Terus?
- Keluarga atau teman: dimana ada pengaruh dari orang-orang terdekat yang mungkin merekomendasikan Mie Gacoan sehingga memutuskan untuk membeli.
- Tren: Mie Gacoan ini termasuk makanan yang viral di Indonesia, sehingga kebanyakan orang penasaran dan ingin ikut mencoba dari produk Mie Gacoan tersebut sehingga mempengaruhi keputusan pembelian.
3. Faktor Kultur Budaya
- Kebiasaan: dimana diketahui bahwa mie merupakan salah satu makanan favorit kebanyakan dari masyarakat Indonesia, dan terkadang kebiasaan dalam mengkonsumsi mie tersebut sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi beberapa orang.
4. Faktor Ekonomi
- Pendapatan: karena harga yang terjangkau dan menyesuaikan anggaran target konsumen, sehingga dapat dibeli oleh seluruh kalangan. Terutama bagi para pelajar, mahasiswa, dan pekerja.
5. Faktor Teknik
- Kualitas dan Harga: Mie Gacoan sendiri memberikan harga yang dikatakan cukup murah dan terjangkau, namun kualitas nya baik.
- Teknik Promosi: Mie Gacoan ini membuat konten-konten yang menarik dan lucu terhadap promosinya, seperti di platform Tiktok maupun Instagram sehingga menarik minat beli konsumen. Selain itu teknik promosi seperti paket bundle, Mie Gacoan sendiri juga suka memberikan promosi paket bundle hemat misalnya paket gacoan combat (combo hemat), gacoan fest, minimun pembelian dengan gratis ongkir. Hal ini dapat mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan terhadap Mie Gacoan.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI