Mohon tunggu...
Marvelin Ang
Marvelin Ang Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa ilmu komunikasi

Saat ini sedang menempuh pendidikan strata 1 di Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Perubahan Sosial: Emansipasi Wanita

20 Maret 2021   22:24 Diperbarui: 20 Maret 2021   22:49 4842
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mungkin teman-teman pernah mendengar ada orang yang mengatakan "Jadi wanita di zaman sekarang enak ya, bisa sekolah dan mengejar cita-cita, bisa bekerja, bahkan bisa berkarya. Zaman saya dulu, wanita itu tugasnya hanya di rumah, mengurus dapur dan suami". Apa yang muncul di benak teman-teman ketika ada orang yang mengatakan hal seperti itu? Pernahkah teman-teman berpikir bahwa ternyata kebebasan yang dapat dirasakan oleh wanita pada saat ini bukanlah suatu hal yang mudah. Ada harga yang harus dibayar agar wanita bisa merasakan kebebasan seperti saat ini.

Aulia (2016) pada artikelnya menjelaskan mengenai bagaimana kehidupan wanita pada zaman dulu. Wanita pada zaman dulu wajib kerja di dapur, wajib mengurus anak dan suami, kesulitan untuk belajar dan pergi ke sekolah, harus menurut pada suami, dan masih banyak lagi. Di Indonesia, salah satu pejuang emansipasi wanita yang paling dikenal adalah R. A. Kartini. Ibu Kartini lahir di Rembang, 21 April 1879. Ibu Kartini prihatin dan merasakan adanya diskriminasi antara laki-laki dan wanita pada masa penjajahan karena pada zaman itu wanita tidak diperbolehkan mendapatkan pendidikan, hanya wanita bangsawan yang berhak memperoleh pendidikan (Welianto, 2019).

Ibu Kartini merupakan anak dari Raden Mas Adipati Aryo Sosroningrat yang merupakan Bupati Jepara, sehingga beliau dapat menempuh pendidikan di Europes Lagere School (ELS). Akan tetapi, Ibu Kartini hanya bisa memperoleh pendidikan hingga umur 12 tahun karena menurut tradisi Jawa anak wanita harus tinggal di rumah sejak umur 12 tahun sampai menikah. Terlebih ketika Ibu Kartini harus menikah dengan seorang bangsawan Rembang bernama KRM Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat pada 1903, keinginan Ibu Kartini untuk melanjutkan pendidikan pun harus terkubur. Setelah menikah, Ibu Kartini tetap memperjuangkan kaum wanita agar dapat memperoleh pendidikan seperti laki-laki dengan menuliskan pemikirannya di majalah De Hoandsche Lelie. Selain itu, Ibu Kartini juga mengirimkan tulisannya kepada teman-temannya di Belanda, salah satunya bernama Rosa Abendanon. Akhirnya pada tahun 1922, tulisan-tulisan yang dimuat dalam majalah dan yang dikirim ke teman-temannya dibukukan oleh Jacques Henrij Abendanon, Menteri Kebudayaan, Agama dan Kerajinan Hindia Belanda (Welianto, 2019). Judul bukunya adalah Habis Gelap Terbitlah Terang.

Gambar 2. Buku Habis Gelap Terbitlah Terang
Gambar 2. Buku Habis Gelap Terbitlah Terang
Saat ini, kita bisa melihat dampak positif perjuangan Ibu Kartini bagi wanita. Jika pada zaman dahulu wanita hanya boleh di dapur, saat ini wanita boleh berkarir bahkan wanita boleh menjadi seorang pemimpin. Contohnya adalah Ibu Veronica Yosephine Sinaga yang memiliki jabatan sebagai Direktur Utama PT Indonesia AirAsia (AirAsia Indonesia). President (Airlines) AirAsia Group, Bo Lingam (dalam AirAsia Newsroom, 2019) mengatakan, Veranita merupakan sosok yang tepat untuk membawa AirAsia Indonesia ke masa depan, terutama dengan kecakapannya dalam bidang komersial dan jiwa kepemimpinan serta semangat kolaborasi yang tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa saat ini wanita telah diperbolehkan untuk menjadi pemimpin. 

Gambar 3. Ibu Veronica
Gambar 3. Ibu Veronica

Selain itu, ada juga artis Indonesia bernama Dian Sastrowardoyo yang dikenal sebagai sosok yang cerdas, memiliki peran sebagai ibu, dan wanita yang menjunjung kesetaraan gender. Pada tahun 2016, Dian terpilih untuk memerankan karakter Ibu Kartini dalam film Kartini. Dian dalam wawancaranya dengan Kompas.com menjelaskan bahwa ia punya tanggung jawab besar untuk memerankan sosok hebat dengan segala keterbatasan di zamannya, sementara sekarang kondisi itu tak terjadi (Agmasari, 2016). Wanita tidak lagi terkekang, mereka bebas untuk berkarir dan menjalankan perannya. Bahkan saat ini kita kerap kali menemukan wanita yang menjalankan 2 peran sekaligus, yaitu menjadi seorang pekerja dan menjadi ibu. 

Gambar 4. Dian Sastrowardoyo
Gambar 4. Dian Sastrowardoyo

Emansipasi wanita merupakan salah satu bentuk perubahan sosial. Apa itu perubahan sosial? Selo Soemarjan & Soelaeman Soemardi (dalam Rosana, 2011) mengemukakan bahwa perubahan sosial diartikan sebagai suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima, baik karena perubahan-perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun karena adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat tersebut. Emansipasi wanita termasuk ke dalam perubahan sosial karena ada perubahan dari cara hidup dengan budaya patriarki yang sangat kental menuju kesetaraan gender. Dalam perubahan sosial ada beberapa teori yang berlaku, salah satunya adalah teori konflik yang dipengaruhi oleh beberapa pemikiran ahli seperti Karl Marx dan Ralf Dahrendorf. 

Perspektif teori konflik merupakan sebuah pandangan yang melihat bahwa masyarakat yang terdiri dari pelbagai entitas akan selalu diwarnai oleh konflik terutama yang dilatarbelakangi oleh keterbatasan dan alokasi sumber daya (Lestari, 2017). Maksudnya adalah dalam teori konflik, konflik dipandang sebagai penyebab terjadinya perubahan dalam masyarakat. Perspektif teori konflik dalam menilai konsep gender lebih berfokus kepada kekuatan ekonomi, terutama berpatokan kepada penempatan sosial dari sebuah keluarga yang terlahir dengan tingkat ekonomi yang tinggi atau rendah (Lestari, 2017). Biasanya laki-laki dianggap lebih berkuasa dibandingkan perempuan, sehingga perempuan harus menuruti apapun kata laki-laki. Dalam dunia kerja pun terkadang perempuan mengalami diskriminasi, salah satunya adalah adanya kesenjangan pendapatan perempuan dan laki-laki. BPS dalam publikasi berjudul Statistik Indonesia 2018 mencatat rata-rata upah bagi pekerja laki-laki berada di angka Rp 2.985.766, sedangkan perempuan berada di angka Rp 2.302.819 (Kompas.TV, 2020). Adanya diskriminasi terhadap perempuan menyebabkan timbulnya konflik. Konflik ini menjadi salah satu pemicu munculnya teori feminisme. 

Bagaimana pendapat teman-teman terkait perubahan ini? Apakah teman-teman merasa kalau perubahan ini membawa dampak yang sangat baik dalam kehidupan kita? Sebagai perempuan yang hidup pada era ini, mari kita lanjutkan perjuangan Ibu Kartini dengan semangat belajar yang tinggi. Sebagai laki-laki, kita juga harus memperlakukan perempuan di sekeliling kita dengan baik karena perempuan memiliki hak yang sama dengan kita. Mari hidup saling menghargai tanpa mendiskriminasi siapapun!

Daftar Pustaka:

Agmasari, S. (21 April 2016) Dian Sastrowardoyo, Makna Emansipasi Wanita Zaman Sekarang. Kompas.com. Diakses dari https://lifestyle.kompas.com/read/2016/04/21/090000420/Dian.Sastrowardoyo.Makna.Emansipasi.Wanita.Zaman.Sekarang.

AirAsia. (8 November 2019). AirAsia tunjuk Veranita Yosephine Sinaga sebagai CEO di Indonesia. Diakses dari https://newsroom.airasia.com/news/2019/11/8/airasia-tunjuk-veranita-yosephine-sebagai-ceo-di-indonesia.

Aulia, S. (11 Desember 2016). 11 Potret Kehidupan Wanita Zaman Dulu yang Bikin Kamu Bersyukur Hidup di Masa Sekarang. Idntimes. Diakses dari https://www.idntimes.com/life/women/aulia-ratna-safira/11-potret-kehidupan-wanita-zaman-dulu-yang-bikin-kamu-bersyukur-hidup-di-masa-sekarang.

Buku Habis Gelap Terbitlah Terang [Gambar]. (n.d.). Diakses pada 20 Maret 2021 dari https://bukuprogresif.com/product/habis-gelap-terbitlah-terang/.

Dian Sastrowardoyo [Gambar]. (21 November 2019). Diakses pada 20 Maret 2021 dari https://lifestyle.okezone.com/read/2019/11/20/481/2132428/anak-sulungnya-autisme-dian-sastro-jangan-malu-apalagi-disesali.

Ibu Kartini [Gambar]. (21 Juni 2020). Diakses pada 20 Maret 2021 dari https://www.bola.com/ragam/read/4284692/25-kata-kata-bijak-ra-kartini-inpiratif-dan-memotivasi-hidup.

Ibu Veronica [Gambar]. (7 Mei 2020). Diakses pada 20 Maret 2021 dari https://indocargotimes.com/2020/airasia-indonesia-tawarkan-permintaan-kargo-ritel-lewat-teleport-indonesia.

Kompas.TV (11 Juli 2020). Timpangnya Pendapatan, Jadi Salah Satu Bentuk Kesenjangan Antargender di Indonesia. Diakses dari https://www.kompas.tv/article/93113/timpangnya-pendapatan-jadi-salah-satu-bentuk-kesenjangan-antargender-di-indonesia.

Lestari, Y. S. (2017). Gender dan Pembangunan Perempuan di Aceh Pasca Konflik dan Tsunami: Pembahasan Teoritis. Jurnal Community, 3(1), 59-75. Diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/280500847.pdf.

Rosana, E. (2011). Modernisasi dan Perubahan Sosial. Jurnal TAPIs, 7(12), 31-47. Diakses dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/TAPIs/article/view/1529/1269.

Welianto, A. (13 Desember 2019). Biografi RA Kartini, Pejuang Emansipasi Perempuan. Kompas.com. Diakses dari https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/13/120000369/biografi-ra-kartini-pejuang-emansipasi-perempuan?page=all.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun