Mohon tunggu...
Marta sumarni
Marta sumarni Mohon Tunggu... Guru - Guru kelas 1 sd

Hobi menulis sebuah berita yang lagi trending sesuai dengan fakta yang ada

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Praktik Baik Mengunakan Metode STAR Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa dalam Pembelajaran

14 Februari 2024   00:29 Diperbarui: 14 Februari 2024   00:30 255
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

MENYUSUN CERITA PRAKTIK BAIK (BEST PRAMENYUSUN CERITA PRAKTIK BAIK (BEST PRACTICE) MENGGUNAKAN METODE STAR (SITUASI, TANTANGAN, AKSI, REFLEKSI HASIL DAN DAMPAK) TERKAIT PENGALAMAN MENGATASI PERMASALAHAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN

Lokasi                                       SDN 15 KUBU

Lingkup Pendidikan          SEKOLAH DASAR

Tujuan yang ingin dicapai              

1.  Dengan membaca teks peserta didik dapat menjelaskan eksplanasi dan media cetak dengan benar

2.Dengan diskusi kelompok, peserta didik dapat menganalisis teks eksplanasi dan media cetak dengan benar

3. Dengan penugasan peserta didik dapat menyimpulkan ringkasan teks eksplanasi dari media cetak dengan mengunakan kalimat efektif secara tepat

4.  Dengan mengamati video tentang sumber energi panas, peserta didik dapat menjelaskan kalor dengan benar.

5.Dengan tanya jawab peserta didik dapat menentukan perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

6.  Dengan diskusi kelompok, peserta didik dapat menganalisis konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis  Marta Sumarni

Tanggal                 PPL Siklus I: 11 Desember 2023

                                  PPL Siklus II: 21 Januari 2024

Situasi Kondisi yang menjadi latar

belakang masalah: mengapa best practice (praktik baik) ini penting dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab mahasiswa PPG Daljab.     Kondisi yang menjadi latar belakang masalah

Setelah dianalisis lagi rendahnya motivasi belajar peserta didik disebabkan:

1.            Belum optimalnya penggunaan model pembelajaran inovatif

2.            Belum optimalnya media pembelajaran

3.            Faktor internal peserta didik seperti sikap saat belajar dan konsentrasi belajar kurang baik.

4.            Kurangnya motivasi dari keluarga, guru serta lingkungan.

Menurut Ahmad Aunur Rohman, Sayyidatul Karimah (2018) Faktor yang menyebabkan motivasi belajar rendah, adalah tempat belajar, kondisi fisik siswa, kecerdasan siswa, sarana prasarana, waktu pembelajaran, kebiasaan belajar siswa, guru, orangtua, kondisi emosional siswa, dan faktor kesehatan siswa.

Menurut Uno (2013) motivasi adalah dorongan yang terdapat dalam diri seseorang untuk berusaha mengadakan perubahan tingkah laku yang lebih baik dalam memenuhi kebutuhannya.

Sedangkan menurut Khodijah, (2014) motivasi belajar merupakan kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk belajar.Jadi, dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah suatu dorongan kepada seseorang untuk melakukan sesuatu yang positif demi tercapainya suatu tujuan.

Mengapa best practice (praktik baik) ini penting dibagikan

Karena untuk menunjukkan hasil praktik baik yang sudah dilakukan, berbagi pengalaman kepada orang lain, dapat memotivasi diri sendiri dan juga guru lain agar memberikan pembelajaran yang lebih baik lagi kepada peserta didik.

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab mahasiswa PPG Daljab

Sebagai mahasiswa dan juga guru saya berperan dan bertanggung jawab dalam membuat rancangan perangkat RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, evaluasi, instrumen penilaian dan melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan perngakat pembelajaran yang

dibuat.

Tantangan

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai            

 Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? 

Sarana dan prasarana yang belum memadai, peserta didik yang belum terbiasa dengan cara belajar yang disampaikan, dan pengalaman guru yang sangat terbatas.

 tujuan tersebut, siapa saja yang terlibat  Siapa saja yang terlibat?

1. Peserta didik

Dalam pembelajaran aktif peserta didik terlibat sebagai subjek pembelajaran, dimana mereka secara aktif mengonstruksi pemahaman mereka sendiri melalui interaksi, refleksi, dan penerapan konsep dalam konteks yang relevan. Pelibatan peserta didik dalam pembelajaran aktif bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, keterampilan, pemikiran kritis, kreativitas, minatndan motivasi belajar mereka.

2.  Teman sejawat

Teman sejawat dapat membantu kita dalam pengambilan suatu keputusan dan penentuan penilaian peserta didik, membantu merencanakan tindak lanjut dalam kegiatan pembelajaran, teman sejawat bisa diajak berdiskusi untuk memecahkan masalah dan mencapai tujuan pembelajaran.

3.  Guru senior

Guru senior adalah mentor, pakar kurikulum, dan pelatih, yang semuanya bekerja sama untuk menjadikan sekolah tempat yang bagus untuk belajar dan berkembang, serta mampu mengayomi dan menjadi contoh yang baik bagi guru-guru lain dalam pembelajaran.

4. Kepala sekolah

Peran kepala sekolah dalam perencanaan pembelajaran ditunjukkan dengan memperhatikan berbagai pendekatan, metode, dan alat peraga yang direncanakan oleh guru dalam proses pembelajaran, hal ini menunjukkan bahwa kepala sekolah memahami bahwa efisiensi dan efektivitas pembelajaran, sangat tergantung dari bagaimana guru melaksanakan proses pembelajaran. Kepala sekolah juga terlibat dalam menyusun perencanaan pembelajaran, kepala sekolah bekerja dengan profesional memberikan masukan kepada guru dalam menyusun RPP, yang selanjutnya mengesahkan RPP yang telah

dibuat oleh guru.

 

Aksi

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut, strategi apa yang digunakan, bagaimana prosesnya, apa saja sumber daya/materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi tersebut.  Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut?

Berkoordinasi dengan kepala sekolah, wawancara dengan teman sejawat dan guru senior, mengkaji literatur, merumuskan masalah dan mencari solusi untuk pemecahan masalah, serta melakukan kegiatan menghadapi tantangan.

Strategi apa yang digunakan?

Untuk menghadapi tantangan saya menggunakan strategi pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL), menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik secara berkelompok untuk menilai keterampilannya dan menggunakan soal evaluasi mandiri untuk menilai pengetahuannya, menggunakan media pembelajaran yang mudah di pahami peserta didik, serta menggunakan instrumen penilaian yang meliputi penilaian sikap religius dengan observasi, penilaian sikap sosial dengan obervasi, penilaian pengetahuan dengan ter tertulis dan penilaian keterampilan dengan mengerjakan LKPD dalam diskusi kelompok.

Bagaimana prosesnya?

Proses dari awal sampai akhir pembelajaran

Pendahuluan     

1. Kelas dibuka dengan mengucapkan salam Religius dan Integritas (PPK)

2. Peserta didik berdoa untuk memulai pembelajaran dan dipimpin oleh ketua  kelas (Religius)

3.  Guru mengecek kehadiran peserta didik

4.  Peserta didik menyanyikan lagu wajib nasional "Indonesia Raya". Nasionalis (PPK)

5. Peserta didik mendengarkan guru mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan pelajaran sebelumnya dan pengalaman peserta didik sebagai bekal pelajaran berikutnya. Communication (4C)

6. Guru membuka pelajaran dengan memperkenalkan Tema 6, yaitu "Panas dan Perpindahannya" dan Subtema 1 adalah "Suhu dan Kalor" pembelajaran 1.

7.  Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran serta memberi motivasi pada peserta didik.

8. Peserta didik melakukan ice breaking      

Kegiatan Inti      

Fase 1. Orientasi peserta didik terhadap masalah

1. Peserta didik      menyimak video "Sumber Energi Panas" yang disajikan pada Power poin. (TPACK)

2. Peserta didik bertanya jawab tentang video yang diamati.    (Communication)

Fase 2. Mengorganisir peserta didik untuk belajar

3.  Peserta didik dibentuk menjadi beberapa kelompok dengan anggota (4-5 orang) yang heterogen.

4.  Peserta didik menerima LKPD dan  bahan ajar tentang Sumber Energi Panas

5.Peserta didik membaca dan memahami LKPD, jika ada yang kurang dipahami

6.  Guru menjelaskan cara pengerjaan LKPD kepada peserta didik      50 Menit

Fase 3. Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok

7. Peserta didik berdiskusi untuk menyelesaikan LKPD dikelompok masing-masing dengan bimbingan guru. (Critical Thinking, Communication, Collaboration dan Creativity)

8. Peserta didik menuliskan hasil diskusi pada LKPD (Critical Thinking Communication, Collaboration dan Creativity)

9. Peserta didik menganalisis pemanfaatan sumber energi panas dalam kehidupan sehari-hari (Communication, Collaboration dan Creativity)

Fase 4. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

10. Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok LKPD

11.Peserta didik menyajikan hasil analisis masalah yang telah didiskusikan. (Communication, Collaboration)

12. Peserta didik  kelompok   lain  memberikan  tanggapan. (Communication)

13.Peserta didik menyimak penguatan materi yang disampaikan guru

Fase 5. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

14. Peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami.

15. Peserta didik mendapatkan apresiasi dari temannya

16.Peserta didik mendapat reward dari guru.            

Penutup              

1.  Peserta didik dengan bimbingan guru membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar hari ini.

2.  Peserta didik dengan guru melakukan refleksi.

3.  Peserta didik mengerjakan evaluasi yang sudah disediakan guru.

4. Peserta didik bersama guru melakukan tindak lanjut.

5.  Peserta didik mendengarkan pesan moral yang disampaikan guru.

6.  Guru menyampaikan pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.

7.  Menyanyikan lagu daerah untuk menumbuhkan rasa cinta  terhadap daerah.

8. Doa  penutup dipimpin oleh salah satu peserta didik dan salam.

  Apa saja sumber daya/materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi tersebut?

Media dan Alat Pembelajaran

A.   Alat

a.  Laptop

b. LCD Proyektor

c.  Es batu, wadah plastik, dan lilin

d. LKPD dan kunci jawaban

e.  Evaluasi dan kunci jawaban

B.  Media

a.   Power Point teks "Sumber Energi Panas"

b. Video pembelajaran "Sumber Energi Panas" https://www.youtube.com/watch?v=BqlYcdNvvDg&abchannel=DianKarim

C.  Sumber Belajar

Buku

a.  Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017)

b.Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017)

Internet

-  https://maglearning.id/2021/12/08/materi-ipa-kelas-5-tema-6-subtema-1-suhu-dan-kalor/

-   https://gretha.my.id/audiobuku/rangkuman-ipa-kelas-5-semester-2-k-13-panas-dan- perpindahannya/

Refleksi

Refleksi hasil: bagaimana dampak dari aksi terhadap langkah-langkah yang dilakukan, apakah hasilnya efektif/tidak, mengapa dan bagaimana respon siswa terkait strategi yang dilakukan, apa yang menjadi faktor keberhasilan/ketidak berhasilan dari strategi yang dilakukan.  Bagaimana dampak dari aksi terhadap langkah-langkah yang dilakukan?

Perubahan yang terjadi pada tingkah laku peserta didik menjadi mudah diatur dan diarahkan, peserta didik lebih terampil dalam proses pembelajaran, motivasi dan karakter peserta didik lebih terlihat setelah diterapkan aksi pembelajaran

                Apakah hasilnya efektif/tidak?

Hasilnya sangat epektif terlihat dari tercapainya tujuan pembelajaran yang telah dilaksanakan, terlihat dari hasil observasi penilaian sikap, keterampilan dan pengetahuan peserta didik yang sangat baik.

1.            Penilaian Sikap

Berilah tanda centang () pada sikap setiap siswa yang terlihat.

Nilai                         

No          Sikap     Indikato

1             Religius                 

1.            Mengucpkan salam sebelum dan sesudah pembelajaran                                              

2.            Bedoa sebelum kegiatan dan sesudah pembelajaran                                               

3.            Berperilaku suyukur 

4.            Berprilaku menghormati orang lain

2             Tanggung jawab                

1.            Mau mengaku kesalahan dan meminta maaf

2.            Menyelesaikan tugas dengan baik

3.            Patuh pada aturan dan tata tertib sekolah

4.            Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tampa diminta

3             Percaya diri         

1.            Berani bertanya kepada guru

2.             Berani mengemukakan pendapat

3.            Berani presentasi didepan kelas

 4.            Berani menjawab pertanyaan

4             Displin   

1.            Datang tepat waktu

2.            Mengumpulkan tugas tepat waktu

3.            Patuh pada atauran /tata tertib sekolah

4.            Membawa buku teks dan buku tulisan di sekolah 

Pedoman penskoran Penilaian sikap

Skor                       Predikat                Klasifikasi

81 -- 100               A                              SB (Sangat Baik)

66 -- 80                B                               B (Baik)

51 -- 65                 C                               C (Cukup)

0 -- 50                   D                              K (Kurang)

Penilaian Sikap

Skor Maksimal = 100

2.   Pedoman pensekoran Penilaian Pengetahuan

Skor                       Predikat                Klasifikasi

81 -- 100               A                               SB (Sangat Baik)

66 -- 80                B                                B (Baik)

51 -- 65                  C                               C (Cukup)

0 -- 50                   D                                K (Kurang)

 

3.            Nilai pengetahuan

Bahasa Indonesia

No          Nama Siswa        Nilai       Keterangan         KKM

1             Adward Okta      100        Tuntas   60

2             Dion       80           Tuntas   60

3             Qilia       70           Tuntas   60

4             Ranti      80           Tuntas   60

5             Shalsabila            75           Tuntas   60

6             Tarang   80           Tuntas   60

7             Eta          80           Tuntas   60

8             Wisya    75           Tuntas   60

9             Irma       70           Tuntas   60

10           Joshua 100        Tuntas   60

 

 

 

 

 

 

 

                Jumlah 810                          

                Rata-Rata             81                             

                Jumlah Siswa Yang Tuntas                             10 Siswa                 

                Persentase Tuntas                            100%       

                Jumlah Siswa Yang Tidak Tuntas                 0 Siswa   

                Persentase Tidak Tuntas                                0%            

                Nilai Tertinngi     100                          

                Nilai Terendah   70                             

  IPA

No          Nama Siswa        Nilai       Keterangan         KKM

1             Adward Okta      100        Tuntas   65

2             Dion       75           Tuntas   65

3             Qilia       85           Tuntas   65

4             Ranti      80           Tuntas   65

5             Shalsabila            85           Tuntas   65

6             Tarang   70           Tuntas   65

7             Eta          80                            

8             Wisya    75                            

9             Irma       70                            

10           Joshua 80                            

 

 

 

 

 

 

 

                Jumlah 728                          

                Rata-Rata             72,8                         

                Jumlah Siswa Yang Tuntas                             10 Siswa                 

                Persentase Tuntas                            100%       

                Jumlah Siswa Yang Tidak Tuntas                 0 Siswa   

                Persentase Tidak Tuntas                                0%            

                Nilai Tertinngi     100                          

                Nilai Terendah   70                             

 

Dari table diatas menunjukan siswa yang mencapai KKm sebanyak 6 siswa dengan presentase 100% dan yang dibawah KKM sebanyak 0 siswa dengan presentase 0% ini menunjukan dengan menggunakan model pembelajaran Problem based learning (PBL) ada perbaikan dalam pembelajaran ini dilihan dari prolehan siswa yang mencapai KKM

Skor Maksimal = 100

 

1. Pedoman Penilaian Keterampilam 

 Penilaian Laporan Pengamatan (Perkelompok)

Aspek Penilaian

                Baik sekali           Baik        Cukup   Perlu bimbingan

                4             3             2             1

Hal-hal yang dilaporkan dalam kegiatan pengamatan, antara lain:                Mampu

menuliskan secara lengkap hal hal yang Mampu

menuliskan 3 dari 4 kriteria          Mampu memenuhi 1-

2 dari 4                 Tidak

memenuhi

kriteria yang ditetapkan

1.            Menuliskan bentuk benda yang diamati

2.            Membuat laporan sederhana dan mempresentasikan laporan.

                harus dilaporkan               yang ditetapkan                kriteria yang ditetapkan                

 

Skor Nilai Keterampilan

 

Skor       Predikat                Klasifikasi

81 -- 100               4             4 (Baik sekali)

66 -- 80 3             3 (Baik)

51 -- 65 2             2 (Cukup)

 

 

Nilai Keterampilan (Kelompok)

Nilai Keterampilan (Kelompok)

Bahasa Indonesia

No

                Nama Siswa        Aspek Yang Dinilai            Ketengan

                                Menelaah Teks Eksplanasi            

                                1             2             3             4            

                Kelompok 1                                                                     Baik

1             Adward Okto                                                                        

2             Dion                                                                         

3             Tarang                                                                     

 4            Eta                                                                            

5             Joshua                                                                  

                Kelompok 2                                                                     Baik

6             Qilia                                                                         

7             Rantai                                                                     

8             Shabila                                                                   

9             Irma                                                                        

10           wisya                                                                      

 

Nilai Keterampilan (Kelompok)

IPA

No

                Nama Siswa        Aspek Yang Dinilai            Ketengan

                                Dapat Mengetahui

Perpindahan kalor           

                                1             2             3             4            

                Kelompok 1                                                                     Baik

1             Adward Okto                                                                        

2             Dion                                                                         

3             Tarang                                                                     

4              Eta                                                                           

5             Joshua                                                                  

                Kelompok 2                                                                     Baik

6             Qilia                                                                         

7             Rantai                                                                     

8             Shabila                                                                   

9             Irma                                                                        

10           Wisya                                                                     

LEMBAR CEKLIS OBSERVASI PEMBELAJARAN

 LEMBAR PERTANYAAN REFLEKSI

No          Pertanyaan          Jawaban

1             Apa hal yang menarik yang saya temukan selama pelaksanaan pembelajaran?       Yang menariknya karena mengunakan infokus dan pembelajaran terarah.

2             Apa yang saya sukai dan tidak sukai dari pelaksanaan pembelajaran kali ini?           Yang disukai adalah pembelajarannya yang inovatif.

3             Apa yang perlu di tingkatkan dari pelaksanaan pembelajaran?      Membuat model pembelajaran yang menarik minat siswa sehingga terjadilah pembelajaran yang menyenangkan.

4             Dibagian mana peserta didik memperoleh pengetahuan paling banyak?   Bagian kegiatan inti.

5             Bagaimana peran saya dalam membantu siswa menghadapi masalah?      Pada saat pembelajaran harus fokus dan jangan banyak bicara sama teman sebangku, peran saya harus memberikan tugas secara berkelanjutan.

6             Dibagian manakah pada saat saya mengajar terlihat kreatifitasnya?            Pada saat memberi tugas dan mendampingi anak dalam penyelidikan.

LEMBAR REFLEKSI PESERTA DIDIK

Lembar refleksi peserta didik mengunakan gambar ekspresi dengan berbantuan tabel di word, lembar jawaban ini di buat untuk melihat antusias dan ungkapan perasaan apa saja yang di rasakan peserta didik saat pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

Sangat senang   senang Biasa saja             sedih

                                               

 

Lembar pertanyaan untuk siswa

Nama                    : Adward okto parintas

Tanggal                                 : 21 Januari 2024

kategori                                Sangat senang   senang Biasa saja             sedih

                Apakah peserta didik senang dengan Pelajaran yang di

sampaikan guru                                                                 

                Peserta didik boleh bertanya kepada bapak ibu guru tentang pembelajaran                                                             

                Guru memberikan video tentang Pelajaran yang diberikan                                                               

                Guru menyebutkan benda-benda yang ada dirumah sebagai contoh                                                           

 

Lembar pertanyaan untuk siswa

Nama                    : Adrianus Eviyo Tarang

Tanggal                                 : 21 Januari 2024

kategori                                Sangat senang   senang Biasa saja             sedih

                Apakah peserta didik senang dengan Pelajaran yang di

sampaikan guru                                                                 

                Peserta didik boleh bertanya kepada bapak ibu guru tentang pembelajaran                                                             

                Guru memberikan video tentang Pelajaran yang diberikan                                                               

                Guru menyebutkan benda-benda yang ada dirumah sebagai contoh                                                           

Lembar pertanyaan untuk siswa

Nama                    : Dion Cristoper

Tanggal                                 : 21 Januari 2024

kategori                                Sangat senang   senang Biasa saja             sedih

                Apakah peserta didik senang dengan Pelajaran yang di

sampaikan guru                                                                 

                Peserta didik boleh bertanya kepada bapak ibu guru tentang pembelajaran                                                             

                Guru memberikan video tentang Pelajaran yang diberikan                                                               

                Guru menyebutkan benda-benda yang ada dirumah sebagai contoh                                                           

Lembar pertanyaan untuk siswa

Nama                    : Ranti Viola

Tanggal                                 : 21 Januari 2024

kategori                                Sangat senang   senang Biasa saja             sedih

                Apakah peserta didik senang dengan Pelajaran yang di

sampaikan guru                                                                 

                Peserta didik boleh bertanya kepada bapak ibu guru tentang pembelajaran                                                             

                Guru memberikan video tentang Pelajaran yang diberikan                                                               

                Guru menyebutkan benda-benda yang ada dirumah sebagai contoh                                                           

 

Lembar pertanyaan untuk siswa

Nama                    : Shabila

Tanggal                                 : 21 Januari 2024

kategori                                Sangat senang   senang Biasa saja             sedih

                Apakah peserta didik senang dengan Pelajaran yang di

sampaikan guru                                                                 

                Peserta didik boleh bertanya kepada bapak ibu guru tentang pembelajaran                                                             

                Guru memberikan video tentang Pelajaran yang diberikan                                                               

                Guru menyebutkan benda-benda yang ada dirumah sebagai contoh                                                           

 

Lembar pertanyaan untuk siswa

Nama                    : Qilia

Tanggal                                 : 21 Januari 2024

kategori                                Sangat senang   senang Biasa saja             sedih

                Apakah peserta didik senang dengan Pelajaran yang di

sampaikan guru                                                                 

                Peserta didik boleh bertanya kepada bapak ibu guru tentang pembelajaran                                                             

                Guru memberikan video tentang Pelajaran yang diberikan                                                               

                Guru menyebutkan benda-benda yang ada dirumah sebagai contoh                                                           

 

 Lembar pertanyaan untuk siswa

Nama                    : Eta

Tanggal                                 : 21 Januari 2024

kategori                                Sangat senang   senang Biasa saja             sedih

                Apakah peserta didik senang dengan Pelajaran yang di

sampaikan guru                                                                 

                Peserta didik boleh bertanya kepada bapak ibu guru tentang pembelajaran                                                             

                Guru memberikan video tentang Pelajaran yang diberikan                                                               

                Guru menyebutkan benda-benda yang ada dirumah sebagai contoh                                                           

Lembar pertanyaan untuk siswa

Nama                    : Irma

Tanggal                                 : 21 Januari 2024

kategori                                Sangat senang   senang Biasa saja             sedih

                Apakah peserta didik senang dengan Pelajaran yang di

sampaikan guru                                                                 

                Peserta didik boleh bertanya kepada bapak ibu guru tentang pembelajaran                                                             

                Guru memberikan video tentang Pelajaran yang diberikan                                                               

                Guru menyebutkan benda-benda yang ada dirumah sebagai contoh                                                           

Lembar pertanyaan untuk siswa

Nama                    : Wisya

Tanggal                                 : 21 Januari 2024

kategori                                Sangat senang   senang Biasa saja             sedih

                Apakah peserta didik senang dengan Pelajaran yang di

sampaikan guru                                                                 

                Peserta didik boleh bertanya kepada bapak ibu guru tentang pembelajaran                                                             

                Guru memberikan video tentang Pelajaran yang diberikan                                                               

                Guru menyebutkan benda-benda yang ada dirumah sebagai contoh                                                           

 

Lembar pertanyaan untuk siswa

Nama     : Joshua

Tanggal                  : 21 Januari 2024

kategori                                Sangat senang   senang Biasa saja             sedih

                Apakah peserta didik senang dengan Pelajaran yang di

sampaikan guru                                                                 

                Peserta didik boleh bertanya kepada bapak ibu guru tentang pembelajaran                                                             

                Guru memberikan video tentang Pelajaran yang diberikan                                                               

                Guru menyebutkan benda-benda yang ada dirumah sebagai contoh                                                           

Apa yang menjadi faktor keberhasilan/ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?

Keberhasilan tidak terlepas dari dukungan semua pihak, mulai dari persiapan kelengkapan perangkat pembelajaran yang disiapkan dengan matang, model pembelajaran yang tepat, materi dan media yang mudah dipahami, kesiapan peserta didik mengikuti proses pembelajaran, lingkungan belajar yang nyaman, dan operasional yang memadai, serta dukungan semangat dari guru lainnya.

Dengan adanya berbagai faktor baik diatas maka keberhasilan dalam proses pembelajaran sangat besar terlihat dari antusias dan semangat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, mereka sangat termotivasi sehingga hasil belajar meningkat.

 

 

 

 

 

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun