MENYUSUN CERITA PRAKTIK BAIK (BEST PRAMENYUSUN CERITA PRAKTIK BAIK (BEST PRACTICE) MENGGUNAKAN METODE STAR (SITUASI, TANTANGAN, AKSI, REFLEKSI HASIL DAN DAMPAK) TERKAIT PENGALAMAN MENGATASI PERMASALAHAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN
Lokasi                    SDN 15 KUBU
Lingkup Pendidikan      SEKOLAH DASAR
Tujuan yang ingin dicapai       Â
1. Â Dengan membaca teks peserta didik dapat menjelaskan eksplanasi dan media cetak dengan benar
2.Dengan diskusi kelompok, peserta didik dapat menganalisis teks eksplanasi dan media cetak dengan benar
3. Dengan penugasan peserta didik dapat menyimpulkan ringkasan teks eksplanasi dari media cetak dengan mengunakan kalimat efektif secara tepat
4. Â Dengan mengamati video tentang sumber energi panas, peserta didik dapat menjelaskan kalor dengan benar.
5.Dengan tanya jawab peserta didik dapat menentukan perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
6. Â Dengan diskusi kelompok, peserta didik dapat menganalisis konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari.
Penulis  Marta Sumarni
Tanggal         PPL Siklus I: 11 Desember 2023
                 PPL Siklus II: 21 Januari 2024
Situasi Kondisi yang menjadi latar
belakang masalah: mengapa best practice (praktik baik) ini penting dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab mahasiswa PPG Daljab. Â Â Kondisi yang menjadi latar belakang masalah
Setelah dianalisis lagi rendahnya motivasi belajar peserta didik disebabkan:
1. Â Â Â Â Â Â Belum optimalnya penggunaan model pembelajaran inovatif
2. Â Â Â Â Â Â Belum optimalnya media pembelajaran
3. Â Â Â Â Â Â Faktor internal peserta didik seperti sikap saat belajar dan konsentrasi belajar kurang baik.
4. Â Â Â Â Â Â Kurangnya motivasi dari keluarga, guru serta lingkungan.
Menurut Ahmad Aunur Rohman, Sayyidatul Karimah (2018) Faktor yang menyebabkan motivasi belajar rendah, adalah tempat belajar, kondisi fisik siswa, kecerdasan siswa, sarana prasarana, waktu pembelajaran, kebiasaan belajar siswa, guru, orangtua, kondisi emosional siswa, dan faktor kesehatan siswa.
Menurut Uno (2013) motivasi adalah dorongan yang terdapat dalam diri seseorang untuk berusaha mengadakan perubahan tingkah laku yang lebih baik dalam memenuhi kebutuhannya.
Sedangkan menurut Khodijah, (2014) motivasi belajar merupakan kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk belajar.Jadi, dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah suatu dorongan kepada seseorang untuk melakukan sesuatu yang positif demi tercapainya suatu tujuan.
Mengapa best practice (praktik baik) ini penting dibagikan
Karena untuk menunjukkan hasil praktik baik yang sudah dilakukan, berbagi pengalaman kepada orang lain, dapat memotivasi diri sendiri dan juga guru lain agar memberikan pembelajaran yang lebih baik lagi kepada peserta didik.
Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab mahasiswa PPG Daljab
Sebagai mahasiswa dan juga guru saya berperan dan bertanggung jawab dalam membuat rancangan perangkat RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, evaluasi, instrumen penilaian dan melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan perngakat pembelajaran yang
dibuat.
Tantangan
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai      Â
 Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?Â
Sarana dan prasarana yang belum memadai, peserta didik yang belum terbiasa dengan cara belajar yang disampaikan, dan pengalaman guru yang sangat terbatas.
 tujuan tersebut, siapa saja yang terlibat  Siapa saja yang terlibat?
1. Peserta didik
Dalam pembelajaran aktif peserta didik terlibat sebagai subjek pembelajaran, dimana mereka secara aktif mengonstruksi pemahaman mereka sendiri melalui interaksi, refleksi, dan penerapan konsep dalam konteks yang relevan. Pelibatan peserta didik dalam pembelajaran aktif bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, keterampilan, pemikiran kritis, kreativitas, minatndan motivasi belajar mereka.
2. Â Teman sejawat
Teman sejawat dapat membantu kita dalam pengambilan suatu keputusan dan penentuan penilaian peserta didik, membantu merencanakan tindak lanjut dalam kegiatan pembelajaran, teman sejawat bisa diajak berdiskusi untuk memecahkan masalah dan mencapai tujuan pembelajaran.
3. Â Guru senior
Guru senior adalah mentor, pakar kurikulum, dan pelatih, yang semuanya bekerja sama untuk menjadikan sekolah tempat yang bagus untuk belajar dan berkembang, serta mampu mengayomi dan menjadi contoh yang baik bagi guru-guru lain dalam pembelajaran.
4. Kepala sekolah
Peran kepala sekolah dalam perencanaan pembelajaran ditunjukkan dengan memperhatikan berbagai pendekatan, metode, dan alat peraga yang direncanakan oleh guru dalam proses pembelajaran, hal ini menunjukkan bahwa kepala sekolah memahami bahwa efisiensi dan efektivitas pembelajaran, sangat tergantung dari bagaimana guru melaksanakan proses pembelajaran. Kepala sekolah juga terlibat dalam menyusun perencanaan pembelajaran, kepala sekolah bekerja dengan profesional memberikan masukan kepada guru dalam menyusun RPP, yang selanjutnya mengesahkan RPP yang telah
dibuat oleh guru.
Â
Aksi
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut, strategi apa yang digunakan, bagaimana prosesnya, apa saja sumber daya/materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi tersebut. Â Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut?
Berkoordinasi dengan kepala sekolah, wawancara dengan teman sejawat dan guru senior, mengkaji literatur, merumuskan masalah dan mencari solusi untuk pemecahan masalah, serta melakukan kegiatan menghadapi tantangan.
Strategi apa yang digunakan?
Untuk menghadapi tantangan saya menggunakan strategi pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL), menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik secara berkelompok untuk menilai keterampilannya dan menggunakan soal evaluasi mandiri untuk menilai pengetahuannya, menggunakan media pembelajaran yang mudah di pahami peserta didik, serta menggunakan instrumen penilaian yang meliputi penilaian sikap religius dengan observasi, penilaian sikap sosial dengan obervasi, penilaian pengetahuan dengan ter tertulis dan penilaian keterampilan dengan mengerjakan LKPD dalam diskusi kelompok.
Bagaimana prosesnya?
Proses dari awal sampai akhir pembelajaran
Pendahuluan   Â
1. Kelas dibuka dengan mengucapkan salam Religius dan Integritas (PPK)
2. Peserta didik berdoa untuk memulai pembelajaran dan dipimpin oleh ketua  kelas (Religius)
3. Â Guru mengecek kehadiran peserta didik
4. Â Peserta didik menyanyikan lagu wajib nasional "Indonesia Raya". Nasionalis (PPK)
5. Peserta didik mendengarkan guru mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan pelajaran sebelumnya dan pengalaman peserta didik sebagai bekal pelajaran berikutnya. Communication (4C)
6. Guru membuka pelajaran dengan memperkenalkan Tema 6, yaitu "Panas dan Perpindahannya" dan Subtema 1 adalah "Suhu dan Kalor" pembelajaran 1.
7. Â Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran serta memberi motivasi pada peserta didik.
8. Peserta didik melakukan ice breaking   Â
Kegiatan Inti   Â
Fase 1. Orientasi peserta didik terhadap masalah
1. Peserta didik    menyimak video "Sumber Energi Panas" yang disajikan pada Power poin. (TPACK)
2. Peserta didik bertanya jawab tentang video yang diamati. Â Â (Communication)
Fase 2. Mengorganisir peserta didik untuk belajar
3. Â Peserta didik dibentuk menjadi beberapa kelompok dengan anggota (4-5 orang) yang heterogen.
4.  Peserta didik menerima LKPD dan  bahan ajar tentang Sumber Energi Panas
5.Peserta didik membaca dan memahami LKPD, jika ada yang kurang dipahami
6.  Guru menjelaskan cara pengerjaan LKPD kepada peserta didik    50 Menit
Fase 3. Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok
7. Peserta didik berdiskusi untuk menyelesaikan LKPD dikelompok masing-masing dengan bimbingan guru. (Critical Thinking, Communication, Collaboration dan Creativity)
8. Peserta didik menuliskan hasil diskusi pada LKPD (Critical Thinking Communication, Collaboration dan Creativity)
9. Peserta didik menganalisis pemanfaatan sumber energi panas dalam kehidupan sehari-hari (Communication, Collaboration dan Creativity)
Fase 4. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
10. Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok LKPD
11.Peserta didik menyajikan hasil analisis masalah yang telah didiskusikan. (Communication, Collaboration)
12. Peserta didik  kelompok  lain  memberikan  tanggapan. (Communication)
13.Peserta didik menyimak penguatan materi yang disampaikan guru
Fase 5. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
14. Peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami.
15. Peserta didik mendapatkan apresiasi dari temannya
16.Peserta didik mendapat reward dari guru. Â Â Â Â Â Â
Penutup       Â
1. Â Peserta didik dengan bimbingan guru membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar hari ini.
2. Â Peserta didik dengan guru melakukan refleksi.
3. Â Peserta didik mengerjakan evaluasi yang sudah disediakan guru.
4. Peserta didik bersama guru melakukan tindak lanjut.
5. Â Peserta didik mendengarkan pesan moral yang disampaikan guru.
6. Â Guru menyampaikan pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
7.  Menyanyikan lagu daerah untuk menumbuhkan rasa cinta  terhadap daerah.
8. Doa  penutup dipimpin oleh salah satu peserta didik dan salam.
 Apa saja sumber daya/materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi tersebut?
Media dan Alat Pembelajaran
A. Â Alat
a. Â Laptop
b. LCD Proyektor
c. Â Es batu, wadah plastik, dan lilin
d. LKPD dan kunci jawaban
e. Â Evaluasi dan kunci jawaban
B. Â Media
a. Â Power Point teks "Sumber Energi Panas"
b. Video pembelajaran "Sumber Energi Panas" https://www.youtube.com/watch?v=BqlYcdNvvDg&abchannel=DianKarim
C. Â Sumber Belajar
Buku
a. Â Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017)
b.Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017)
Internet
- Â https://maglearning.id/2021/12/08/materi-ipa-kelas-5-tema-6-subtema-1-suhu-dan-kalor/
- Â https://gretha.my.id/audiobuku/rangkuman-ipa-kelas-5-semester-2-k-13-panas-dan- perpindahannya/
Refleksi
Refleksi hasil: bagaimana dampak dari aksi terhadap langkah-langkah yang dilakukan, apakah hasilnya efektif/tidak, mengapa dan bagaimana respon siswa terkait strategi yang dilakukan, apa yang menjadi faktor keberhasilan/ketidak berhasilan dari strategi yang dilakukan. Â Bagaimana dampak dari aksi terhadap langkah-langkah yang dilakukan?
Perubahan yang terjadi pada tingkah laku peserta didik menjadi mudah diatur dan diarahkan, peserta didik lebih terampil dalam proses pembelajaran, motivasi dan karakter peserta didik lebih terlihat setelah diterapkan aksi pembelajaran
        Apakah hasilnya efektif/tidak?
Hasilnya sangat epektif terlihat dari tercapainya tujuan pembelajaran yang telah dilaksanakan, terlihat dari hasil observasi penilaian sikap, keterampilan dan pengetahuan peserta didik yang sangat baik.
1. Â Â Â Â Â Â Penilaian Sikap
Berilah tanda centang () pada sikap setiap siswa yang terlihat.
Nilai             Â
No      Sikap   Indikato
1       Religius         Â
1.       Mengucpkan salam sebelum dan sesudah pembelajaran                       Â
2.       Bedoa sebelum kegiatan dan sesudah pembelajaran                        Â
3. Â Â Â Â Â Â Berperilaku suyukurÂ
4. Â Â Â Â Â Â Berprilaku menghormati orang lain
2       Tanggung jawab        Â
1. Â Â Â Â Â Â Mau mengaku kesalahan dan meminta maaf
2. Â Â Â Â Â Â Menyelesaikan tugas dengan baik
3. Â Â Â Â Â Â Patuh pada aturan dan tata tertib sekolah
4. Â Â Â Â Â Â Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tampa diminta
3       Percaya diri     Â
1. Â Â Â Â Â Â Berani bertanya kepada guru
2. Â Â Â Â Â Â Berani mengemukakan pendapat
3. Â Â Â Â Â Â Berani presentasi didepan kelas
 4.       Berani menjawab pertanyaan
4       Displin  Â
1. Â Â Â Â Â Â Datang tepat waktu
2. Â Â Â Â Â Â Mengumpulkan tugas tepat waktu
3. Â Â Â Â Â Â Patuh pada atauran /tata tertib sekolah
4. Â Â Â Â Â Â Membawa buku teks dan buku tulisan di sekolahÂ
Pedoman penskoran Penilaian sikap
Skor            Predikat         Klasifikasi
81 -- 100 Â Â Â Â Â Â Â A Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â SB (Sangat Baik)
66 -- 80 Â Â Â Â Â Â Â Â B Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â B (Baik)
51 -- 65 Â Â Â Â Â Â Â Â C Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â C (Cukup)
0 -- 50 Â Â Â Â Â Â Â Â Â D Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â K (Kurang)
Penilaian Sikap
Skor Maksimal = 100
2. Â Pedoman pensekoran Penilaian Pengetahuan
Skor            Predikat         Klasifikasi
81 -- 100 Â Â Â Â Â Â Â A Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â SB (Sangat Baik)
66 -- 80 Â Â Â Â Â Â Â Â B Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â B (Baik)
51 -- 65 Â Â Â Â Â Â Â Â Â C Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â C (Cukup)
0 -- 50 Â Â Â Â Â Â Â Â Â D Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â K (Kurang)
Â
3. Â Â Â Â Â Â Nilai pengetahuan
Bahasa Indonesia
No      Nama Siswa     Nilai    Keterangan     KKM
1       Adward Okta    100     Tuntas  60
2       Dion    80      Tuntas  60
3       Qilia    70      Tuntas  60
4       Ranti    80      Tuntas  60
5       Shalsabila       75      Tuntas  60
6       Tarang  80      Tuntas  60
7       Eta      80      Tuntas  60
8       Wisya   75      Tuntas  60
9       Irma    70      Tuntas  60
10      Joshua 100     Tuntas  60
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
        Jumlah 810             Â
        Rata-Rata       81               Â
        Jumlah Siswa Yang Tuntas               10 Siswa         Â
        Persentase Tuntas               100%    Â
        Jumlah Siswa Yang Tidak Tuntas         0 Siswa  Â
        Persentase Tidak Tuntas                 0%      Â
        Nilai Tertinngi   100             Â
        Nilai Terendah  70               Â
 IPA
No      Nama Siswa     Nilai    Keterangan     KKM
1       Adward Okta    100     Tuntas  65
2       Dion    75      Tuntas  65
3       Qilia    85      Tuntas  65
4       Ranti    80      Tuntas  65
5       Shalsabila       85      Tuntas  65
6       Tarang  70      Tuntas  65
7       Eta      80              Â
8       Wisya   75              Â
9       Irma    70              Â
10 Â Â Â Â Â Joshua 80 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
        Jumlah 728             Â
        Rata-Rata       72,8             Â
        Jumlah Siswa Yang Tuntas               10 Siswa         Â
        Persentase Tuntas               100%    Â
        Jumlah Siswa Yang Tidak Tuntas         0 Siswa  Â
        Persentase Tidak Tuntas                 0%      Â
        Nilai Tertinngi   100             Â
        Nilai Terendah  70               Â
Â
Dari table diatas menunjukan siswa yang mencapai KKm sebanyak 6 siswa dengan presentase 100% dan yang dibawah KKM sebanyak 0 siswa dengan presentase 0% ini menunjukan dengan menggunakan model pembelajaran Problem based learning (PBL) ada perbaikan dalam pembelajaran ini dilihan dari prolehan siswa yang mencapai KKM
Skor Maksimal = 100
Â
1. Pedoman Penilaian KeterampilamÂ
 Penilaian Laporan Pengamatan (Perkelompok)
Aspek Penilaian
        Baik sekali      Baik     Cukup  Perlu bimbingan
        4       3       2       1
Hal-hal yang dilaporkan dalam kegiatan pengamatan, antara lain: Â Â Â Â Â Â Â Â Mampu
menuliskan secara lengkap hal hal yang Mampu
menuliskan 3 dari 4 kriteria      Mampu memenuhi 1-
2 dari 4 Â Â Â Â Â Â Â Â Tidak
memenuhi
kriteria yang ditetapkan
1. Â Â Â Â Â Â Menuliskan bentuk benda yang diamati
2. Â Â Â Â Â Â Membuat laporan sederhana dan mempresentasikan laporan.
        harus dilaporkan        yang ditetapkan         kriteria yang ditetapkan        Â
Â
Skor Nilai Keterampilan
Â
Skor    Predikat         Klasifikasi
81 -- 100 Â Â Â Â Â Â Â 4 Â Â Â Â Â Â 4 (Baik sekali)
66 -- 80 3 Â Â Â Â Â Â 3 (Baik)
51 -- 65 2 Â Â Â Â Â Â 2 (Cukup)
Â
Â
Nilai Keterampilan (Kelompok)
Nilai Keterampilan (Kelompok)
Bahasa Indonesia
No
        Nama Siswa     Aspek Yang Dinilai       Ketengan
                Menelaah Teks Eksplanasi      Â
                1       2       3       4      Â
        Kelompok 1                                   Baik
1       Adward Okto                                    Â
2       Dion                                     Â
3       Tarang                                   Â
 4       Eta                                      Â
5       Joshua                                 Â
        Kelompok 2                                   Baik
6       Qilia                                     Â
7       Rantai                                   Â
8       Shabila                                  Â
9       Irma                                    Â
10      wisya                                   Â
Â
Nilai Keterampilan (Kelompok)
IPA
No
        Nama Siswa     Aspek Yang Dinilai       Ketengan
                Dapat Mengetahui
Perpindahan kalor      Â
                1       2       3       4      Â
        Kelompok 1                                   Baik
1       Adward Okto                                    Â
2       Dion                                     Â
3       Tarang                                   Â
4        Eta                                      Â
5       Joshua                                 Â
        Kelompok 2                                   Baik
6       Qilia                                     Â
7       Rantai                                   Â
8       Shabila                                  Â
9       Irma                                    Â
10      Wisya                                   Â
LEMBAR CEKLIS OBSERVASI PEMBELAJARAN
 LEMBAR PERTANYAAN REFLEKSI
No      Pertanyaan      Jawaban
1 Â Â Â Â Â Â Apa hal yang menarik yang saya temukan selama pelaksanaan pembelajaran? Â Â Â Yang menariknya karena mengunakan infokus dan pembelajaran terarah.
2 Â Â Â Â Â Â Apa yang saya sukai dan tidak sukai dari pelaksanaan pembelajaran kali ini? Â Â Â Â Â Yang disukai adalah pembelajarannya yang inovatif.
3 Â Â Â Â Â Â Apa yang perlu di tingkatkan dari pelaksanaan pembelajaran? Â Â Â Membuat model pembelajaran yang menarik minat siswa sehingga terjadilah pembelajaran yang menyenangkan.
4 Â Â Â Â Â Â Dibagian mana peserta didik memperoleh pengetahuan paling banyak? Â Bagian kegiatan inti.
5 Â Â Â Â Â Â Bagaimana peran saya dalam membantu siswa menghadapi masalah? Â Â Â Pada saat pembelajaran harus fokus dan jangan banyak bicara sama teman sebangku, peran saya harus memberikan tugas secara berkelanjutan.
6 Â Â Â Â Â Â Dibagian manakah pada saat saya mengajar terlihat kreatifitasnya? Â Â Â Â Â Â Pada saat memberi tugas dan mendampingi anak dalam penyelidikan.
Lembar refleksi peserta didik mengunakan gambar ekspresi dengan berbantuan tabel di word, lembar jawaban ini di buat untuk melihat antusias dan ungkapan perasaan apa saja yang di rasakan peserta didik saat pembelajaran yang dilakukan oleh guru.
Sangat senang  senang Biasa saja       sedih
                       Â
Â
Lembar pertanyaan untuk siswa
Nama           : Adward okto parintas
Tanggal                 : 21 Januari 2024
kategori                 Sangat senang  senang Biasa saja       sedih
        Apakah peserta didik senang dengan Pelajaran yang di
sampaikan guru                                 Â
        Peserta didik boleh bertanya kepada bapak ibu guru tentang pembelajaran                               Â
        Guru memberikan video tentang Pelajaran yang diberikan                                Â
        Guru menyebutkan benda-benda yang ada dirumah sebagai contoh                              Â
Â
Lembar pertanyaan untuk siswa
Nama           : Adrianus Eviyo Tarang
Tanggal                 : 21 Januari 2024
kategori                 Sangat senang  senang Biasa saja       sedih
        Apakah peserta didik senang dengan Pelajaran yang di
sampaikan guru                                 Â
        Peserta didik boleh bertanya kepada bapak ibu guru tentang pembelajaran                               Â
        Guru memberikan video tentang Pelajaran yang diberikan                                Â
        Guru menyebutkan benda-benda yang ada dirumah sebagai contoh                              Â
Lembar pertanyaan untuk siswa
Nama           : Dion Cristoper
Tanggal                 : 21 Januari 2024
kategori                 Sangat senang  senang Biasa saja       sedih
        Apakah peserta didik senang dengan Pelajaran yang di
sampaikan guru                                 Â
        Peserta didik boleh bertanya kepada bapak ibu guru tentang pembelajaran                               Â
        Guru memberikan video tentang Pelajaran yang diberikan                                Â
        Guru menyebutkan benda-benda yang ada dirumah sebagai contoh                              Â
Lembar pertanyaan untuk siswa
Nama           : Ranti Viola
Tanggal                 : 21 Januari 2024
kategori                 Sangat senang  senang Biasa saja       sedih
        Apakah peserta didik senang dengan Pelajaran yang di
sampaikan guru                                 Â
        Peserta didik boleh bertanya kepada bapak ibu guru tentang pembelajaran                               Â
        Guru memberikan video tentang Pelajaran yang diberikan                                Â
        Guru menyebutkan benda-benda yang ada dirumah sebagai contoh                              Â
Â
Lembar pertanyaan untuk siswa
Nama           : Shabila
Tanggal                 : 21 Januari 2024
kategori                 Sangat senang  senang Biasa saja       sedih
        Apakah peserta didik senang dengan Pelajaran yang di
sampaikan guru                                 Â
        Peserta didik boleh bertanya kepada bapak ibu guru tentang pembelajaran                               Â
        Guru memberikan video tentang Pelajaran yang diberikan                                Â
        Guru menyebutkan benda-benda yang ada dirumah sebagai contoh                              Â
Â
Lembar pertanyaan untuk siswa
Nama           : Qilia
Tanggal                 : 21 Januari 2024
kategori                 Sangat senang  senang Biasa saja       sedih
        Apakah peserta didik senang dengan Pelajaran yang di
sampaikan guru                                 Â
        Peserta didik boleh bertanya kepada bapak ibu guru tentang pembelajaran                               Â
        Guru memberikan video tentang Pelajaran yang diberikan                                Â
        Guru menyebutkan benda-benda yang ada dirumah sebagai contoh                              Â
Â
 Lembar pertanyaan untuk siswa
Nama           : Eta
Tanggal                 : 21 Januari 2024
kategori                 Sangat senang  senang Biasa saja       sedih
        Apakah peserta didik senang dengan Pelajaran yang di
sampaikan guru                                 Â
        Peserta didik boleh bertanya kepada bapak ibu guru tentang pembelajaran                               Â
        Guru memberikan video tentang Pelajaran yang diberikan                                Â
        Guru menyebutkan benda-benda yang ada dirumah sebagai contoh                              Â
Lembar pertanyaan untuk siswa
Nama           : Irma
Tanggal                 : 21 Januari 2024
kategori                 Sangat senang  senang Biasa saja       sedih
        Apakah peserta didik senang dengan Pelajaran yang di
sampaikan guru                                 Â
        Peserta didik boleh bertanya kepada bapak ibu guru tentang pembelajaran                               Â
        Guru memberikan video tentang Pelajaran yang diberikan                                Â
        Guru menyebutkan benda-benda yang ada dirumah sebagai contoh                              Â
Lembar pertanyaan untuk siswa
Nama           : Wisya
Tanggal                 : 21 Januari 2024
kategori                 Sangat senang  senang Biasa saja       sedih
        Apakah peserta didik senang dengan Pelajaran yang di
sampaikan guru                                 Â
        Peserta didik boleh bertanya kepada bapak ibu guru tentang pembelajaran                               Â
        Guru memberikan video tentang Pelajaran yang diberikan                                Â
        Guru menyebutkan benda-benda yang ada dirumah sebagai contoh                              Â
Â
Lembar pertanyaan untuk siswa
Nama   : Joshua
Tanggal          : 21 Januari 2024
kategori                 Sangat senang  senang Biasa saja       sedih
        Apakah peserta didik senang dengan Pelajaran yang di
sampaikan guru                                 Â
        Peserta didik boleh bertanya kepada bapak ibu guru tentang pembelajaran                               Â
        Guru memberikan video tentang Pelajaran yang diberikan                                Â
        Guru menyebutkan benda-benda yang ada dirumah sebagai contoh                              Â
Apa yang menjadi faktor keberhasilan/ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?
Keberhasilan tidak terlepas dari dukungan semua pihak, mulai dari persiapan kelengkapan perangkat pembelajaran yang disiapkan dengan matang, model pembelajaran yang tepat, materi dan media yang mudah dipahami, kesiapan peserta didik mengikuti proses pembelajaran, lingkungan belajar yang nyaman, dan operasional yang memadai, serta dukungan semangat dari guru lainnya.
Dengan adanya berbagai faktor baik diatas maka keberhasilan dalam proses pembelajaran sangat besar terlihat dari antusias dan semangat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, mereka sangat termotivasi sehingga hasil belajar meningkat.
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H