Latar Belakang
    Era modern sekarang ini, dimana teknologi digital berkembang dengan sangat pesat, sehingga memungkinkan manusia bisa menyelesaikan berbagai aktivitasnya dari rumah ataupun kantor. Hal ini sangat mudah di era digitalisasi yang sedang berkembang pesat. Dengan adanya teknologi digital dan kemudahan dalam mengakses internet, manusia dapat melakukan banyak hal seperti bersosialisasi, bertegur sapa dengan teman dari jarak yang jauh, membaca buku, memperoleh berbagai informasi yang dibutuhkan, bahkan berbelanja secara online. Perkembangan teknologi telah merubah cara interaksi dalam komunikasi pemasaran dari face to face menjadi screen to face. Hal ini yang menyebabkan peningkatan pengguna internet serta pengguna media sosial di Indonesia yang berdampak pada peningkatan minat berbelanja secara online (Hidayah, 2018).
    Mendirikan suatu usaha merupakan sebuah ide yang menjanjikan bagi Sebagian orang. Dalm membangun usaha, harus memperhatikan strategi marketing yang tepat agar dapat mengembangkan bisnis dengan optimal dan terus mendapatkan omset yang maksimal.
    Strategi adalah rencana yang dikembangkan oleh seorang eksekutif perusahaan yang berfokus pada tujuan jangka Panjang yang akan meningkatkan kualitas bisnis perusahaan.
    Strategi pemasaran adalah bentuk perencanaan yang ditemukan di bidang pemasaran. Secara umum pemasaran adalah suatu proses social dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dalam menciptakan dan mempertukarkan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lain. Dalam kata lain, pemasaran berusaha untuk memperoleh tanggapan terhadap suatu penawaran.
Pembahasan
    Menurut Assauri (2013:15), "Startegi pemasaran adalah seperrangkat tujuan dan sasaran, kebijakan dan aturan yang memadu udaha pemasaran suatu perusahaan dari waktu ke waktu, pada semua tingkatan dan acuan serta alokasi, terutama respon perusahaan terhadap lingkungan dan kondisi persaingan yang selalu berubah".
Berikut 7 strategi Marketing untuk meningkatkan bisnis :
1. Membangun Brand Yang Kuat
Branding adalah hal kursial yang perlu kita buat saat usaha masih awal baik di media social maupun di masyarakat sekitar. Jika ingin memulai lewat media social bisa memasarkan brand di Facebook, Instagram maupun tiktok engan menonjolkan kelebihan- kelebihan produk yang kita jual, agar masyarakat tertarik untuk melihat dan membeli.
2. Membuat Logo yang Unik dan Menarik
Membuat logo dan nama brand juga sangat penting untuk kemajuan proses bisnis yang akan berjalan. Upayakan membuat logo yang menarik tidak meniru brand lain dan membuat nama brand yang unik dan mudah di hafal oleh masyarakat jangan membuat nama yang terlalu Panjang usahakan 2-3 kata. Tujuan nya agar calon pembeli tertarik dan tidak terlalu susah untuk meninggat brand yang kita jual.
3. Membuat Konten di media social
Saat ini hampir semua orang menggunakan media social dalam kehidupan sehari-hari. karena teknologi internet semakin canggih dan semakin berkembang pesat membuat manusia zaman sekarang bergantung pada internet. karena dengan internet memudahkan kegiatan sehari hari contohnya seperti memesan makan online, ojek online dan kegiatan yang lainya yang menggunakan internet.
maka dari itu sebagai owner atau seseorang yang mempunyai usaha atau bisnis harus sering membuat konten di media sosial untuk mengenalkan brand yang kita jual kepada masyarakat luas. buatlah konten semenarik mungkin agar menarik peminat untuk datang berkunjung dan membeli.
4. Melakukan Riset Pasar
Trend pasar yang selalu berubah-ubah membuat kita harus rajin melakukan riset agar bisa memahami kemauan konsumen dan bisa memenuhi kepuasan pelanggan terhadap produk kita. setelah tau tren pasar kita lebih tau akan membuat konten atau arah bisnis yang kita buat kedepan nya seperti apa.
5. Memberikan Diskon atau Potongan Harga
Untuk meningkatkan bisnis kita bisa memberikan diskon atau potongan harga. karena ke banyakan orang sangat menyukai adanya diskon atau potongan harga dengan itu kita bisa memanfatkan ini untuk para pelanggan datang dan mengenal brand kita.
6. Mengikuti Event atau Bazzar
Sering mengikuti event atau Bazzar dapat mengenalkan brand kita ke masyarakat luas karena di tempat seperti pasti ramai penggunjung dan kita bisa memanfaatkan nya untuk meningkatkan bisnis yang sedang kita rintis. lebih sering kita mengikuti event atau Bazzar semakin brand kita di kenal dan jangan lupa untuk di promosikan di media sosial.
7. Memasang Iklan
Strategi selanjutnya untuk meningkatkan bisnis yaitu dengan memasang iklan baik berbayar maupun yang gratis di media sosial seperti endors para artis untuk mempromosikan di media sosial nya produk yang kita jual, stasiun Televisi maupun radio dan itu bisa meningkatkan penjualan.
  Anda bisa menguti langkah-langkah diatas untuk strategi marketing meningkatan bisnis yang sedang anda jalankan.
Penutup
Kesimpulan
    Digital marketing berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pendapatan UMKM. Pelaku UMKM sangat terbantu dalam segala aspek dari aktivitas bisnis yang dijalankannya dengan memanfaatkan digital marketing. Digital marketing yang paling banyak digunakan oleh pelaku UMKM yaitu e-commerce, facebook, dan Instagram sebagai katalog produk, sementara whatsapp business sebagai media utama untuk komunikasi/chat dengan pelanggan. Agar dapat mempertahankan upaya peningkatan Bisnis dapat melakukan strategi berikut :
1. Memanfaatkan peluang dan kekuatan yang dimiliki seperti jaringan yang luas kepada dan calon pelanggan untuk meningkatkan permintaan terhadap produk terhadap kebutuhan pelanggan.
2. Memberikan pelayanan yang terbaik karena pelanggan sangat menyukai penjual yang ramah.
3. Menjalin hubungan yang baik dengan para pelanggan agar menambah relasi dan pelanggan tidak segan untuk datang lagi.
Saran
Para Penjual atau owner yang memiliki bisnis saat ini harus pintar membaca peluang contohnya harus bisa memanfaatkan media sosial dengan baik untuk media mempromosikan brand dan produk yang kita jual kepada masyarakat.
Membuat sesuatu yang unik baik itu variasi produk ataupun konten yang menarik, hingga calon pelanggan penasaran dan tertarik untuk membeli.
Membuat Branding yang baik yang menonjolkan kelebihan-kelebihan brand baik itu offline maupun online.
Banyak memberi diskon atau potongan harga karena itu bisa menarik para pelanggan untuk berbondong-bondong untuk datang dan membeli.
Sumber Referensi
Analisa Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan
file:///C:/Users/ACER/Downloads/83-Article%20Text-195-1-10-20220723.pdf
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H