Dalam era pendidikan yang semakin berkembang ini, mahasiswa didorong untuk mengembangkan keahlian dan keterampilan di abad 21. Civitas akademik perlu mempraktikkan ilmu yang telah didapat di perguruan tinggi dan diterapkan kepada peserta didik di sekolah.Â
Dengan adanya program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas dirinya sebagai
calon guru.Â
Mahasiswa PPG Universitas Negeri Malang yang melaksanakan PPL di SD Negeri Polowijen 1 Kota Malang telah melaksanakan penerapan media Spinner Bulan untuk meningkatkan motivasi belajar kelas 1 SD pada mata pelajaran Matematika tepatnya materi Waktu.
 Media pembelajaran merupakan berbagai sarana yang dapat membantu dan memudahkan peserta didik dalam belajar.Â
Media pembelajaran ini dapat berupa media visual, audio, atau audio-visual di mana media tersebut dirancang untuk mengkomunikasikan informasi pembelajaran kepada peserta didik. Penerapan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran tentunya juga mengundang antusiasme peserta didik dalam belajar.
Media pembelajaran Spinner Bulan ini merupakan media pembelajaran yang digunakan untuk membantu peserta didik dalam mempelajari Matematika materi Waktu. Media Spinner Bulan ini dapat mendorong peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran karena media tersebut dapat diaplikasikan dengan menggunakan permainan. Sehingga peserta didik dapat
belajar sambil bermain.
Dalam pembuatan media pembelajaran Spinner Bulan ini sangat mudah, bahan yang dibutuhkan juga mudah didapat. Media ini memanfaatkan kardus bekas, kertas warna, lem, jarum pentul, gunting, dan beberapa gambar untuk hiasan.
Media pembelajaran Spinner Bulan ini sudah disiapkan 12 nama bulan, mulai dari Januari hingga Desember. Nama bulan ini dituliskan pada kardus bekas yang telah dilapisi oleh kertas warna.
Dalam pelaksanaan penerapan media Spinner Bulan ini mengikutsertakan peserta didik kelas 1 di SD Negeri Polowijen 1 Kota Malang yang berjumlah 15 anak. Peserta didik kelas 1 di Sd tersebut sangat antusias, karena mereka senang belajar sambil bermain. Penggunaan media konkret yang menarik sangat diperlukan untuk membantu kelancaran proses pembelajaran.
Penggunaan media pembelajaran Spinner Bulan ini sangat mudah. Peserta didik maju secara bergantian dengan cara melakukan permainan sambung lagu. Kemudian, bagi peserta didik yang mendapat giliran untuk maju, peserta didik memutar bagian roda pada media, kemudian menyebutkan bulan yang menunjukkan bulan sebelumnya, bulan ini, dan bulan sesudah.
Kelebihan dari media Spinner Bulan ini yaitu media ini dapat membantu dan memudahkan peserta didik dalam mengetahui dan memahami materi Waktu lebih tepatnya pada pokok bahasan Bulan.
Pentingnya pembelajaran matematika sudah tidak diragukan lagi baik di jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi.Â
Mata pelajaran ini tidak hanya mengasah keterampilan dasar dan logis dalam menyelesaikan masalah, tetapi juga berkontribusi dalam pembentukan pola pikir ilmiah, kritis, dan kreatif. Penggunaan media pembelajaran terbukti menjadi faktor penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.
 Di SD Negeri Polowijen 1 Kota Malang, penggunaan alat peraga yang menarik dan sesuai dengan karakteristik peserta didik sangat diperlukan untuk mengatasi keterbatasan yang ada dan meningkatkan pemahaman siswa, khususnya dalam mata pelajaran matematika.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H