Mohon tunggu...
marsani asfi
marsani asfi Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Saya adalah salah seorang pengajar di institusi Pendidikan Tinggi di Kota Cirebon

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kegiatan Sosialisasi Aplikasi "MyPMP" sebagai Dashboard Penjualan pada Kegiatan Pengabdian Pemberdayaan Masyarakat Pemula di UMKM 'fiar Store'

9 Desember 2023   09:52 Diperbarui: 9 Desember 2023   10:30 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Perencanaan Kegiatan dengan Anggota  PKM (Dokpri)

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Universitas Catur Insan Cendekia(UCIC) di tahun 2023 dilaksanakan melalui Skema Pemberdayaan Masyarakat Pemula(PMP). Kegiatan PKM ini didanai dari Kementrian Pendidikan Kebudayaan Ristek Dikti. Kegiatan Pkm skema PMP merupakan salah satu program pengabdian masyarakat yang diadakan dalam rangka kolaborasi antara perguruan tinggi dan mitra usaha untuk memberdayakan potensi ekonomi maupun non ekonomi yang ada di masyarakat. Tim PkM PMP UCIC terdiri dari 3 orang dosen lintas keilmuan, yaitu Marsani Asfi, M.Si. dengan keilmuan komputer dan sistem informasi, Bapak Amroni, M.M. dengan keilmuan Manajemen serta Agung Supriyadi, M.Ak dengan keilmuan Akuntansi. Kegiatan PkM ini juga melibatkan 3 orang mahasiswa lintas program studi.

Objek atau mitra kegiatan pelaksanaan PkM adalah UMKM ‘Fiar Store’ yang merupakan usaha rumahan yang menjual parfum secara online. UMKM ini berada di Desa Banjarwangunan Kec. Mundu Kab. Cirebon. UMKM ‘Fiar Store’ ini sudah menjalani aktifitas penjualan online sejak tahun 2020, ketika COVID-19 mulai masuk ke Indonesia serta banyaknya karyawan yang di rumahkan dan perusahaan-perusahaan yang berhenti beroperasi.

Durasi pelaksanaan PkM adalah 6 bulan. Diawali di bulan Juli 2023. Kegiatan Program Pemberdayaan Masyarakat Pemula (PMP) diawali dengan rapat internal semua anggota tim yang terlibat dalam kegiatan. Pelaksanaan dilaksanakan di ruang CIC Hub kampus UCIC Cirebon. Ada 3(tiga) orang dosen dengan 3(tiga) orang mahasiswa yang aktif terlibat dalam kegiatan sosialisasi ini. Kegiatan diskusi awal, terlihat pada Gambar 1  yang membahas tentang Perencanaan Kegiatan serta membahas permasalahan yang akan diselesaikan di mitra dalam kegiatan PkM. Dari usulan kegiatan ada 2(dua) hal yang akan diselesaikan oleh Tim PKM dimitra ini, yaitu (1)proses mendigitalisasi Manajemen khususnya penjualan, retur dan komplain dari konsumen. (2) optimalisasi pemanfaatan tool digital marketing melalui facebook ads tentang proses Pemasaran Produk.

Sosialisasi Aplikasi MyPMP.

Untuk proses digitalisasi manajemen penjualan dilakukan dengan melakukan sosialisasi  aplikasi MyPMP. Aplikasi MyPMP merupakan aplikasi manajemen penjualan, retur dan pendataan komplain atas status penjualan. Aplikasi MyPMP merupakan aplikasi yang dibuat dari hasil penelitian dosen dan mahasiswa di program Studi Sistem Informasi. Kegiatan Sosialisasi dilaksanakan didua tempat, pertama di Kampus UCIC dan di tempat Mitra. Pelaksanaan sosialisasi pertama dikampus UCIC dilakukan pada tanggal 20 Oktober 2023.

 Dokpri
 Dokpri

Kegiatan sosialisasi diawali dengan penyampaian informasi terkait teknologi Informasi. Selanjutnya disampaikan juga cara penggunaan aplikasi MyPMP dan fungsi-fungsinya. Sosialisasi selanjutnya dilaksanakan di tanggal 12 Nopember 2023, ditempat Mitra.

gambar-4-6573d43fde948f696353aa75.jpg
gambar-4-6573d43fde948f696353aa75.jpg

Sosialisasi kedua ini lebih menekankan pada penjelasan detail cara penggunaan aplikasi dan hal-hal teknis dari aplikasi. Diakhir kegiatan sosialisasi baik di kampus maupun ditempat mitra disampaikan tentang pentingnya penggunaan teknologi informasi dalam dunia usaha. Serah terima atas aplikasi yang digunakan juga dilakukan diakhir kegiatan sosialisasi.

gambar-5-6573d484de948f0df30a21c2.jpg
gambar-5-6573d484de948f0df30a21c2.jpg

Simpulan dari kegiatan sosialisasi ini, yaitu peserta sosialisasi telah memahami penggunaan aplikasi MyPMP, dan ada peningkatan dalam pemahaman mereka tentang cara mengelola promosi, stok, dan penjualan melalui aplikasi ini. Peningkatan efisiensi operasional terlihat, dengan penanganan stok yang lebih baik, proses pemasaran yang lebih terarah, dan peningkatan dalam penanganan pesanan. Umpan balik positif diberikan oleh peserta sosialisasi, dan aplikasi ini dianggap bermanfaat. Terima kasih kepada Kemdikbudristek untuk pendanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat Tahap 2. Kegiatan ini terlaksana berdasarkan kontrak No.003/SP2H/PPM/B2/LL4/2023, tentang pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat Tahap 2.

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun