STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA: PERBANDINGAN PRAKTIK DI TK ST. PAULUS KARUNI DAN TK MARSUDIRINI
OLEHÂ
Theresia Melania Jawa
Elisha Kaka
Anastasia Saingo
Samuel Dapa Sapu
Apliana Regita Ina
RiskyiardÂ
ABSTRAK
Penelitian ini membahas strategi berbasis kurikulum merdeka dengan membandingkan praktik yang diterapkan di Tk St. Paulus Karuni dan Tk Marsudirini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi metode pembelajaran, pelaksanaan kegiatan, serta tantangan yang dihadapi oleh kedua lembaga dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Metode yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara dengan guru, dan analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa Tk. Marsudirini lebih menekankan pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan bermain aktif, dan menerapkan beberapa metode yaitu bermain peran, Tanya jawab dan demonstrasi, sementara Tk St Paulus mengutamakan pembelajaran yang bermain bebas atau seperti biasa-biasa saja. Meskipun terdapat beberapa perbedaan TK menunjukkan perkembangan positif dalam aspek kognitif, sosial dan emosional anak kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan sumber daya, pelatihan guru dan adaptasi terhadap kurikulum baru. Rekomendasi yang diberikan mencakup peningkatan pelatihan guru dan pengadaan media pembelajaran yang memadai untuk mendukung pelaksanaan kurikulum merdeka secara optimal.
BAB I