Mohon tunggu...
Marla Suryani Lasappe
Marla Suryani Lasappe Mohon Tunggu... Administrasi - suka masak

Saya berbintang Pisces--------------------------------------------------- hobby cooking, travelling------------------------------------------------------- I am a writer, food blogger ----------------------------------------------------- IG: marlasuryani ------------------------------------------------------------------- twitter: marlasuryani@marla-suryani--------------------------------------- http://aksaramarla.wordpress.com https://www.facebook.com/marla.thalib

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

JNE Mendapatkan Gold Champion Indonesia WOW Brand dalam Kategori Courier Service

31 Mei 2023   20:16 Diperbarui: 31 Mei 2023   21:11 575
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik


Di usia 33 tahun, JNE sebagai perusahaan ekspres dan logistik Indonesia menerima penghargaan yang diselenggarakan oleh Markplus Inc, melalui salah satu divisinya Markplus Insight, yang telah melakukan survey Indonesia WOW Brand 2023.

Pemilihan brand -brand ternama tersebut menggunakan metode WOW Marketing yang mengadopsi dari konsep pemasaran Prof. Philip Kotler bapak dari " Modern Marketing "

Tak heran jika JNE untuk kesekian kalinya mendapatkan penghargaan bergengsi, yaitu Gold Champion Indonesia WOW Brand 2023 kategori Courier Service, karena JNE menerapkan WOW Marketing berdasarkan skor rasio advokasi merek dan tingkat awareness tertinggi dari merek - merek lain di industri sejenis.

JNE didirikan pada tanggal 26 November oleh bapak H. Soeprapto Soeparno yang merupakan perintis ekspedisi TIKI. Dengan acara sederhana PT. Tiki Jalur Nugraha Eka Kurir resmi didirikan.

Awal pendirian JNE hanya menangani kegiatan kepabeanan dari impor kiriman barang atau dokumen sekaligus distribusinya ke kota-kota destinasi di Indonesia dengan memanfaatkan jaringan TIKI.

Pada tahun 1994, JNE mulai merintis layanan pengiriman domestik dan siap bersaing dalam pasar kiriman domestik  yang telah didominasi oleh perusahaan-perusahaan besar yang terlebih dahulu berkiprah pada bidang tersebut.

Di tahun 1995 dengan memanfaatkan keberadaan Wartel (warung telekomunikasi), JNE memperkenalkan sistem drop point atau agen  yang mana pada akhirnya merupakan cikal bakal agen dari JNE.

Wantel sangat efektif pada tahun tersebut, karena sangat menjamur hampir di setiap komplek perumahan ada wartel yang siap sedia melayani masyarakat.
Tahun 2000, JNE merilis logo baru dengan brand "JNE EXPRESS".  Yang bertujuan untuk memperkuat jaringan penjualan JNE pada tahun- tahun berikutnya.

Seiring dengan pertumbuhan tren pemanfaatan internet dalam transaksi perdagangan jual beli melalui marketplace , reputasi JNE EXPRESS mulai mencuat sebagai perusahaan ekspedisi terdepan di Indonesia dan populer dikalangan pelaku bisnis online. Sebagai Agen JNE sangat mudah ditemukan di kota-kota besar dan jam operasional dengan layanan 24 jam.

Untuk mengantisipasi pesatnya pertumbuhan transaksi belanja secara online melalui marketplace dan tren gaya hidup digital Indonesia,  JNE  fokus memperbesar kapasitas dan kapabilitas infrastruktur fisik dan teknologinya sejak 2013. 

Aplikasi MY JNE diluncurkan pada tahun 2014, aplikasi serba-guna berbasis android yang membantu pelanggan untuk mengecek tarif kiriman, menelusuri posisi paket, lokasi konter terdekat.

Pada tahun 2017, JNE membangun E-fulfillment di beberapa cabang sebagai solusi bisnis terpadu bagi para pelaku Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM), khususnya pemilik nama dagang, yang berjualan secara daring. 

Idenya, E-fulfillment membantu  para pelaku UMKM fokus pada pengembangan produk dan marketing digital, sedangkan aktivitas logistiknya, mulai dari manajemen.

Pada tahun 2017, JNE membangun E-fulfillment di beberapa cabang sebagai solusi bisnis terpadu bagi para pelaku Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM), khususnya pemilik nama dagang, yang berjualan secara daring. 

Idenya, E-fulfillment membantu  para pelaku UMKM fokus pada pengembangan produk dan marketing digital, sedangkan aktivitas logistiknya, mulai dari manajemen pergudangan, stok barang, pemilahan dan pengemasan sampai pengantaran barang ke tangan pelanggan, ditangani oleh JNE. pergudangan, stok barang, pemilahan dan pengemasan sampai pengantaran barang ke tangan pelanggan, ditangani oleh JNE.

Di tahun 2020, JNE merintis pembangunan pusat sortir otomatis berskala besar yang disebut Mega Hub di Bandara Mas, Cengkareng, Tangerang. Mega Hub diproyeksikan bisa memproses 1 juta paket dalam sehari.

Layanan Roket Indonesia dirilis pada tahun 2022. Dengan berbasis aplikasi, layanan kurir instan menjamin estimasi pengantarn sampai dalam waktu 1 jam dan layanan ini sudah tersedia di 54 kota.

Kembali ke acara WOWBrandFestive2023, disaat yang sama untuk ke-delapan kalinya MarkPlus, Inc. mengadakan conference pemasaran terbesar bagi para brand enthusiast, yang merupakan pestanya orang Brand di Indonesia yang bertema : Branding for the Game Charger. 

Dalam acara WOW Brand Festive Day yang merupakan sebuah festival pemasaran terbesar bagi para brand enthusiast di Indonesia yang dihadiri sekitar 400 brand enthusiast dari lebih 300 Brand terbaik Indonesia dan diisi oleh pembicara brand expert yang memaparkan konsep Brand terkini. 


Boost Affinity by Brand Collaboration" yang selama ini dilakukan oleh JNE dalam mendukung strategi kolaborasi yang dilakukan oleh JNE, dibawakan oleh Kurnia Nugraha.

Kurnia Nugraha, Head of Media Relation JNE mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan istimewa ini. "Mewakili seluruh karyawan dan manajemen JNE, kami mengucapkan terima kasih sebesar -- besarnya kepada MarkPlus, Inc. dan MarkPlus Insight atas penghargaan Gold Champion Indonesia WOW Brand 2023 dalam kategori Courier Service".

Komitmen JNE sebagai perusahaan ekspres dan logistik nasional, untuk berkontribusi secara nyata selama 33 tahun terhadap kemajuan perekonomian bangsa serta negara, diwujudkan dalam berbagai langkah bisnis yang dapat menjadi peluang bagi masyarakat. 

Pengembangan bisnis terus dilakukan dengan meningkatkan berbagai sektor penting agar JNE memiliki kualitas pelayanan terbaik, sehingga dapat selalu bermanfaat bagi seluruh stakeholder, pelanggan, maupun para mitra.

Kurnia juga menyampaikan bahwa JNE (backlink: https://www.jne.co.id/) didirikan dengan tujuan utama agar membawa manfaat bagi banyak orang, baik internal mau pun eksternal perusahaan sesuai dengan tagline kami yaitu, "ConnectingHappiness". 

Oleh karena itu, penghargaan ini menjadi motivasi seluruh manajemen dan karyawan untuk terus menjalankan performa kerja yang prima, dan melanjutkan komitmen untuk terus berinovasi dalam pengembangan bisnis. Kami berharap berbagai program dan langkah JNE, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas", pungkas
Kurnia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun