25 Tahun Perjalanan QCC Toyota Indonesia
Berbagai  cara dalam pengendalian mutu, baik mutu karyawan ataupun  mutu produk yang dihasilkan, salah satunya adalah membudidayakan Filosofi  KAIZEN, yaitu melakukan perubahan terus menerus, KAIZEN dilakukan dengan metode QCC atau QUALITY CONTROL CIRCLE. Cara inilah yang di pakai oleh Toyota dalam  meningkatkan kemampuan dan kapasitas para karyawannya, sehingga  dapat menghasilkan dan menjaga mutu barang yang diproduksi. Semangat Kaizen dan metode  QCC dapat juga dilakukan oleh berbagai pihak, seperti saya misalnya yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga.
***
Saya sangat antusias mengikuti Acara peluncuran buku " Perubahan Tiada Henti"  Tanggal 16 Agustus 2016, Bertempat di Ruang Ruby, Gedung Kompas Gramedia Palmerah Barat Unit II lantai 7. Jalan Palmerah Barat No.29-37, Jakarta Pusat.  Sebagai peserta  acara "Coverage Peluncuran Buku 25 Tahun Perjalanan QCC Toyota Indonesia" acara tersebut sangatlah menarik,  karena banyak Filosofi yang dapat saya petik dan  dapat saya praktekkan dalam kehidupan sehari-hari saya.Â
Ketika memulai program QCC Toyota Indoensia membuat kelompok QCC percontohan. Pada awalnya program ini merupakan program wajib bagi para karyawan. disini terjadi pemaksaan dari para atasan agar karyawan melakuan program QCC ini, selain itu manajemen juga memberikan waktu, tenaga dan pikirannya untuk mengembangkan embrio QCC di Toyota Indonesia. Ada delapan langkah yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan metode QCC:
1. Identifikasi Masalah dan Menentukan Tema
2. Analisis Kondisi yang ada
3. Menetapkan Target dan Membuat Rencana Kerja
4. Analisis Penyebab dan Menentukan Penyebab yang Dominan
5. Merencanakan Penanggulangan
6. Melaksanakan PenanggulanganÂ
7. Evaluasi Hasil
8. Standardisasi dan Tindak Lanjut
Contoh Perubahan sederhana dan dalam keseharian di kantor Toyota,  adalah kebiasaan di toilet wanita. Biasanya perempuan menekan flus (untuk membilas di toilet) sebanyak dua kali,katanya sih, karena kurang percaya diri, jika  hanya dilakukukan dengan sekali tekan. Padahal dengan sekali tekan flus toilet sudah bersih. Â
Setelah kebisaan sekali tekan diterapkan dengan konsisten, hasil nyata langsung terlihat. Terutama dari angka meteran air, ternyata sangat berdampak dari sisi penghematan. Berkat merubah kebiasaan tekan flush 2 kali menjadi sekali, mampu menghemat 12 juta per bulan (Luar Biasa Kan). Ini terlihat sebagai hal yang sepele,tetapi jika diterapkan pada kebiasaan lain dan lainnya lagi, bisa  dibayangkan berapa banyak  perubahan yang akan  terjadi.Â
Melihat contoh yang sederhana diatas, semangat Kaizen dalam metode QCC dalam kehidupan sehari-hari saya adalah, dengan melakukan penghematan  dan efisiensi dalam menggunakan jasa pembantu yang pulang hari, sudah satu minggu ini,  saya tidak menggunakan lagi jasanya, pekerjaan rumah yang selama ini dikerjakan oleh pembantu, kini saya dan ketiga anak saya yang kerjakan, pembagian tugaspun diterapkan, alhasil lumayan... biaya gaji untuk pembantu bisa saya alokasikan ke post lain,  begitu pula dengan penggunaan air dan sabun cuci saat mencuci, masih banyak lagi efisiensi yang bisa kita terapkan di dalam rumah, untuk itu terima kasih banyak  Toyota untuk  taburan inspirasinya.
Buku " Perubahan Tiada Henti " yang telah dikupas selama Coverage berlangsung, jika saya tulis semua disini, tentulah tidak surprise lagi dong ????
Mau tahu lebih dalam lagi ???
Jangan lupa beli bukunya di Toko Buku Gramedia .
Tidak rugi loh memiliki buku ini ...
Buku Perubahan Tiada Henti " Membangun manusia sebelum membuat produk" adalah mengisahkan perjalanan 25 Tahun Perjalanan QCC Toyota Indonesia
Penulis: Joice Tauris Santi adalah wartawan Kompas, dibantu oleh  Tim Penulis Toyota Indonesia sebanyak 14 penulis.
Penerbit : Kompas Penerbit Buku.
Pamulang, 23 Agustus 2016
Catatan PojokÂ
Â
pict : koleksi pribadi
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H