Mohon tunggu...
Evan Alamsyah
Evan Alamsyah Mohon Tunggu... -

Lifestyle, Inovation, Creative, Passion, Skill, Young, Fashion.

Selanjutnya

Tutup

Money

Cosmos Hadirkan Value Added Bagi Konsumen

2 Agustus 2013   14:12 Diperbarui: 24 Juni 2015   09:42 426
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Mempertahankan bisnis secara berkelanjutan memang bukanlah hal yang mudah bagi pemain di industri apa pun. Ditengah usianya yang telah menginjak 37 tahun, Star Cosmos mampu membuktikan sebagai salah satu pemain penting di industri electronic small appliances dalam negeri. Awalnya, perusahaan yang berdiri sejaktahun 1976 ini lahir sebagai perusahaan yang hanya memproduksi kipas angin. Namun, seiring waktu berjalan, berbagai produk elektronik rumah tangga pun mereka produksi, mulai dari rice cooker, oven, hingga lampu LED. Star Cosmos pun berhasil bertahan di tengah berbagai kondisi perekonomian yang dialami oleh Indonesia. Lantas apa rahasia Star Cosmos agar bisa bertahan di industri ini? Apa rencana mereka selanjutnya? Simaklah hasil wawancara Ronny Gondosari, Operation Director PT Star Cosmos bersama Hendra Soeprajitno dari Marketeers. Berikut nukilannya:

 

Seperti apa pandangan Anda terhadapelectronic small appliances? Industri ini sangat menarik karenaberhubungan dengan kaum perempuan.Saat ini banyak produk yang sudah digarapCosmos, tapi banyak juga yang belummengingat industri ini sangat luas. Saatini kami sudah memproduksi beberapaproduk, seperti rice cooker, kipas angin,setrika, sarana penyimpanan beras, oven,water dispenser, juicer, peralatan masakhingga lampu LED. Saat ini, kami juga mulaibermain pada mesin cuci dan pompa air.Industri ini memang sangat luas, dan kamiakan melebarkan bisnis ini.

 

Bagaimana dengan persaingan diindustri ini, mengingat banyak pemaindari China yang harganya terjangkau? Aturan pemerintah tentang SNI sangatmembantu kami. Dengan adanya aturan itu,produk yang beredar di pasar pun tidak bisasembarangan dan harus memiliki standartertentu. Produk kami pun bisa memenuhistandar, dan produk abal-abal itu punterkena regulasi. Sehingga pertumbuhandalam dua hingga tiga tahun terakhir inisangat membantu Cosmos. Aturan itumembuat pasar menjadi sehat.

 

Cosmos sudah berdiri sejak tahun1976. Sebenarnya produk apa yangpertama kali dirilis? Banyak yang mengenal kami sebagaiprodusen sarana penyimpan beras. Semuaini tidak terlepas dari tagline kami, IngatBeras, Ingat Cosmos yang meledak. Namun,pertama kali, kami hadir sebagai produsenkipas angin. Semua ini tidak terlepas darikenyataan bahwa konsumen akan selalumengingat produk yang lahir pertama dipasar. Misal, Odol. Banyak yang tidak tahubahwa Odol adalah merek. Contoh lain,banyak yang menyebut Aqua sebagai air.Padahal itu adalah merek.

 

Lantas apa keunggulan dari produk Cosmos? Inovasi. Kami selalu menghadirkanproduk yang belum dipikirkan olehkompetitor. Misal untuk kipas angin. Kamimeluncurkan produk 2 in 1, kipas anginyang bisa digunakan di meja dan lantai.Selanjutnya, kami juga meluncurkan kipasangin Waldesta, yaitu bisa di dinding (wall),meja (desk), dan berdiri (stand). Langkahkami inipun diikuti oleh kompetitor dengansebutan yang berbeda.Kami juga berinovasi pada rice cooker.Kami adalah produsen pertama yangmenambahkan fitur udara sehinggamembuat nasi semakin pulen. Yang jelas,kami selalu berusaha menghadirkan produkyang terbaik. Misal, dalam rice cooker.Anda tentu pernah melihat cat yangmengelupas pada panci nasi. Kami merilisproduk yang tahan lama sehingga cat itutidak mengelupas. Sekilas memang terkesansederhana. Namun, kami sadar bahwa catyang mengelupas itu adalah zat kimia, yangakhirnya dikonsumsi oleh konsumen.

 

Apa yang membuat Cosmos bisabertahan hingga kini? Pertama, kami sangat konsen dengankualitas. Quality is number one. Kedua,Cosmos bisa menghadirkan produk denganharga yang terjangkau. Ketiga, inovasi. Dan,kami bukan menjiplak sebuah teknologi,melainkan membuat sesuatu yang baru danberbeda. Meskipun terkadang produk kamisedikit lebih mahal, namun value yang kamitawarkan sangatlah besar. Keempat, kamisangat menjaga hubungan dengan dealer dankonsumen. Relasi itu benar-benar kami jagadengan baik. Saat ini Cosmos dipegang olehgenerasi kedua. Banyak distributor yangmasih menjadi rekanan kami dan berlanjuthingga generasi kedua juga.

 

Apa strategi promosi yang Andagunakan? Kami banyak melakukan activation danpromosi below the line, semisal GoyangLelang Cosmos. Kami membuat acara dipasar tradisional berupa lelang namundengan harga yang dibatasi. Sambutandi pasar pun sangat baik. Euphoria – lahyang menjadi kunci keberhasilan aktivasiini. Namun, terlepas dari itu, strategi inimembuat kami dekat dengan konsumen.Jujur, kami tengah mencoba. Jadi, selainiklan konvensional, kami juga memperkuataktivasi.

 

Apa rencana ke depan Cosmos ? Kami akan terus berinovasi. Tujuan kamisederhana, yaitu menghasilkan produkdengan value added lebih bagi konsumen.Meluncurkan produk merupakan hal yangmudah. Namun memberikan nilai lebihitulah yang harus menjadi perbedaan kami.Visi itulah yang membuat Cosmos bisabertahan hingga kini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun