Mohon tunggu...
Mariska Josefine
Mariska Josefine Mohon Tunggu... Strategy Consultant -

Brand Marketing Strategist & Consultant

Selanjutnya

Tutup

Money

"Content Marketing" untuk Menarik Konsumen

30 Desember 2018   15:27 Diperbarui: 30 Desember 2018   16:07 414
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
pinterest.com/icerikco/

Seiring perkembangan jaman, metode tradisional dalam mempromosikan produk menjadi kurang efektif. Semakin banyak perusahaan dan produk yang ada di pasar, sehingga semakin sulit untuk bersaing di pasar domestik maupun global. Pergerakan bebas barang dan jasa tidak hanya memperluas jangkauan perusahaan, tetapi juga daya saingnya. Di pasar global, teknik pemasaran modern menjadi faktor kunci untuk kompetisi, pengembangan dan kelangsungan hidup perusahaan.


Content Marketing memungkinkan bisnis untuk berbagi pengetahuan dan bersaing di pasar domestik dan global, karena setiap bisnis - terlepas dari ukuran atau asal, memiliki sesuatu yang menarik untuk disampaikan; dan berbagi pengetahuan membawa keuntungan bagi aktivitas bisnis apa pun.


Content Marketing adalah suatu bentuk naratif pemasaran yang menyediakan informasi yang berguna bagi pelanggan, dengan cara yang menarik dan mendidik. Ini adalah teknik baru untuk menyampaikan informasi yang sama yang selalu diinginkan konsumen tentang produk dan layanan. Kekuatan dari content marketing tersebut pun semakin besar dalam menjangkau lebih banyak audiens atau konsumen, seiring dengan tumbuh pesatnya jumlah platform media sosial saat ini dan perangkat lainnya.


Tentu saja kualitas dari konten tersebut menjadi faktor penting dalam menarik audiens atau konsumen untuk mengkonsumsi serta membagikan konten tersebut kepada teman, keluarga, dan komunitas mereka. Konten yang berkualitas adalah konten yang baik dan menarik, yang dapat menarik audiens atau konsumen baru serta mempertahankan pelanggan dan mengubah mereka menjadi loyal customer dan brand advocate ( pelanggan yang mempromosikan bisnis, produk atau servis Anda kepada orang lain ).


Kriteria-kriteria konten yang baik dan menarik :

Edukatif
Konten yang edukatif adalah konten yang mengedukasi dan mendorong siapapun yang mengkonsumsi konten tersebut belajar mengenai hal-hal yang penting yang dapat mengubah hidup mereka menjadi lebih baik.

Inspiratif
Konten yang baik harus dapat menginspirasi orang lain untuk dapat melakukan hal-hal yang sama dan baik yang dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya sendiri, sesama, dan lingkungan sekitar.

Informatif
Konten yang informatif adalah konten yang akurat dalam menyampaikan isi atau maksud dan dapat dipercaya keabsahannya.

Entertaining
Konten yang baik dan menarik adalah konten yang menghibur ketika kita mengkonsumsinya. Hal-hal yang bermanfaat tetapi dikemas dengan cara yang menyenangkan dapat menghibur dan membuat orang tertarik untuk mengkonsumsinya.

Bagaimana membuat konten yang baik dan menarik untuk bisnis Anda?
Penting untuk memiliki berbagai jenis konten - tetapi seperti apa bentuk campuran konten yang lengkap? Agar lebih mudah, seperti layaknya makanan, makanan yang baik adalah makanan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh kita. Nah, Anda dapat membayangkan jenis konten sebagai suatu kelompok makanan, dan campuran konten yang sehat sebagai diet sehat. Berikut cara membuat campuran konten yang sehat, baik, dan menarik:

Main Course
Pikirkan konten utama Anda sebagai "menu utama" Anda. Konten utama Anda adalah konten yang menggambarkan tentang siapa diri Anda, apa keahlian Anda, dan bagaimana Anda dapat membuat hidup konsumen Anda menjadi lebih baik. Contoh konten ini adalah konten yang mungkin memerlukan banyak waktu dan penelitian untuk mengerjakannya. Sebagai contoh whitepaper, e-book, studi kasus, dll.


Sereal
Konten "sereal" Anda adalah jenis yang bisa konten yang dapat dikonsumsi setiap hari untuk sarapan. Jenis konten ini bersifat sederhana, konsisten, dan mudah dikonsumsi. Anda harus dapat menghasilkan konten "sereal" Anda dengan cepat dan sering yaitu seperti posting media sosial Anda.


Sayuran
Sayuran dikemas dengan nutrisi; dan konten "sayuran" Anda harus dikemas dengan informasi yang berharga dan mendidik. Ini adalah jenis konten yang menunjukkan bahwa Anda mengetahui apa yang Anda tawarkan. Anda tidak perlu menyajikan bayam setiap hari, tetapi cukup sering melakukannya untuk menjaga kesehatan audiens Anda. Sebagai contoh, tips dan triks, review produk, demo produk, dll.


Dessert
Konten adalah konten yang  bersifat memanjakan diri - ini adalah konten yang bersifat menyenangkan, murni menghibur Anda, seperti infografis, kuis, atau video. Ini harus menjadi suguhan sesekali, dan bukan hal sehari-hari.


Bumbu
Apa arti hidup ini tanpa "bumbu" ? Tetapi, seperti layaknya bumbu itu sendiri, Anda tidak ingin berlebihan. Sesekali, Anda mungkin ingin membuat konten yang menantang seperti mengajukan pertanyaan sulit, atau memancing banyak respons.

Pelanggan tidak akan pernah bosan dengan informasi bermanfaat yang membantu mereka menjadi lebih baik dalam apa yang mereka lakukan. Semakin baik perusahaan berkontribusi untuk kehidupan mereka, semakin banyak juga mereka akan berkontribusi pada perusahaan.

Pelanggan potensial lebih mungkin untuk mengkonsumsi konten yang akan membuat mereka belajar dan mengenal produk lebih dekat. Hal ini kemudian akan mendorong mereka untuk membeli produk tersebut.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun