Sehubungan dengan judul tersebut, sebenarnya sudah sangat mengganggu pikiran saya sejak 4 bulan lalu walaupun secara kenyataan kasusnya sudah berjalan 6 bulan. Ya, 6 bulan karena Iuran Kartu Tambahan ditagihkan ke Bill Monthly pada bulan Desember 2014 lalu.
Saya adalah pemegang Kartu Kredit Bukopin Visa 4211 6701 0222 XXXX. Awalnya saya mendapat telepon dari CS KK Bukopin bahwa saya (promo katanya) mendapat fasilitas tambahan khusus untuk kartu kredit tambahan, pada saat ditawarkan dinyatakan bebas dari biaya untuk 3 orang keluarga saya dan tidak akan ditagih apapun selama tidak diaktivasi, maka saya menyetujuinya. Ternyata setelah mmemasuki tanggal masa berlaku kartu utama saya mendapati Bill Monthly dikenakan biaya tambahan kartu sebesar Rp 100.000 X 3 kartu.
Wah, kaget dong. Aktivasi tidak namun di charge iuran tahunan yang langsung dibebankan ke kartu kredit utama atas nama saya. Lalu saya menghubungi HALO BUKOPIN 14005 dan mengajukan keberatan sehubungan dengan penagihan iuran tahunan untuk ke-3 kartu tambahan tersebut. Saat itu oleh CS 14005 dibuatkan laporan namun saya tidak mencatat nomor laporannya sebab saya pikir pasti selesai masalahnya. Disarankan oleh CS agar melakukan pembayaran sebelum JT sesuai dengan jumlah yang tertera pada pembayaran minimum saat itu. Dan demi menjaga nama saya di BI, maka saya melaksanakan seperti apa yang disarankan saat itu.
Namun, saat Bill datang untuk bulan Januari 2015, pengembalian biaya iuran tahunan sebesar 300.000 tersebut tidak tertera pada bill Januari itu. Lagi saya menghubungi CS 14005 namun line teleponnya sangat-sangat menyebalkan. Sambung-putus-sambung lagi-disconnect tiba-tiba bahkan setelah tersambung sesuai arahan suara rekaman mesin penjawab... line telepon saya ke 14005 hanya hening tanpa suara.
Akhirnya saya menggunakan alternatif lain yaitu menggunakan fasilitas akun email sebagaimana yang tercantum pada link berikut http://www.bukopin.co.id/read/92/Layanan_Email.html ternyata gagal total karena reject. Pun dengan link www.bukopin.co.id/apski/form_keluhan sangat tidak membantu. Balik lagi hubungi 14005, masih sama.... sulit sekali terhubung. Saya berharap saat itu bahwa masalah akan selesai di bulan Februari 2015, namun lagi-lagi Bill bulan Februari 2015 masih belum juga ada pengembalian.
Mengingat bahwa sudah saya keluhkan sejak Bulan Januari 2015 dan hingga tagihan April 2015 masih belum juga selesai, maka akhirnya coba berkirim email via alamat email Bukopin Card Centre [mailto:ebilling@bukopin.co.id] sebagai berikut:
--------------------------
From: Mario Sjono [mailto:mariosjono@yahoo.co.id]
Sent: Friday, April 10, 2015 1:06 PM
To: 'Bukopin Card Centre'
Subject: RE: Elektronik Billing Kartu Kredit Bukopin Bulan April 2015
Yang terhormat CS Bukopin center,
Sehubungan dengan adanya tagihan 3 kartu KK tambahan sebesar IDR 300.000, proses pengembaliannya PHP saja ya ?
Sudah saya informasikan ke 14005 dan twitter pun follow up selama 3 bulan tanpa hasil. Jikalau memang sudah ditutup pada bulan Januari 2015 lalu mengapa tidak muncul pada tagihan Feb atau Maret maupun April 2015.
Kalau memang tidak bisa dikembalikan saya ikhlaskan saja, sehingga saya tidak perlu menghabiskan biaya telepon interlokal ke 14005 hanya untuk dipermainkan.
Atas perhatiannya diucapkan terimakasih.
Hormat saya,
Sumaryono
-----------------------------
Dan mendapat tanggapan akhirnya, sebagaimana saya kutip berikut ini:
From: customer_care [mailto:customer_care@bukopin.co.id]
Sent: Friday, April 10, 2015 4:25 PM
To: Mario Sjono
Subject: Elektronik Billing Kartu Kredit Bukopin Bulan April 2015
Dengan hormat Bapak Sumaryono,
Terima kasih atas kepercayaan Bapak kepada Bank Bukopin. Email Bapak telah kami terima dan akan segera kami tindaklanjuti .
Untuk informasi terkait produk dan layanan Bank Bukopin dapat diakses melalui www.bukopin.co.id atau menghubungi Halo Bukopin 14005 atau melalui ( 021 ) 2924405 atau +6221 29244005 ( akses dari luar negeri ).
Salam hormat,
Customer Care Center
Bank Bukopin, Tbk.
--------------------------------
Berharap masalah selesai, namun ternyata bunyi balsan email tersebut hanya sekedar basa-basi saja tanpa tindakan nyata. Berkeluhkesah di twitter via DM ke sejak 28 Maret hingga 27 Mei dan sampai Bill Tagihan Bulan Juni 2015, janji-janji hanya tinggal janji.......
---------------------------------
Mario Sjono @MarioSjono : Iya...terimakasih banyak semoga sehat selalu dan berkah. Amin
 27 May 15, 10:26amBank Bukopin @bukopinsiaga
kami sudah tingkat kan k level pengaduan ini. mohon tunggu proses pengembalian nya.
27 May 15, 10:13am
Selamat pagi, saya sudah lupa dimana catatan tersebut sbb sudah 5 bln lebih. Terimakasih sudah bantu.
27 May 15, 10:02am
masih menyimpan no pengaduan d 14005?
27 May 15, 10:02am
mohon maaf, atas keterlambatan info nya, kami sudah tingkat kan pengaduan ini k unit dan level yg lebih tinggi, bila ber kenan
8 May 15, 5:02pm
Trimakasih banyak atas php nya
8 May 15, 5:02pm
Haha... Saya Ikhlas kan klw tidak ada FU berarti dr Bukopin dan 14005 Semoga tetap membuat saya sehat jd bisa bayar KK Bill nya tiap bulan.
7 May 15, 11:01pm
Masalah saya yg sama dg ANZ dan Mandiri selesai dalam 1 bulan. Kenapa Bukopin tidak?
7 May 15, 10:56pm
14005 percuma dong saya telp Januari lalu, berbusa dan buang pulsa, ternyata CS nya php doang. 5 bulan bukan waktu sebentar menunggu clear
7 May 15, 10:54pm
Belum selesai juga masalah pengembalian dana 300k nya Min
7 May 15, 6:51pm
13 Apr 15, 6:40pm
Terimakasih buat semuanya. Semoga sehat selalu dan sukses. Amin
13 Apr 15, 6:25pm
sudah kami rekap dan tingkat kan level pengaduan nya, mohon tunggu penyelesaian nya,
11 Apr 15, 2:01am
Saya mengucapkan terima kasih banyak. Selamat pagi dan selamat beristirahat
11 Apr 15, 2:00am
Untuk menyelesaikan penutupan sehingga 3 bulan berjalan belum clear up juga? Demikian yang dapat saya sampaikan. Atas perhatian nya
11 Apr 15, 1:58am
Namun pada lembar tagihan KK utama bulan feb, Maret dan April belum ada posting pengembalian IDR 300k. Apakah butuh waktu lebih lama lagi
11 Apr 15, 1:57am
Namun tgl 5 Januari 2015 saya terima tagihan sebesar IDR 300k. Sudah saya complaint ke 14005 dan dibuatkan laporan penutupan 3 KK tersebut
11 Apr 15, 1:55am
Ada tagihan 3 kartu kredit tambahan. Sementara ke 3 KK tersebut tidak pernah saya aktivasi dan sudah saya laporkan sebelumnya
11 Apr 15, 1:50am
mohon maaf, bisa di jelaskan permasalahan nya? krn kami sdh copy paste permasalahan k unit terkait, tetap blm bs paham yg d permasalahakan?
10 Apr 15, 3:32pm
Siang Kakak. Belum. Dan saya sudah kirim email ke CS di customer.care@bukopin.co.id kalau ga salah. Terimakasih respon nya.
10 Apr 15, 2:52pm
hal ini yg belum selesai kah?
10 Apr 15, 2:51pm
Selamat pagi, Kakak Admin. Kata officer 14005 Jan 29, 2015 tagihan KK kartu tambahan sebesar 300 ribu akan dikembalikan di bulan Feb 2015 *1
10 Apr 15, 2:50pm
mas Mario, bisa lebih detail dijelaskan ttg :
8 Apr 15, 4:40pm
Saya tunggu lusa saja, billing pasti sudah cetak biasanya tgl 9. Kalau blm ada clarification u/ tag add cards baru saya telp lg. Tq
8 Apr 15, 3:18pm
Utk itu bs hubungi 14005
8 Apr 15, 12:11pm
Siang. Boleh tau berapa tagihan KK Bukopin 421167010222XXXX bulan ini ya Kak? Terimakasih sebelumnya
27 Mar 15, 11:35am
kami sudah tingkatkan pengaduan ini ke level berikut utk di selesaikan segera, mohon tunggu
26 Mar 15, 5:32pm
Hallo, it been a day for waiting good or bad news from your side. Please
26 Mar 15, 1:05pm
Siang Mimin, dah santap siang dong ya hehehe. Bagaimana hasil investigasi nya? Ada kabar baik or burukkah? Saya siap membacanya. Terimakasih
26 Mar 15, 8:23am
Baik kita follow up kembali. Mohon tunggu
26 Mar 15, 12:48am
Smoga kata2 Kakak Admin dibawah itu "semoga kedepan kami akan lebih baik" dpt mjd kenyataan yang sesungguhnya. Terimakasih dan selamat pagi.
26 Mar 15, 12:46am
Saya fikir problem solved bener-bener solved. Ternyata saya di PHP-in doang. Disitu kadang saya jengkel sekali, Min. pic.twitter.com
26 Mar 15, 12:43am
26 Mar 15, 12:43am
Tanpa realisasi nyata. Saya pikir kepercayaan bisa dipegang dari kata2 wlw by phone. pic.twitter.com/
26 Mar 15, 12:41am
Ternyata saya cek di bill KK tag Feb dan Mar 2015 belum juga ada proses pengembaliannya. Aduh, parah y officernya. Cuma bikin laporan aja *1
26 Mar 15, 12:40am
Selamat pagi, Kakak Admin. Kata officer 14005 Jan 29, 2015 tagihan KK kartu tambahan sebesar 300 ribu akan dikembalikan di bulan Feb 2015 *1
--------------------------------
Â
Dan sejak kemarin, tanggal 14 Juni 2015, line telepon 14005 hanya bisa putus sambung yang pada akhirnya hanya menambah biaya tagihan telepon saya tanpa (lagi-lagi) hasil.
Â
Demikian semoga menjadi evaluasi bagi Bank Bukopin dan pelajaran berharga bagi saya pribadi dan juga pengguna kartu kredit Bukopin lainnya, agar tidak tergiur dengan janji manis apalagi ditawarkan kartu tambahan.
Â
Nama: Sumaryono
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H