Mohon tunggu...
Vina Idamatusilmi
Vina Idamatusilmi Mohon Tunggu... Lainnya - Amateur Writer

Writer

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Karangrejo, Desa Ramah Penuh Kearifan Lokal

3 Oktober 2020   02:20 Diperbarui: 3 Oktober 2020   14:00 342
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Ekspektasi apa yang kamu tau tentang Karangrejo?

Kali ini saya akan sedikit berbagi cerita tentang kampung halaman saya,yang tidak banyak orang ketahui bahwa desa kecil itu ada di permukaan bumi ini.

Kampung halaman saya berada di Jawa Tengah ,lebih tepatnya di Desa Karangrejo ,Karangrejo masuk dalam bagian kabupaten kecil serta diapit oleh kabupaten – kabupaten yang dikenal oleh kebanyakan masyarakat ,mungkin bagi masyarakat yang sering wara – wiri melewati Jawa Tengah mengetahui.

Ya , bagi secuil masyarakat pasti mengetahuinya , Kota Purworejo

Letak geografisnya yang diapit oleh kota – kota besar seperti Magelang , Semarang , Kebumen dan Yogyakarta.Tetapi tidak tahu kenapa kota ini bisa sering tidak dikenali.Selama saya menempuh pendidikan di Jawa Timur, ketika saya berpergian memakai gojek , grab dan sebaginya saya sering ditanyai oleh pengemudinya , dari mana asal saya.Tetapi , setiap saya menjawab saya berasal dari Purworejo , tidak ada satupun orang yang tau kalau di Jawa Tengah terdapat kota bernama Purworejo.

Namun , pada suatu hari saya menghadiri acara di Bank BRI cabang Ngawi , ada pegawai BRI mengajak saya ngobrol ringan.

Banyak yang ditanyakan oleh beliau , tapi rasanya aneh karena beliau menggunakan bahasa jawa dengan sangat halus dan mengetahui kalau di Jawa Tengah terdapat Kota Purworejo,lanjut saya menanyakan apakah beliau berasal dari luar Jawa Timur , dan benar saja ternyata beliau dari Solo, Jawa Tengah.

Saya di sini belum berniatan untuk fokus menulis tentang Kota kecil ini, namun saya akan lebih berfokus pada lingkungan tepat tinggal saya.Langsung saja , nama desa saya sudah jelas tertera dalam judul.

Ya , Karangrejo

Saya kurang tau nama Karangrejo itu diambil dari kata apa atau berarti apa.Tatapi mendengar kata “Karang” saya berasumsi kalau itu dari kata “Pekarangan” yang artinya nanti kalian bisa cari sendiri di google.

Selanjutnya , sebagian besar mata pencaharian masyarakat Karangrejo sebagai petani , jika di lihat lahan pertanian dengan jumlah banyaknya tempat tinggal masyarakat , perbandingannya menurut saya hampir sama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun