Judul
Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia DiniÂ
Jurnal
Jurnal Pendidikan Anak Usia DiniÂ
Volume & Halaman
Volume 1 Issue 1 Pages 1 - 11
Tahun
2017Â
Penulis
Putri Hana Pebriana
Reviewer
Nurul Ma'rifah (20200110200020)
Tanggal
05 November 2020
Abstrak
   Abstrak dari jurnal ini berisi tentang perkembangan teknologi yang semakin canggih dan berkembang yang dapat menyebabkan berbagai pengaruh pola hidup manusia baik pola pikiran maupun perilaku. Salah satu perkembangan teknologi yang mempengaruhi perkembangan pikiran manusia adalah gadget. Gadget tidak hanya mempengaruhi pola pikir atau perilaku orang dewasa, namun juga mempengaruhi tingkah laku anak usia dini.
Latar Belakang Masalah
   Perkembangan teknologi berubah setiap harinya dengan cepat,teknologi muncul dengan  berbagai jenis dan fungsinya. Kebutuhan akan teknologi adalah salah satunya kebutuhan dasar saat ini. Masalah ini karena teknologinya yang sangat besar digunakan untuk berbagai tujuan. Teknologi tersedia dengan mudah karena ada harga yang murah dan ada yang mahal sesuai dengan kantong ekonomi penggunanya.
   Gagdet adalah suatu bentuk dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang. Tentu ada perkembangan teknologi sangat pesat yang mempengaruhi gaya hidup manusia dari segi mentalitas dan perilaku. Tentu saja dengan bantuan seperti gadget dapat mempermudah aktivitas manusia, agar tidak memakan waktu yang  panjang. Selain itu, penggunaan gadget secara internal tidak hanya mempengaruhi perilaku orang dewasa, anak-anak pun tak luput dari pengaruh penggunaan  gadget salah satunya dalam  keterampilan interaksi sosial.
Metode Penelitian
   Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka yaitu dengan menghubungkan penelitian dengan literatur yang ada dan mengisi celah dalam penelitian sebelumnya.
Hasil Penelitian
   Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan gadget yang diberikan para orang tua kepada anaknya adalah berdasarkan keinginan anaknya. Dengan tujuan untuk mengenalkan teknologi lebih dini dan memperluas jaringan persahabatan mereka karena dapat dengan mudah terhubung dengan media sosial yang tersedia. Penggunaan gadget pada anak usia dini lebih menyenangkan dibandingkan dengan bermain dengan teman sebayanya. Hal ini tak lepas oleh berbagai aplikasi permainan yang terdapat pada gadget anak-anak, yang tentunya lebih menarik perhatian anak-anak  dibandingkan dengan permainan-permaian yang terdapat di lingkungan sekitarnya.
   Secara tidak sadar, anak-anak sudah mengalami ketergantungan menggunakan gadget. Ketergantungan inilah yang menjadi salah satu dampak negatif yang sangat berpengaruh. Para responder menyebutkan bahwa dalam penggunaan gadget kebanyakan anak lebih menggunakannya untuk bermain. Dari hal kecil tersebut, anak yang awalnya senang bermain dengan temannya dapat berubah dengan terbiasanya diberikan gadget sebagai pengganti teman bermain.
Sering berbohong karena sudah tidak bisa lepas dengan gadgetnya, dengan kata lain anak akan mencari cara apapun agar tetap bisa menggunakan gadgetnya walaupun hingga mengganggu waktu tidurnya.
Pembahasan
Pengertian GadgetÂ
   Gadget merupakan salah satu media untuk berkomunikasi dengan tujuan untuk mempermudah kegiatan komunikasi manusia.
Pengertian Anak Usia Dini
   Anak usia dini adalah anak yang berusia 0-8 tahun yang sedang dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan, baik fisik maupun mental. Di samping itu, setiap anak memiliki keunikan sendiri-sendiri yang berasal dari faktor genetik atau bisa juga dari faktor lingkungan. Faktor genetik misalnya dalam hal kecerdasan anak, sedangkan faktor lingkungan bisa dalam hal gaya belajar anak.
   Hakikat anak usia dini adalah individu yang unik dimana ia memiliki pola pertumbuhan dan perkembangan dalam aspek fisik, kognitif, sosioemosional, kreativitas, bahasa dan komunikasi yang khusus yang sesuai dengan tahapan yang sedang dilalui oleh anak tersebut.  Â
   Anak-anak yang berada pada masa prasekolah berada pada periode yang sensitif, ia mudah menerima rangsangan-rangsangan dari lingkungan. Pada masa ini anak mulai peka untuk menerima berbagai stimulasi dan upaya pendidikan dari lingkungan baik disengaja atau tidak.
Pengertian Interaksi SosialÂ
   Interaksi sosial adalah hubungan atau komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan tujuan untuk saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya untuk mencapai tujuan tertentu, dalam hal ini dapat diartikan bahwa dalam interaksi sosial terdapat dalam hubungan antar individu, kelompok, yang merupakan hubungan yang dilakukan oleh manusia untuk bertindak terhadap sesuatu atas dasar makna yang dimiliki oleh manusia.
Karakteristik Interksi SosialÂ
- Interaksi antara imdividu dengan individu
- Interaksi antara individu dengan kelompok
- Interaksi antara kelompok dengan kelompok
Bentuk-bentuk Interaksi Sosial
- Interaksi antar status
- Interaksi antar kepentingan
- Interaksi antar keluarga
- Interaksi antar persahabatan
Kesimpulan
   Salah satunya pengaruh teknologi adalah  interaksi sosial pada anak usia dini. Interaksi sosial merupakan hubungan sosial yang dinamis,bersifat timbal balik antarindividu, antar kelompok, dan antara individu dengan kelompok. Interaksi sosial terjadi apabila satu individu melakukan tindakan sehingga menimbulkan reaksi bagi individu-individu lain. Interaksi sosial tidak hanya berupa tindakan yang berupa kerja sama, tetapi juga bisa berupa persaingan dan pertikaian. Berkaitan dengan pengaruh gadget terhadap interaksi sosial pada anak usia dini ternyata memberikan dampak negatif. Gadget juga ternyata secara efektif dapat mempengaruhi pergaulan sosial anak terhadap lingkungan terdekatnya. Selain itu, ia juga akan merasa asing dengan lingkungan sekitar karena kurangnya interaksi sosial selain itu anak juga kurang peka dan bahkan cenderung tidak perduli terhadap lingkungannya. Hal ini tentunya sangat membahayakan perkembangan sosial pada anak usia dini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H