Mohon tunggu...
Mariati
Mariati Mohon Tunggu... Guru - Guru Taman Kanak-kanak

Menjadi guru yang kreatif

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

LK 3.1 Best Practices dengan Menggunakan Metode STAR

29 September 2022   18:03 Diperbarui: 29 September 2022   18:08 185
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

LK 3.1 Menyusun Best Practices

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran


Lokasi

TK KARYA WANITA Kec. Teluk Keramat Kab. Sambas

Lingkup Pendidikan

Taman Kanak-kanak

Tujuan yang ingin dicapai

  • Anak dapat menunjukkan sikap kerjasama dalam kegiatan pembelajaran
  • Meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal simbol huruf

Penulis

Mariati, S.Pd

Tanggal

28 September 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Anak kurang menunjukkan sikap kerjasama dalam kegiatan pembelajaran

  • Kondisi yang menjadi latar belakang masalah
  • Anak-anak kurang menunjukkan sikap kerjasama dalam kegiatan pembelajaran yang diberikan oleh guru. Ketika pembelajaran, anak kurang mau berbagi tugas dalam kelompok, kurang menunjukkan sikap saling membantu dalam kegiatan dan juga kurang bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas kelompok yang diberikan.
  • Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan

Praktik ini penting untuk dibagikan karena

  • Dengan kegiatan yang diberikan dalam pembelajaran ini dapat menstimulasi sikap kerjasama anak dalam kegdeiatan pembelajaran seperti ketika kegiatan membuat maket rumah. Karena dalam kegiatan ini anak dituntut untuk dapat berinteraksi dengan teman kelompoknya, berbagi tugas dalam kegiatan kelompok, saling membantu dalam membuat maket rumah tersebut sehingga mereka dapat menyelesaikan tugas yang diberikan secara bersama-sama sampai selesai.
  • Praktik pembelajaran ini diharapkan bisa memotivasi guru untuk terus menciptakan media pembelajaran yang inovatif dan menarik bagi anak
  • Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini

Dalam praktik ini saya sebagai guru memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran.

  • Ketika menemukan suatu permasalahan dalam pembelajaran, guru berusaha mencari faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab dari masalah tersebut dan kemudian menentukan alternatif solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
  • Penentuan faktor penyebab dan alternatif solusi tersebut berdasarkan hasil wawancara yang telah saya lakukan  baik itu dengan teman sejawat, kepala sekolah maupun pakar dan juga mencari kajian-kajian literatur tentang masalah yang dihadapi.
  • Dalam melaksanakan pembelajaran dengan tujuan agar anak dapat menunjukkan sikap kerjasamanya maka guru perlu menyiapkan semua hal yang berkaitan dengan alternatif solusi yang dipilih seperti menyiapkan bahan ajar yang akan digunakan, memilih metode pembelajaran, memilih dan membuat media pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran seperti menyiapkan media maket rumah dan juga alat atau bahan yang akan digunakan dalam kegiatan tersebut. Ketika semuanya telah dipersiapkan maka kegiatan pembelajaran dapat dilaksanakan sesuai dengan perangkat pembelajaran yang telah disusun.

Anak kesulitan dalam mengenal  simbol huruf

  • Kondisi yang menjadi latar belakang masalah
  • Anak-anak kesulitan dalam mengenal simbol-simbol huruf a-z. Masih banyak ditemukan anak yang belum mengenal simbol-simbol huruf a-z.
  • Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan

Praktik ini penting untuk dibagikan karena:

  • Dengan kegiatan yang diberikan dalam pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal simbol huruf. Anak dapat menyebutkan simbol huruf yang terdapat pada kartu huruf tersebut.
  • Masalah tentang kemampuan anak dalam mengenal simbol huruf ini merupakan masalah yang sering dialami oleh semua guru sehingga dapat dijadikan referensi untuk pembelajaran kedepannya.
  • Dapat memotivasi guru untuk terus menciptakan media pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal simbol huruf.
  • Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini

Dalam praktik ini saya sebagai guru memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran.

  • Ketika menemukan suatu permasalahan dalam pembelajaran, guru berusaha mencari faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab dari masalah tersebut dan kemudian menentukan alternatif solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
  • Penentuan faktor penyebab dan alternatif solusi tersebut berdasarkan hasil wawancara yang telah saya lakukan baik itu dengan teman sejawat, kepala sekolah maupun pakar dan juga mencari kajian-kajian literatur tentang masalah yang dihadapi.
  • Dalam melaksanakan pembelajaran dengan tujuan agar anak dapat mengenal simbol huruf, maka guru perlu menyiapkan bahan ajar yang akan digunakan, memilih dan membuat media pembelajaran yang akan digunakan. Guru bertanggung jawab menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam kegiatan membuat kartu huruf untuk mengenalkan simbol huruf pada anak.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Anak kurang menunjukkan sikap kerjasama dalam kegiatan pembelajaran

  • Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut adalah

  • Penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan itu-itu saja. Untuk dapat menstimulasi sikap kerjasama anak guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik anak
  • Media pembelajaran yang digunakan hanya berupa gambar, papan tulis dan LKA saja. Kebanyakan kegiatan yang diberikan bersifat individual bukan kelompok. Guru perlu memilih media pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan karakteristik anak agar dapat merangsang anak untuk menunjukkan sikap kerjasamanya dalam kegiatan pembelajaran
  • Siapa saja yang terlibat
  • Pihak-pihak yang terlibat dalam pembelajaran ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik

Anak kesulitan dalam mengenal simbol huruf

  • Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut adalah

  • Kurangnya media pembelajaran untuk mengenalkan simbol huruf pada anak. Dalam hal ini guru harus mampu menciptakan media pembelajaran yang inovatif untuk mengenalkan simbol huruf pada anak
  • Stimulasi dalam pengenalan simbol huruf pada anak masih kurang. Oleh karena itu dalam pembelajaran seorang guru harus bisa memberikan stimulasi terhadap kemampuan anak dalam mengenal simbol huruf
  • Siapa saja yang terlibat
  • Pihak-pihak yang terlibat dalam pembelajaran ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Anak kurang menunjukkan sikap kerjasama dalam kegiatan pembelajaran

  • Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah

  • Pemilihan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini
  • Pemilihan media pembelajaran yang inovatif
  • Menstimulasi sikap kerjasama anak
  • Strategi apa yang digunakan

Strategi yang digunakan adalah

  • Menggunakan kegiatan proyek dalam menumbuhkan sikap kerjasama pada anak. Kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan proyek membuat maket rumah sederhana.
  • Media pembelajaran yang digunakan yaitu media maket rumah sederhana dari kardus bekas.
  • Dalam pembelajaran ini, anak diminta untuk mengerjakan kegiatan proyek membuat maket rumah sederhana yang dilakukan secara berkelompok. Dalam hal ini anak dituntut untuk berinteraksi dan bekerjasama dalam mengerjakan maket rumah tersebut sampai selesai secara berkelompok.
  • Bagaimana prosesnya
  • Guru mempersiapkan perangkat pembelajaran yang akan digunakan seperti RPPH, bahan ajar, LKPD dan juga instrumen yang akan digunakan dalam pembelajaran. Kemudian memilih metode yang akan digunakan yaitu metode proyek
  • Guru menyiapkan media yang akan digunakan yaitu maket rumah sederhana serta alat dan bahan yang akan digunakan untuk menghias maket rumah tersebut
  • Dalam kegiatan pembelajaran, anak diminta untuk mengerjakan proyek membuat maket rumah sederhana secara berkelompok dan dikerjakan secara bersama-sama sampai selesai. Anak dibagi menjadi 3 kelompok yang masing-masing kelompok mengerjakan kegiatan yang sama yaitu membuat dan menghias maket rumah sederhana. Anak diharapkan dapat berbagi tugas dan saling membantu dalam menyelesaikan maket rumah tersebut. Ada anak yang menempel miniatur pintu dan jendela dari kertas origami, menempel daun kering untuk atap rumah dan juga mengecat dinding maket rumah. Semuanya dilakukan anak secara bersama-sama dalam kelompok. Dalam kegiatan ini semua anak mau mengikuti kegiatan yang diberikan dengan bersemangat.
  • Siapa saja yang terlibat
  • Pihak-pihak yang terlibat dalam pembelajaran ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik
  • Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Sumber daya atau materi yang diperlukan adalah

  • Materi-materi tentang rumah, bagian-bagian rumah, video tentang rumah dan gambar-gambar rumah
  • Media maket rumah dari kardus bekas, kertas origami sebagai pintu dan jendela, lem, daun kering sebagai atap rumah, kuas dan juga pewarna makanan untuk mengecat rumah

Anak kesulitan dalam mengenal simbol huruf

  • Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah:

  • Pemilihan media pembelajaran yang inovatif
  • Menstimulasi kemampuan anak dalam mengenal simbol huruf
  • Strategi apa yang digunakan

Strategi yang digunakan adalah

  • Guru menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan mengenal simbol huruf yaitu media kartu huruf. Media kartu huruf ini nantinya akan digunakan dalam kegiatan menjepit huruf
  • Anak menjepit kartu huruf sesuai dengan huruf yang ada yaitu huruf k-u-p-u-k-u-p-u. Setelah anak menjepit kartu huruf tersebut, anak akan menyebutkan huruf apa yang ada pada kartu tersebut
  • Bagaimana prosesnya
  • Guru mempersiapkan perangkat pembelajaran yang akan digunakan seperti RPPH, bahan ajar, LKPD dan juga instrumen yang akan digunakan dalam pembelajaran. Kemudian guru memilih dan menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran yaitu media kartu huruf dari kata kupu-kupu, miniatur kupu-kupu sederhana dari gelas plastik dan tempat menjepit huruf dari kardus bekas. Dalam kegiatan pembelajaran ini, selain guru menyiapkan media pembelajaran anak juga dituntut untuk dapat membuat media pembelajaran tersebut.
  • Dalam kegiatan pembelajaran, anak-anak dibagi menjadi 2 kelompok. Ada yang membuat media kartu huruf dan ada yang membuat miniatur kupu-kupu sederhana dari gelas plastik.  Setelah itu barulah anak-anak melakukan kegiatan menjepit kartu huruf dari kata kupu-kupu. Setelah semua hurufnya dijepit maka anak diminta untuk menyebutkan huruf apa saja yang ada pada kartu huruf tersebut.
  • Siapa saja yang terlibat
  • Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik
  • Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Sumber daya atau materi yang diperlukan adalah

  • Materi-materi tentang kupu-kupu, video pembelajaran tentang kupu-kupu dan juga gambar kupu-kupu
  • Media kartu huruf untuk kegiatan menjepit huruf yang terdiri dari miniatur kupu-kupu sederhana dari gelas plastik, kartu huruf k-u-p-u-k-u-p-u dan penjepit baju

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Anak kurang menunjukkan sikap kerjasama dalam kegiatan pembelajaran

  • Bagaimana dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan?

Dampak dari aksi yang dilakukan adalah:

  • Guru dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak
  • Anak sangat tertarik dengan video pembelajaran yang diperlihatkan
  • Anak mau berbagi tugas dalam membuat maket rumah sederhana
  • Anak dapat saling membantu dalam mengerjakan maket rumah tersebut
  • Anak dapat mengerjakan maket rumah sederhana tersebut secara bersama-sama sampai selesai
  • Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?

Hasil dari langkah-langkah yang dilakukan sangat efektif dalam menumbuhkan sikap kerjasama pada anak. Hal ini dapat dilihat dari:

  • Dengan kegiatan proyek membuat maket rumah anak dapat berbagi tugas dalam menghias maket rumah tersebut dan tidak berebutan dalam pengerjaannya
  • Ketika membuat dan menghias maket rumah tersebut anak dapat saling membantu antar teman yang ada dikelompoknya seperti mengambilkan kuas, mengambilkan miniatur pintu dan juga yang lainnya
  • Anak sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti dan mengerjakan kegiatan proyek membuat maket rumah tersebut sehingga mereka dapat menyelesaikan tugas yang diberikan sampai selesai dan tidak ditemukan anak yang tidak mau mengerjakan kegiatan
  • Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan
  • Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat senang, antusias dan tertarik dengan media yang digunakan. Anak sangat antusias dan bersemangat mengerjakan kegiatan membuat maket rumah yang diberikan sampai selesai secara berkelompok tanpa ada yang berebutan dan tidak mau mengerjakan kegiatan
  • Respon guru lain dan kepala sekolah terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah mereka sangat mendukung dan setuju sekali dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Mereka menganggap pemilihan metode pembelajaran sangat sesuai dengan masalah yang sedang diselesaikan dan media yang digunakan juga dapat menarik minat anak sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal
  • Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?

Faktor keberhasilan dalam pembelajaran ini adalah

  • Pemilihan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik anak usia dini serta sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
  • Media pembelajaran yang digunakan lebih bervariasi, dapat menarik minat anak dan juga sangat mudah untuk digunakan dan dimainkan oleh anak usia dini.
  • Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
  • Pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut adalah untuk menumbuhkan sikap kerjasama pada anak dalam kegiatan pembelajaran, seorang guru perlu memilih metode pembelajaran yang tepat dan menggunakan media pembelajaran yang inovatif sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut dapat tercapai. Dengan menggunakan kegiatan proyek membuat maket rumah, anak dapat menunjukkan sikap kerjasamanya seperti dapat berbagi tugas dan dapat saling membantu dalam membuat dan menghias maket rumah tersebut.

Anak kesulitan dalam mengenal simbol huruf

  • Bagaimana dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan?

Dampak dari aksi yang dilakukan adalah:

  • Guru dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi anak
  • Anak sangat tertarik dengan materi dan video pembelajaran yang diperlihatkan
  • Anak dapat membuat media kartu huruf sendiri
  • Anak dapat membuat miniatur kupu-kupu dari gelas plastik
  • Anak dapat menjepit kartu huruf sesuai dengan kata kupu-kupu
  • Anak dapat menyebutkan simbol huruf yang ada pada kartu huruf yaitu huruf k-u-p-u-k-u-p-u
  • Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?
  • Hasil dari langkah-langkah yang dilakukan sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal simbol huruf. Dengan menggunakan media kartu huruf, anak dapat mengenal dan menyebutkan simbol huruf yang ada pada kartu huruf tersebut. Anak juga dapat menyebutkan huruf apa saja yang ada pada kata kupu-kupu.
  • Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan
  • Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat senang, antusias dan tertarik dengan media yang digunakan. Anak sangat bersemangat mengikuti kegiatan pembelajaran dari membuat media kartu huruf, membuat miniatur kupu-kupu dari gelas plastik dan kegiatan menjepit dan menyebutkan huruf-huruf dari kata kupu-kupu.
  • Respon guru lain dan kepala sekolah terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah mereka sangat mendukung dan setuju sekali dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Menurutnya, media pembelajaran dan kegiatan yang dipilih sangat menarik minat anak karena media yang dipakai sangat mudah digunakan dan sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Selain itu, dalam pembelajaran ini anak dilibatkan secara langsung membuat media media kartu huruf yang akan digunakan sehingga dapat memberikan pengalaman yang bermakna bagi anak.
  • Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?
  • Faktor keberhasilan dalam pembelajaran ini adalah pemilihan media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Media yang digunakan juga sangat mudah dimainkan oleh anak. Selain itu, kegiatan main yang diberikan juga sangat sesuai dengan anak usia dini yaitu melalui kegiatan belajar sambil bermain dan juga anak dilibatkan secara langsung dalam membuat sendiri media kartu huruf tersebut sehingga memberikan pengalaman yang bermakna bagi anak.
  • Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
  • Pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut adalah untuk mengenalkan simbol huruf pada anak diperlukan media pembelajaran yang menarik dan inovatif yang dapat membuat anak senang mengikuti pembelajaran. Guru harus lebih kreatif lagi dalam menciptakan berbagai media pembelajaran untuk dapat menarik minat anak dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Dengan menggunakan media kartu huruf dalam kegiatan menjepit huruf, anak dapat menyebutkan simbol huruf yang ada pada kartu huruf tersebut.


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun