Mohon tunggu...
Mariati
Mariati Mohon Tunggu... Guru - Guru Taman Kanak-kanak

Menjadi guru yang kreatif

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Gelas Angka Warna-warni

4 September 2022   16:30 Diperbarui: 4 September 2022   16:30 735
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tujuan Utama : 

Dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bilangan 1-10

Tujuan pendukung : 

  • Anak dapat membilang 1-10 dengan biji-bijian
  • Anak dapat menjawab pertanyaan yang lebih kompleks
  • Anak dapat memasukkan biji-bijian sesuai dengan gelas angka
  • Anak dapat menunjukkan hasil karyanya

Alat : 

Gunting, lem dan double tip

Bahan :

Gelas plastik, kertas origami, angka-angka dan biji-bijian

Prosedur pembuatan : 

  • Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan
  • Tempelkan kertas origami pada gelas plastik
  • Gunting angka-angka yang akan digunakan
  • setelah semua gelas dilapisi kertas origami dan semua angka telah digunting, kemudian kita tempelkan angka-angka tersebut pada gelas plastik yang telah disiapkan
  • setelah semuanya ditempel, maka gelas angka tersebut sudah dapat digunakan

Prosedur penggunaan :

1. Guru

  • Pertama-tama, guru menyiapkan gelas angka warna-warni dan biji-bijian yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran
  • Kemudian, guru memperlihatkan media yang akan digunakan kepada anak
  • Selanjutnya guru menjelaskan tata cara penggunaan media tersebut.
  • Setelah itu, guru mempersilahkan anak untuk mengikuti pembelajaran terutama dalam menggunakan media gelas angka warna-warni

2. Anak

  • Anak mengamati langkah-langkah penggunaan media pembelajaran yang disampaikan oleh guru
  • Setelah itu barulah anak memainkan media pembelajaran tersebu
  • Anak mengambil satu buah gelas angka warna-warni dan melihat angka yang ada pada gelas tersebut
  • Kemudian anak mengambil biji-bijian dan memasukkan biji-bijian sesuai dengan jumlah angka yang ada pada gelas angka tersebut.
  • Kemudian guru menanyakan angka berapa yang diambilnya dan melihat apakah angka yang ada pada gelas sesuai dengan jumlah biji-bijian yang dimasukkannya
  • Anak melakukan kegiatan tersebut secara berulang-ulang dengan menggunakan gelas yang lain secara bergantian dengan temannya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun