Tujuan Utama :Â
Dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bilangan 1-10
Tujuan pendukung :Â
- Anak dapat membilang 1-10 dengan biji-bijian
- Anak dapat menjawab pertanyaan yang lebih kompleks
- Anak dapat memasukkan biji-bijian sesuai dengan gelas angka
- Anak dapat menunjukkan hasil karyanya
Alat :Â
Gunting, lem dan double tip
Bahan :
Gelas plastik, kertas origami, angka-angka dan biji-bijian
Prosedur pembuatan :Â
- Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan
- Tempelkan kertas origami pada gelas plastik
- Gunting angka-angka yang akan digunakan
- setelah semua gelas dilapisi kertas origami dan semua angka telah digunting, kemudian kita tempelkan angka-angka tersebut pada gelas plastik yang telah disiapkan
- setelah semuanya ditempel, maka gelas angka tersebut sudah dapat digunakan
Prosedur penggunaan :
1. Guru
- Pertama-tama, guru menyiapkan gelas angka warna-warni dan biji-bijian yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran
- Kemudian, guru memperlihatkan media yang akan digunakan kepada anak
- Selanjutnya guru menjelaskan tata cara penggunaan media tersebut.
- Setelah itu, guru mempersilahkan anak untuk mengikuti pembelajaran terutama dalam menggunakan media gelas angka warna-warni
2. Anak
- Anak mengamati langkah-langkah penggunaan media pembelajaran yang disampaikan oleh guru
- Setelah itu barulah anak memainkan media pembelajaran tersebu
- Anak mengambil satu buah gelas angka warna-warni dan melihat angka yang ada pada gelas tersebut
- Kemudian anak mengambil biji-bijian dan memasukkan biji-bijian sesuai dengan jumlah angka yang ada pada gelas angka tersebut.
- Kemudian guru menanyakan angka berapa yang diambilnya dan melihat apakah angka yang ada pada gelas sesuai dengan jumlah biji-bijian yang dimasukkannya
- Anak melakukan kegiatan tersebut secara berulang-ulang dengan menggunakan gelas yang lain secara bergantian dengan temannya
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!