Suatu perusahaan mempunyai strategi untuk meningkatkan brand awareness pada masyarakat. Salah satu dari strategi tersebut dengan menggunakan media sosial untuk meningkatkan brand awareness dan memasarkan brand tersebut.Â
Penggunaan media sosial tersebut, maka dibutuhkan social media manager yang mempunyai tugas untuk menciptakan reputasi yang baik. Seorang social media manager dituntut untuk mempunyai pemikiran yang kreatif dan inovatif agar  media sosial suatu perusahaan menjadi menarik. McDonald's Indonesia menjadi  salah satu perusahaan yang memiliki media sosial dengan konten yang  menarik dan konsisten.
Media Sosial McDonald's Indonesia
Akun  Twitter dan Instagram dari McDonald's Indonesia rutin memposting setiap  minggunya dan terhitung minimal tiga kali dalam seminggu. Postingan  kedua media sosial tersebut diposting secara bersamaan dan memuat  infomasi yang sama. Jumlah followers dari akun twitter McDonald's Indonesia (@McDonalds_ID) berjumlah 84.983 dan pada akun instagram (@mcdonaldsid) berjumlah 361 ribu followers.  Perbedaan postingan pada akun twitter dan instagram McDonald's Indonesia yaitu pada akun twitter hanya berisi konten promosi sedangkan pada akun instagram selain berisi konten promosi juga sebagai media untuk konsumen menyampaikan kritik dan saran.
Jika dilihat dari responsibilities of the social media manager, penulisan pada akun Twitter dan Instagram dari McDonald's Indonesia dapat dinilai dengan beberapa kriteria dibawah ini :
1. Identify Target Customers
Akun Twitter dan Instagram dari McDonald's Indonesia sudah sesuai dengan target yaitu anak muda  atau generasi millenial dan masyarakat yang aktif menggunakan media  sosial. Selain itu, McDonald's Indonesia juga memilih keluarga untuk  menjadi target mereka untuk beberapa produk tertentu seperti produk Happy Meal. Agar pesan dapat tersampaikan kepada target sasaran maka konten media sosial menggunakan caption yang menarik dan menggunakan bahasa sehari-hari.Â
Pada setiap promonya,  McDonald's Indonesia melibatkan konsumen untuk menggunakan aplikasi yang  ditawarkan. Bahasa yang digunakan sangat santai seperti "double tap jika kamu udah ga sabar" bertujuan untuk membangun kedekatan antara McDonald's dengan konsumen. Beberapa  foto pada akun twitter dan instagram didesain lebih berwarna dan menggunakan model anak muda bertujuan agar pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh target sasaran. Tidak hanya itu,  pada akun Instagram menawarkan berbagai challenge yang dapat diikuti oleh semua konsumen.
Akun twitter dan instagram McDonald's Indonesia mempunyai tujuan yang jelas yaitu mempromosikan brand untuk menciptakan brand awareness, membangun kedekatan dengan konsumen, dan tidak memunculkan konten penjualan produk. Konten pada akun twitter dan instagram tidak menampilkan harga produk dan hanya harga-harga promo saja yang  ditampilkan. Tujuan ini terealisasikan dengan memposting berbagai  promosi produk baru dan promo untuk pembelian.Â
Pada akun twitter dan instagram dalam membangun kedekatan konsumen juga sesekali menggunakan sapaan  "McD'ers" dan membalas setiap komentar kritik maupun saran dari  konsumen. Admin McDonald's selalu konsisten dalam menjalankan tujuan  adanya social media sehingga konten yang ditampilkan selalu  rapi dan fokus pada tujuan utama. Konten yang konsisten juga ditunjukan  dengan menampilkan gambar maupun postingan yang sama persis pada semua  social media McDonald's Indonesia.
Pada  tampilan visual Twitter dan Instagram, akun McDonald's Indonesia selalu  menampilkan gambar pada setiap postingannya. Tampilan visual tersebut  dinilai cukup menarik perhatian dengan menampilkan bentuk produk yang  cukup menggugah selera. Namun sangat disayangkan tampilan visual  tersebut realitanya berbeda dengan ketika pembeli datang dan  mengkonsumsi langsung produk tersebut. Produk aslinya dinilai mempunyai  ukuran lebih kecil daripada tampilan visualnya. Tampilan visual pada  akun twitter setiap postingannya menampilkan foto maupun video teaser dengan durasi 3 sampai 6 detik.Â
Pada akun Instagram, setiap postingannya tampilan visual di upload mirip dengan tampilan visual di Twitter dan sesekali tampilan di Instagram menggunakan konsep feeds.Tampilan  visual pada kedua akun tersebut selalu menggunakan logo McDonald's pada  setiap ujung dari gambar. Warna merah dan kuning juga mendominasi  setiap gambar sesuai dengan identitas McDOnald's Indonesia tergantung dari konten produk yang ditampilkan. Konten  visual pada kedua akun tersebut menggunakan permainan verbal yang  menarik dan permainan warna yang eye catching.
4. Promotion Strategy
McDonald's Indonesia mempromosikan brandnya menggunakan social media twitter dan instagram dengan menampilkan berbagai promosi atau pengenalan produk baru maupun  promo untuk pembelian produk.  Selain itu, McDonald's Indonesia juga  mempromosikan produknya melalui berbagai challenge bagi konsumen agar lebih tertarik untuk membeli. Selain menggunakan challenge, strategi promosi dari McDonald's adalah adanya potongan harga dan penawaran promo produk lainnya.
Seperti contohnya promo pada instagram yaitu penukaran kupon pada kalender maupun agenda McD untuk mendapatkan  McFlurry Choco gratis. Selain itu salah satu promo pada akun twitter yaitu dengan mendownload aplikasi McDelivery Apps maka konsumen dapat  memesan dengan praktis paket Rame-Rame Ayam McD dengan The Botol Sosro 1  liter.
McDonald's  mampu menarik minat konsumen untuk mengkonsumsi McDonald's dengan  ajakan "yuk ke McD sekarang". Pada setiap postingannya, admin  menyisipkan kalimat bahwa menu dari McDonald's cocok untuk konsumen yang  menyukai makanan olahan daging ayam maupun mempunyai gaya hidup "nongkrong".  Promo yang diadakan oleh McDonald's pun selalu disisipkan kalimat  ajakan untuk membeli di McD seperti "Yuk, instal sekarang dan datang ke  McD".Â
Selain itu, admin dari McDonald's Indonesia ingin membangun  kedekatan dengan konsumen melalui konten seperti ucapan hari raya,  ucapan Hari Kartini dan lain sebagainya. Sapaan kepada konsumen dengan  menggunakan istilah "McD'ers" juga salah satu strategi McDonald's untuk  membangun kedekatan dan menarik minat beli konsumen. Selain itu, untuk  membangun kedekatan dengan konsumen, admin instagram McDonald's juga  sesekali membalas komentar berupa kritik dan saran dari konsumen. Hal  ini dapat menunjukan tanggung jawab dari admin sekaligus untuk membangun  kedekatan dengan konsumen.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H