Mohon tunggu...
Maria Sri Dian Pratama
Maria Sri Dian Pratama Mohon Tunggu... Guru - Guru Matematika

Saya sangat suka menyanyi dan membaca komik.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi Antarmateri Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi

30 Agustus 2024   20:59 Diperbarui: 30 Agustus 2024   21:14 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.1

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI


Maria Sri Dian Pratama S.Pd.

CGP A11, kelas 58

Kabupaten Sikka

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar dapat memenuhi keragaman kebutuhan belajar peserta didik. spasi di dalam kelas diferensiasi dapat dilakukan dalam tiga cara yaitu diferensiasi konten diferensiasi proses dan diferensiasi produk. Pembelajaran berdiferensiasi akan menjadi pembelajaran yang menyenangkan karena mampu mengakomodir keragaman peserta didik baik dari minat, kesiapan belajar dan profil belajar.

Pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar  peserta didik karena pembelajaran berdiferensiasi dirancang dengan menggunakan data kebutuhan belajar peserta didik hal ini berupa kesiapan belajar minat dan profil belajar peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi yang  dirancang berdasarkan data asesmen diagnostik tentu saja akan mengatasi masalah yang  ada pada pembelajaran sebelumnya.

 Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengintegrasikan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara, nilai dan -peran guru penggerak prakarsa perubahan sekolah dan budaya positif di sekolah. Pembelajaran berdiferensiasi mengintegrasikan Filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara melalui merancang pembelajaran berdiferensiasi yang berpusat pada peserta didik pembelajaran berdiferensiasi tentu saja meletakkan kepentingan peserta didik di atas segalanya karena seorang guru harus berhamba kepada peserta didik

 Nilai dan peran guru penggerak menjadi sangat penting Karena proses merancang  memerlukan kolaborasi bersama dengan rekan guru yang lain. Seorang guru penggerak dapat meminta saran dan masukan Berdasarkan pengalaman rekan guru. Hal itu tentu saja akan memperkaya sudut pandang seorang guru penggerak dalam merancang pembelajaran berdiferensiasi yang berpihak kepada peserta didik.

 Selain nilai dan peran guru penggerak visi prakarsa perubahan sekolah juga memegang peranan penting dalam menyusun pembelajaran berdiferensiasi. Prakarsa perubahan sekolah memberikan gambaran secara lebih besar mengenai bagaimana seorang guru harus bertindak dan berperilaku agar perubahan yang positif dapat terjadi di sekolahnya. Prakarsa perubahan sekolah Tentu juga memuat budaya positif yang sudah seharusnya diterapkan di lingkungan sekolah. sehingga seorang guru mampu menuntun peserta didik sesuai dengan kodratnya dengan tetap memperhatikan kemampuan pengetahuan keterampilan dan sikapnya.

 Uraian di atas memberi gambaran jelas bahwa pembelajaran berdiferensiasi perlu mengintegrasikan hal-hal tersebut dan dapat terlaksana dengan baik karena seorang calon guru penggerak telah berani untuk bergerak dan menggerakkan  minimal rekan sejawat di sekolah untuk melakukan prakarsa perubahan sekolah menuju ke arah yang lebih baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun