Mohon tunggu...
Mariana Warni
Mariana Warni Mohon Tunggu... Guru - SD Negeri 04 Keranji

Olah Raga Volly

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode STAR

18 Februari 2024   18:00 Diperbarui: 19 Februari 2024   06:58 445
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

LAPORAN LK 3.1 BEST PRACTICE

Menyusun Cerita Praktik Baik ( Best Practice) menggunakan metode Star

(Situasi, tantangan,Aksi, Refleksi hasil dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi permasalahan Siswa dalam pembelajaran

OLEH

MARIANA WARNI

F4301231908

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK

TAHUN 2024

PENDAHULUAN

Motivasi belajar merupakan hal yang penting yang dapat menentukan suatu keberhasilan belajar peserta didik.keberhasilan belajar akan tercapai apabila peserta didik  memiliki kemampuan dan dorongan untuk belajar.

Selain motivasi belajar peserta didik,seorang guru juga harus menguasai strategi dalam pembelajaran,baik dari segi penggunaan media,metode pembelajaran yang di pilih juga harus sesuai dengan materi agar pembelajaran lebih efektif.

Berdasarkan latar belakang  tersebut,maka model dan media pembelajaran yang dibutuhkan agar pembelajaran lebih inovatif yang sesuai dengan karakter peserta didik, maka model pembelajaran yang dapat di gunakan adalah model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis TPACK berbentuk alat peraga  benda konkret dan media pembelajaran inovatif.

 

TUGAS MANDIRI PPG DALAM JABATAN KATEGORI 3 GELOMBANG 2

UNIVERSITAS TANJUNG PURA PONTIANAK

TAHUN 2023

LK-3. Panduan Penyusunan Laporan Best Practice

Nama                                 :  Mariana warni

No. UKG                            :  201503331782

Kelas/Kelompok           :  Daljab 3 Kelas 6 / Kelompok C

Asal Instansi                   :  SD Negeri 04 Keranji

Menyusun Cerita Praktik Baik (best Practice) menggunakan Metode Star (Situasi,Tantangan,Aksi,Refleksi Hasil dan Dampak)

Terkait pengalaman Materi Permasalahan Pesserta Didik dalam Pembelajaran

Lokasi   SD Negeri 04 Keranji

Lingkup Pendidikan        Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin di capai            Meningkatkan Pemahaman peserta didik pada penerapan nilai-nilai pancasila  sila ketiga dengan tepat dalam kehidupan sehari-hari dan di rumah, dengan model pembelajaran PBL

Penulis Mariana  Warni

Tanggal               23 Januari 2024

Situasi :

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan,apa yang menjadi peran dan tanggung jawab Anda dalam praktik ini

Rendahnya keaktifan peserta didik kelas II dalam pembelajaran tematik PPKn dan Bahasa Indonesia,

kondisi yang menjadi latar belakang masalah antara lain :

1.           Pendidik menggunakan media yang belum tepat

2.           Peserta didik masih terbiasa dengan cara pembelajaran konvensional

3.           Peserta didik sering asik sendiri atau mengobrol dengan teman sebangku pada saat pembelajaaran

Mengapa praktik ini penting untuk di bagikan ?

Praktik pembelajaran ini menjadi motivasi dan solusi untuk membuat inovasi baru dalam pembelajaran, dan bisa di jadikan motivasi juga referensi bagi rekan-rekan guru yang mengalami hal yang sama sehingga dapat memberikan dampak positif, perubahan atau motivasi pada kegiatan pembelajaran yang akan di lakukan kedepannya.

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab ada dalam praktik ini ?

Adapun peran dan tanggung jawab saya dalam praktik pembelajaran ini adalah untuk menyelesaikan permasalahan yang di hadapi pendidik dan peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut,siapa saja yang terlibat.

Tantangan yang saya hadapi untuk mencapai tujuan tersebut antara lain :

1.           Pembelajaran menggunakan media gambar untuk memunculkan masalah dan video untuk penjelasan materi

2.           Pemilihan media ajar yang mudah sehingga peserta didik dapat memahami dengan cepat dan memudahkan peserta didik untuk selalu mengingatnya.

3.           Memotivasi peserta didik yang masih lamban dan malas dalam mengerjakan soal yang diberikan agar menjadi lebih semangat dan aktif

Tantangan-tantangan tersebut menjadikan seorang pendidik harus lebih kreatif dan selalu menerapkan media-media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan materi

Agar itu semua dapat terwujud pendidik berperan aktif melibatkan diri dalam pengelolaan pembelajaran dikelas semenarik mungkin,melibatkan kepala sekolah sebagai penasehat, masukan dari teman sejawat juga sangat membantu,dan peran peserta didik sebagai objek juga sangat berpengaruh dalam pelaksanaan rencana aksi.

Aksi :

Langkah–Langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut,strategi apa yang digunakan,bagaimana prosesnya,apa saja sumber daya/materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi tersebut.

 

Langakh-langkah yaang perlu di lakukan agar dapat mengatasi tantangan tersebut antara lain :

1.           Memilih model pembelajaran yang inovatif dan interaktif

2.           Memanfaatkan waktu dengan baik agar semua kegiatan dapat terlaksana dengan baik

Bagai mana prosesnya yaitu :

1.           Melakukan penerapan model pembelajaran yang inovatif dengan bahan ajar yang menarik dengan metode yang interaktif

2.           Menggunakan model pembelajaran PBL,di mana proses pembelajarannya terarah dengan tahap-tahap/sintak-sintak yang disesuaikan dengan urutan yang ada kedalam pembelajaran,di kolaborasikan dengan TPACK sehingga peserta didik lebih mudah memahami materi pembelajaran yang tepat.

Strategi yang dapat di lakukan yakni :

1.           Menggunakan media pembelajaran interaktif,contoh : video

2.           Menggunakan pembelajaran yang inovatif penerapan langsung

3.           Menggunakan media konkrit yang ada di sekitar sekolah

Sumber daya atau materi yang dapat di gunakan

Laptop,proyektor, media gambar, LKPD,media konkrit yang ada di lingkungan sekolah seperti batu untuk pelajaran matematika penjumlahan di kelas 1 dan 2

Refleksi :

Refleksi hasil : bagaimana dampak dari aksi terhadap langkah-langkah yang dilakukan,apakah hasilnya efektif/tidak, mengapa dan bagaimana respon siswa terkait strategi yang dilakukan apa yang menjadi faktor keberhasilan/tidak berhasilan daristrategi yang dilakukan.

Dampak dari langkah-langkah aksi yang dilakukan yaitu

1.           minat peserta didik untuk belajar meningkat

2.           pembelajaran menjadi lebih menarik dan inovatif

3.           peserta didik menjadi lebih aktif

Dampak tersebut menunjukkan hasil yang efektif, terbukti dengan

a.           tujuan pembelajaran tercapai

b.           hasil belajar peserta didik meningkat

c.           pembelajaran menjadi lebih menarik dan tumbuhnya minat peserta didik untuk belajar

Respon peserta didik sangat positif terbukti dengan semangat belajar dan nilai yang di peroleh saat menjawab evaluasi yang menunjukkan hasil yang memuaskan.

Keberhasilan tersebut didukung oleh beberapa faktor antara lain :

Manajemen waktu yang baik,persiapan yang matang mulai dari persiapan  tujuan pembelajaran, bahan ajar, modul ajar, LKPD, media, penilaian, serta penggunaan metode yang inovatif.

Kesimpulan

Berdasarkan data yang d temukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa peserta didik telah berhasil meningkatkan hasil belajarnya,dengan penerapan model problem based learning 

( PBL) peserta didik lebih termotivasi untuk belajar dan pembelajaran menjadi lebih inovatif.

Daftar pustaka

PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/download/129/126/ PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

https://onesearch.id/Record/IOS3183.6268/TOC

Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Video Pembelajaran untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

https://www.neliti.com/publications/451214/model-pembelajaran-problem-based-learning-berbasis-video-pembelajaran-untuk-meng

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun