Mohon tunggu...
Maria Mediatrix
Maria Mediatrix Mohon Tunggu... Foto/Videografer - mahasiswa

Masih belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Yuk Kenali SEO dan SEM!

24 November 2020   16:12 Diperbarui: 24 November 2020   16:19 273
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

When someone types a keyword into the search box, there are only two possible outcomes : They will find you or they will find your competitor. - Arnie Kuenn and Michael Schwartz (2010).

Google, Yahoo, dan Bing tentunya tidak asing lagi. Ketiga nama tersebut merupakan search engine atau mesin pencari yang digunakan masyarakat untuk mencari informasi terkini.

Search Engine Optimization (SEO) merupakan proses untuk mengoptimalkan performa laman website untuk mencapai suatu target pencarian dengan cara melihat aktivitas dan keterikatan antara laman website tersebut dengan khalayak.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara membuat kata kunci yang unik yang mewakilkan keseluruhan informasi dalam laman website. Kata kunci unik yang dibuat dapat memunculkan laman website menjadi paling depan dalam mesin pencarian dan mudah diakses oleh khalayak.

Selain itu, cara SEO adalah penulis website dapat mendesain serta membuat tulisan semenarik mungkin agar khalayak tidak merasa jenuh saat mengunjungi laman website tersebut.

SEO juga diperuntukkan untuk artikel yang tidak berbayar, serta cenderung berisi informasi naratif. Hal ini tentunya berbeda dengan Search Engine Marketing (SEM) yang diperuntukkan untuk meningkatkan keterikatan dan traffic antara khalayak dengan laman website berbayar yang digunakan untuk mempromosikan suatu barang atau jasa.

Posisi #1 dalam pencarian di mesin pencari dapat memberikan kesempatan untuk laman website anda diklik oleh khalayak sebesar 43%, hal ini nantinya akan meningkatkan engagement anda dengan khalayak.

Selain itu, link-link artikel terkait yang ada di laman website anda harus saling terhubung. Hal ini diperuntukkan untuk menambahkan engagement artikel anda lainnya dan juga menjadi sumber data informasi yang anda cantumkan dalam laman website anda.

Kata kunci dalam setiap artikel laman website juga menjadi aspek penting agar khalayak dapat menemukan laman website anda serta, mempermudah untuk menetapkan segmentasi pembaca yang ingin dijangkau. Jika membuat target dalam pembaca anda yang disesuaikan dengan tema dari laman website anda, munculnya potensi untuk terjadinya diskusi di ruang publik akan sangat besar.

Jika ada kemunculan diskusi di ruang public tersebut engagement  laman website anda akan meningkat. Hal itu tentunya juga harus dibarengi dengan kualitas konten yang dimiliki oleh laman website. Artikel yang dikemas dengan menarik dan topik yang sedang dibicarakan saat itu menjadi poin tambahan bagi pembaca dan tentunya akan menarik banyak pembaca untuk terus membaca artikel yang ada di laman website anda.

Kemudian, tidak berhenti di langkah tersebut. Intensitas dalam membuat artikel anda akan juga mempengaruhi peringkat artikel dalam SEO. Hal tersebut dikarenakan, semakin konsisten anda memperbaharui artikel anda dalam laman website dan mendapatkan jumlah pembaca yang banyak dengan engagement tinggi.

Hal itu akan menempatkan artikel anda pada halaman utama dalam mesin pencari. Artikel dalam laman website anda akan menjadi laman website  terpercaya dan direkomendasikan dalam mesin pencarian.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun