Mohon tunggu...
Maria G Soemitro
Maria G Soemitro Mohon Tunggu... Freelancer - Volunteer Zero Waste Cities

Kompasianer of The Year 2012; Founder #KaisaIndonesia; Member #DPKLTS ; #BJBS (Bandung Juara Bebas Sampah) http://www.maria-g-soemitro.com/

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Sukses Hasilkan Konten Kreator, JNE Majukan Ekonomi Kreatif Indonesia

25 Juli 2023   17:27 Diperbarui: 25 Juli 2023   19:15 170
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: JNE Content Competition 2023

"Paket!" Baik penerima maupun pengirim paket, pastinya kerap merindukan satu kata ini, ya? Tanpa menyadari keberadaan paket yang bergerak dari suatu kawasan ke kawasan lain, telah memajukan ekonomi negara.

Sebagai perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian, JNE yang berdiri sejak 1990 atau JNE 32 tahun,  paham banget akan hal tersebut. Tak bisa sendirian, seluruh pihak harus turut berpartisipasi mewujudkannya.

Karena itu, untuk ke 10 kalinya, JNE menyelenggarakan JNE Content Competition 2023, dengan tema "Semangat Bergerak Bangkit Bersama". Agar JNE yang selalu berproses, bertumbuh dan bergerak dalam perjalanan perusahaan, dapat menebarkan energi positif dan optimisme bagi masyarakat Indonesia agar terus maju, adaptif dalam berkarya, serta berinovasi dalam beragam program kolaborasi.

Berlangsung sejak tahun 2011, hingga kini tahun 2023, JNE Content Competition berhasil menjaring 3000 peserta dan mengumpulkan 6.300 karya inspiratif dari seluruh Indonesia.

Mahasiswa dan pelajar sebagai kelompok masyarakat yang kaya akan gagasan, mulai ditambahkan pada kompetisi tahun ini. Harapannya, karya mereka akan memotivasi dan memberikan hasil karya yang berbeda dengan kategori lainnya.

Puncak acara, yaitu Awarding Content Competition 2023 sukses terselenggara pada Senin, 10 Juli 2023 silam. Bertempat di Rumah Wijaya Deep Space, Jl. Wijaya V No. 6, RT 03/05, Melawai, Jakarta Selatan, bersama penyelenggara kompetisi Kumparan, pemenang diumumkan melalui situs Kumparan dan JNEWS Online, serta Instagram @JNE_ID.

Hadir pada acara penyerahan hadiah yang diselenggarakan secara hybrid, 48 pemenang dengan 4 kategori, serta dewan juri yaitu: Maman Suherman, Martha Suherman, Ario Anindito.

Dipandu oleh MC Ario Astungkoro, gelaran penuh makna ini juga dihadiri:

  • Joshua Puji Mulia Simanjuntak, Staff Khusus Menteri Bidang Produktivitas, Nilai Tambah Kekayaan Intelektual dan Daya Saing, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia
  • M. Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE
  • Eri Palgunadi, Marketing Group Head JNE

Terkesan akan aktivitas JNE yang sangat menginspirasi, Bapak Joshua Simanjuntak, Staff Khusus Menteri Bidang Produktivitas, Nilai Tambah Kekayaan Intelektual dan Daya Saing  mengucapkan:

"Kami menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada JNE yang telah menyelenggarakan Content Competition yang ke 10 yang sangat luar biasa sekali. Walaupun sebagai perusahaan logistik, namun memberikan perhatian besar kepada dunia kreativitas. Yang dengan kategori literatur, foto, design, dan video tentu hasilnya akan memberikan inspirasi kepada masyarakat luas."

Selanjutnya Bapak Joshua Simanjuntak juga mengapresiasi JNE yang telah membuat terobosan-terobosan, diantaranya dengan bekerja sama dengan stakeholder, agar sektor  logistik dapat memberikan kontribusi kepada para pelaku ekonomi kreatif yang lebih kompetitif.

Suatu keniscayaan diwujudkan JNE yang tadinya hanya sekadar mengirimkan, menjadi penghubung kebahagiaan sesuai tagline "Connecting Happiness". Hal tersebut diutarakan Bapak Eri Palgunadi selaku Marketing Group Head JNE, yang berujar:

"JNE sebagai sebuah organisasi dengan usianya 33 tahun kita akan selalu mendukung industri kreatif, dan hal ini menjadi sumbang kasih kita untuk kemajuan bangsa. JNE terus berkomitmen untuk memberikan berkontribusi secara nyata terhadap kemajuan perekonomian negara melalui sejumlah langkah bisnisnya. Tidak sendiri, bersama pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pelanggan, serta mitra".

Kebanggaan telah ikut berkontribusi dalam JNE Content Competition diutarakan Abdihil Mukhlis, pemenang foto Juara 1 karyawan asal JNE Medan yang mengatakan:

 "Terima kasih kepada JNE dan dewan juri sudah menilai hasil karya saya, alhamdulillah kali keduanya saya menang di kompetisi ini, sebelumnya saya pemenang juara 1 di kategori design tahun sebelumnya. Mural Alm Bapak Prapto merupakan mural hasil karya saya sendiri di JNE Medan. Semoga tahun depan saya bisa cross kompetisi dalam kategori lainnya."

Ghulam Sattar Ahmad yang berhasil menggondol sebagai juara 1 video kategori mahasiswa / pelajar pada JNE Content Competition 2023, juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada JNE dan Kumparan yang telah menyelenggarakan acara kompetisi ini,

Berawal iseng melihat iklan-iklan, mahasiswa Universitas Brawijaya tersebut terinpirasi membuat konten video, dan tak dinyana ternyata menang.

"Terima kasih kepada dewan juri sudah melihat dan menilai karya saya, semoga tahun 2024 saya akan mencoba mengeluarkan karya saya lainnya", kata Ghulam Sattar Ahmad via online dari Jombang.

Beruntung bisa hadir dan menerima langsung giant check secara simbolis, adalah Desi Angriani, juara 1 Hard Online News. Penyerahan dilakukan juara 3 pemenang writing competition tahun 2022, Iwan Hendarmawan di Rumah Wijaya.

Media dari IDX Channel ini ternyata telah dua kali memenangkan content competition yang diselenggarakan JNE:
"Terima kasih kepada JNE dan dewan juri, ini kali ke tiga saya ikut content competition dan sudah 2 kali menang, untuk tahun berikutnya saya ingin memberikan kesempatan kepada rekan-rekan lain yang pasti sedang terus berjuang untuk menang dalam membuat karya yang sangat bagus lagi, " ujar Desi Angriani.

Kisah menarik lainnya diutarakan Emily Wiputri yang berhasil memenangkan juara 2 design kategori umum.
"Tau ada kompetisi ini dari temen saya, sempat putus asa karena bersaing dengan masyarakat Indonesia yang pastinya lebih kreatif dan banyak ide, akhirnya saya mencoba untuk membuat dan terlahirlah ide desain seperti ini. Terima kasih banyak kepada pihak JNE dan dewan juri telah menyelenggarakan content competition yang sangat kompetitif ini," kata Emily.

Selalu kreatif dan pantang menyerah merupakan pesan kuat penyelenggaraan JNE Content Competition, aktivitas positif yang mengusung beragam tema. Tujuannya untuk menebarkan energi positif untuk seluruh masyarakat Indonesia agar terus maju, dan adaptif dalam berkarya.

Juga, sesuai semangat JNE Bangkit Bersama, hasil karya peserta yang terwujud selama penyelenggaraan JNE Content Competition, diharapkan dapat bermanfaat bangsa dan negara untuk memajukan ekonomi kreatif.

Karena itu, bagi peserta yang karyanya belum masuk nominasi, jangan putus ada dan tetaplah berjuang di event yang akan datang. JNE Content Competition akan selalu hadir untuk menghasilkan semakin banyak konten creator.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun