HRD mungkin merupakan departemen yang paling membingungkan di seluruh organisasi perusahaan tempat kita bekerja ---semua orang tahu bahwa mereka penting, tetapi sangat sedikit karyawan yang tahu alasannya.
Jadi apa yang dilakukan seorang yang bekerja di Departement Sumber Daya manusia atau HRD ini.
Berikut uraian mendalam tentang apa yang dilakukan HRD (atau apa yang seharusnya mereka lakukan) untuk memenuhi kebutuhan karyawan.
Apa itu HRD?
Dalam istilah paling sederhana, HRD (human resources development) adalah departemen SDM (Sumber Daya Manusia) adalah kelompok yang bertanggung jawab untuk mengelola siklus hidup karyawan (yaitu, merekrut, mempekerjakan, onboarding, melatih, dan memecat karyawan) dan mengelola tunjangan karyawan.
Apa yang dilakukan oleh Department HRD
Kalau kita bertanya kepada karyawan apa HRD itu, dan kita akan mendapatkan jawaban yang terutama berkaitan dengan aspek pekerjaan yang paling tidak nyaman: pelanggaran SDM, PHK, dan pemecatan. Tetapi kenyataannya adalah bahwa HRD ada untuk mendukung karyawan.Â
Berikut adalah beberapa tugas yang sibuk diselesaikan oleh departemen HRD setiap harinya.