Pasar merupakan tempat interaksi antara penawaran dan permintaan suatu produk atau jasa. Dalam pasar, perubahan harga memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap perilaku konsumen dan produsen.
Pengaruh Perubahan Harga Terhadap Permintaan:
Perubahan harga dapat memiliki dampak yang besar terhadap permintaan suatu produk. Secara umum, ketika harga suatu produk naik, ceteris paribus (asumsi lainnya tetap sama), maka permintaan akan cenderung menurun. Hal ini disebabkan oleh adanya efek substitusi dan efek pendapatan. Efek substitusi terjadi ketika konsumen beralih ke produk lain yang lebih terjangkau jika harga naik. Sedangkan efek pendapatan terjadi ketika konsumen merasa daya belinya berkurang dan memilih mengurangi konsumsi produk tersebut. Sebaliknya, jika harga turun, ceteris paribus, permintaan cenderung meningkat karena konsumen merasa produk tersebut lebih terjangkau atau memiliki daya beli yang lebih besar.
Pengaruh Perubahan Harga Terhadap Penawaran:
Perubahan harga juga mempengaruhi penawaran suatu produk. Ketika harga produk naik, ceteris paribus, produsen akan cenderung menyediakan lebih banyak produk karena mereka dapat memperoleh keuntungan yang lebih tinggi. Sebaliknya, jika harga turun, ceteris paribus, produsen akan cenderung menyediakan lebih sedikit produk karena keuntungan yang diperoleh menjadi lebih rendah. Dalam jangka panjang, produsen dapat merespon perubahan harga melalui penyesuaian kapasitas produksi, investasi dalam teknologi yang lebih efisien, atau bahkan masuk atau keluar dari pasar.
Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan adalah sebagai berikut:Â
1. Harga barang atau jasa itu sendiri
Jika harga naik, jumlah barang atau jasa yang diminta konsumen akan berkurang. Namun, sebaliknya jika harga turun tingkat permintaan akan barang atau jasa yang diminta akan semakin banyak.
2. Pendapatan konsumenÂ
Pendapatan rata-rata setiap konsumen mempengaruhi jumlah permintaan akan barang dan jasa. Pendapatan konsumen yang meningkat, permintaan akan barang dan jasa juga akan cenderung meningkat.
3. Selera konsumen
Selera konsumen yang selalu berubah berpengaruh pada permintaan. Contohnya seperti trend atau mode baru yang populer dapat meningkatkan permintaan akan produk tersebut.
4. Kualitas barang
Permintaan barang dengan kualitas yang baik meskipun dengan tingkat harga yang sedikit mahal permintaan akan tetap tinggi. Sedangkan barang dengan kualitas rendah dan mudah rusak permintaannya akan tetap rendah meskipun harganya murah.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran yaitu:
1. Harga faktor produksi
Harga faktor produksi seperti bahan baku, modal, dan tenaga kerja dapat mempengaruhi biaya produksi. Jika harga suatu faktor produksi naik, penawaran akan cemderung menurun.
2. Teknologi
Perkembangan teknologi yang canggih dan sangat pesat dapat menigkatkan efisiensi produksi, yang dapat meningkatkan penawaran akan barang atau jasa.
3. Persediaan
Jika persediaan suatu produk meningkat, maka penawaran juga akan meningkat. Namun sebaliknya jika penawaran menurun maka penawaran juga akan cenderung menurun.
4. Harapan produsenÂ
Produsen atau penjual biasanya akan berusaha meningkatkan produksi serta memperluas pemasaran apabila jumalh permintaan dari konsumen besar. Jika produsen juga mengharapkan harga suatu produk naik dimasa yang akan datang, produsen akan menunda penawaran saat ini untuk mendapatkan ke untungan yang lebih tinggi dimasa yang akan datang.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI