Mohon tunggu...
Mbakyu .Margiyati
Mbakyu .Margiyati Mohon Tunggu... -

Di Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengembangan Software Pembelajaran Matematika

23 September 2013   10:39 Diperbarui: 24 Juni 2015   07:31 317
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pada saat ini komputer sudah dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan komputer mempunyai kelebihan untuk media pembelajaran yaitu: 1) kecepatannya, 2) ketelitiannya, kemampuan grafisnya, kemampuan variasi warna tampilan layarnya, kemampuan animasinya, kemampuannya dalam hal komunikasi dan kemampuan simpanannya.

Keaneragaman aplikasi komputer dalam pendidikan telah diklasifikasikan oleh Robert Taylor ( 1980) dalam kategori yang besar yaitu, tutor, tools dan tutee(newby dkk,2006)

1. komputer sebagai tool ( alat bantu), yaitu sebagai kalkulasi biasa, menulis/ atau mengetik, pengolahan data nilai rapor siswa,

2. Komputer sebagai tutor, dalam kategori ini terbagi menjadi empat subkategori lagi yaitu: a) sebagai program tutorial, b)sebgai praktek dan latihan, c) sebagai simulasi, d) sebagai permainan (game) dan e) sebagai pemecahan masalah.

3. Komputer sebagai tutee, digunakan oleh user untuk: a) mengajar komputer misalnya (basic, pascal dan sebagainya), b) mempelajari hal-hal yang terkait dengan komputer baik perangkat keras maupun terutama perangkat lunaknya.

Keuntungan dan keterbatasan komputer sebagai media pembelajaran adalah:

1. media yang dirancang dengan baik akan membantu proses pembelajaran

2. meningkatkan motivasi belajar

3. mendukung pembelajaran individual

4. melatih siswa dalam ketrampilan memilih bagian-bagia isi pembelajaran.

5. sebagai penyampaian balikan secara langsung

6. dapat membantu pengkoreksi jawaban latihan

7. materi dapat berulang.

Keterbatasan komputer adalah:

1. siswa sering mempunyai jawaban yang tidak sama dengan kalkulator

2.Untuk feedback yang diperlukan siswa pada dasarnya sangat bervariasi tetapi dengan komputer masing-masing siswa tidak terlacak.

3. kurang bagus untuk program pembelajaran

4. dapat menyebabkan ketergantungan

5. mengurangi sikap interaksi yang seharusnya merupakan bagian dalam pendidikan

(tugas kuliah : membuat outline media pembelajaran)

post by Gita

sumber: bahan kuliah in on in PKB P4TK

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun