Mohon tunggu...
Maretya Sofya putri
Maretya Sofya putri Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - retaa

mylife

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Marketing Menggunakan Media Sosial pada Peningkatan Penjualan

27 Desember 2021   20:47 Diperbarui: 27 Desember 2021   20:51 392
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

STRATEGI MARKETING MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL PADA PENINGKATAN PENJUALAN

Disusun Oleh :

Maretya Sofya Putri (30402000204).1

Meilan Arsanti, S.Pd., M.Pd.2
 ABSTACT

Many strategies can be used to increase sales and attract consumers to buy products offered by manufacturers. For example, social media marketing is a marketing activity using the internet and news technology to expand and enhance traditional marketing functions. Social media can help in the marketing process. In conducting marketing communications, companies must develop tactics to be able to achieve all the plans that have been determined. This article aims to find out marketing strategies using social media to increase sales. This research uses correlational quantitative research methods. Data collection will be carried out in two ways, namely library research and field research. Respondents will fill out a survey containing questions related to the measured variables. Data analysis was carried out using a single table, and cross table analysis, Spearman's hypothesis test. The results that will occur in this research analysis share that marketing strategies using social media can increase sales.

Keywords: marketing strategy, social media, increased sales.

ABSTACT

Banyak strategi yang mampu digunakan buat menaikkan penjualan serta menarik konsumen buat membeli produk yang ditawarkan oleh Produsen. Seperti pemasaran media sosial merupakan suatu aktivitas pemasaran dengan internet serta teknologi berita untuk memperluas serta mempertinggi fungsi pemasaran tradisional. Media sosial bisa membantu pada proses pemasaran. Dalam melakukan komunikasi pemasaran, perusahaan wajib  mengembangkan taktik untuk dapat mencapai seluruh planning yang telah ditentukan. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing menggunakan sosial media terhadap peningkatan penjualan. Penelitian ini memakai metode penelitian kuantitatif korelasional. Akan dilakukan pengumpulan data melalui dua cara, yaitu penelitian kepustakaan dan  penelitian lapangan. Responden akan mengisi survey yang berisi pertanyaan berkaitan dengan variabel yang diukur. Analisis data yang dilakukan memakai tabel tunggal, dan  analisis tabel silang, uji hipotesis Spearman. Hasil yang akan terjadi analisis penelitian ini membagikan bahwa strategi marketing  memakai media sosial dapat menaikkan penjualan.

Kata Kunci : strategi marketing, sosial media, peningkatan penjualan.

LATAR BELAKANG

Perkembangan teknologi informasi serta komunikasi sudah mengganti cara berhubungan individu menggunakan individu yang lain. Teknologi informasi berkembang sangat pesat pada beberapa dekade terakhir, terutama perkembangan pada penggunaan internet yang merubah cara kehidupan, pekerjaan, komunikasi, serta pembelajaran. Media sosial sebagai sebuah bagian pada dunia digital yang sangat di gemari oleh seluruh kalangan. Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan media sosial memberikan banyak kemudahan serta manfaat di penggunanya. Salah  satunya media social digunakan menjadi sarana pemasaran bagi Produsen serta penjual buat memasarkan produk mereka.

Pemasaran adalah bagian ilmu ekonomi yg sudah lama terdapat serta berkembang, serta sampai di ketika kini ini pemasaran sangat menghipnotis keberhasilan penjualan suatu produk atau jasa. Dengan adanya Internet dirasa bisa sebagai solusi pemasaran yang sangat mengagumkan karena bisa diakses oleh orang pada waktu yang tanpa batas dan bisa diakses oleh orang lain darimana saja berada. Pemasaran media online dapat dikatakan menjadi bisnis yang menjanjikan buat ketika ini. Maka dari itu artikel ini akan membahas pemasaran media online.

RUMUSAN MASALAH

Apakah strategi marketing menggunakan sosial media berpengaruh pada peningkatan penjualan ?

TUJUAN

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi marketing menggunakan sosial media berpengaruh pada peningkatan penjualan ?

METODE PENELITIAN 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Akan dilakukan pengumpulan data melalui dua cara, yaitu penelitian kepustakaan dan  penelitian lapangan. Responden akan mengisi survey yang berisi pertanyaan berkaitan dengan variabel yang diukur. Pada analisis data memakai analisis tabel silang, tabel tunggal, dan uji hipotesis Spearman.

TINJAUAN PUSTAKA 

Manajemen Pemasaran 

Manajemen pemasaran artinya proses menganalisis, merencanakan, dan  mengkoordinasikan planning yang menguntungkan perusahaan, yang dapat dipahami menjadi keliru satu metode ekonomis dalam menentukan pangsa pasar untuk menciptakan nilai pelanggan yang luar biasa.

Strategi pemasaran merupakan suatu logika pemasaran dalam pengambilan keputusan keputusan perihal biaya  pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran pada korelasi menggunakan keadaan lingkungan yang diharapkan dan  kondisi persaingan.

Sosial Media

Media sosial merupakan salah satu bukti  dari perkembangan global internet dari website 1.0 sampai website dua. Internet semakin bergerak maju dan  dapat terus dieksplorasi sesuai kepentingan pemiliknya. Media sosial sendiri mempunyai arti partisipatif yang bisa memuat banyak sekali berita, informasi, foto, video dan  musik, saat pemilik akun mengirimkan konten kepada orang yang ingin membuka halaman tersebut, berbagai hal tadi menjadi konsumsi warga .

Pada perkembangan media sosial, pemasaran media sosial mulai berkembang, pemasaran sosial adalah bagian asal pemasaran Internet. Pemasaran media sosial adalah kegiatan pemasaran yang memanfaatkan aplikasi pada situs web 2.0 untuk mempromosikan, menjual, atau memfasilitasi pembayaran. Jejaring sosial merupakan buat keperluan langsung, sehingga pemasaran bisa melakukan pemasaran yang lebih personal antara perusahaan dengan masing-masing pelanggannya.

Peningkatan Penjualan 

Penjualan ialah suatu usaha terpadu untuk mengembangkan rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba. Volume penjualan dapat dijabarkan sebagai umpan balik dari kegiatan pemasaran yang dilaksanakan oleh perusahaan. Penjualan memiliki arti yang bermacam-macam sesuai pada lingkup permasalahan yang sedang dibahas. Penjualan dalam lingkup ini lebih berarti tindakan menjual barang atau jasa. Kegiatan pemasaran adalah penjualan dalam lingkup hasil atau pendapatan berarti penilaian atas penjualan nyata perusahaan dalam suatu periode.

HASIL DAN PEMBAHASAN 

Menerapkan pemasaran melalui media sosial, transmisi informasi ialah aktivitas terpenting. Saat ini pemasaran bukan hanya dilakukan menggunakan cara memasang iklan di media massa ataupun di media cetak. Sesuai dengan perkembangan teknologi yaitu teknologi internet, para pengusaha memanfaatkan teknologi baru tadi menjadi media pemasaran baru yang biasa disebut dengan pemasaran internet/online dengan media sosial.

Strategi Pemasaran Media Online, strategi komunikasi pemasaran media online artinya melakukan aktivitas pemasaran dengan menggunakan seluruh fasilitas yang disediakan oleh internet terutama media umum dengan tujuan menaikkan akibat penjualan serta menjalin komunikasi yang lebih baik pada pelanggan. Untuk dapat hasil yang akan terjadi  yang optimal dari  kegiatan pemasaran online, tentu saja diharapkan aneka macam strategi pemasaran. Dengan adanya sosial media termasuk strategi marketing yang sangat membantu peningkatan penjualan. Hasil berasal pembahasan di atas mengemukakan bahwa seni manajemen pemasaran mengggunakan media umum sangat membantu dalam peningkatan penjualan.

KESIMPULAN 

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Strategi pemasaran menggunakan media sosial berpengaruh terhadap peningkatan penjualan. Di zaman yang semakin maju seperti ini pemasaran tidak hanya dilakukan dengan memasang iklan pada televisi, radio maupun media cetak, pemasaran juga dilakukan menggunakan new media (internet) seiring canggihnya teknologi. Pemasaran online merupakan pemasaran yang dilakukan melalui sistem komputer online interaktif, yang menghubungkan pembeli dan  penjual secara langsung melalui media elektro. Namun untuk dampak positif serta negatif pemasaran media online wajib  pada perhatikan agar pemasaran online yg telah disusun berjalan dengan lancar serta berhasil serta bisa menaikkan penjualan.

DAFTAR PUSTAKA

Rachmawati, R. (2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan. Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2), 143--150.

Setiadi, A. (2014). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Jurnal Ilmiah Matrik, 16(1).

Siagian, A. O., Martiwi, R., & Indra, N. (2020). Manajemen Pemasaran. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 44--51. https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/288824/FULL-PAPER-KOMPETITIF_NTW.pdf

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun