Mohon tunggu...
maresta yuniati
maresta yuniati Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Best Practice

22 Januari 2023   13:30 Diperbarui: 22 Januari 2023   13:38 295
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

BEST PRACTICE

KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 10 

KOTA MALANG

OLEH

MARESTA YUNIATI, S.Pd

NIM: 227114716532

 

PROGRAM PPG DALJAB 2022

UNIVERSITAS NEGERI MALANG KATEGORI 1 TAHAP 2

 

 

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT penulis dapat menyelesaikan penyusunan Best Practice dengan lancar. Best apractice ini kami susun dengan maksud melengkapi tugas program PPG Daljab tahun 2023 kategori 1 tahap 2 Universitas Negeri Malang.

Dengan selesainya Best Practice ini penulis menghaturkan terimakasihatas bantuan dari berbagai pihak terutama pada :

  • Bpk Drs Usep Kustiawan, M.Sn selaku dosen pembimbing Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) kelompok 3.
  • Ibu Puspita Edyawati, S.Pd selaku guru pamong Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) kelompok 3.
  • Kepala TK Aisyiyah Bustanul Athfal 10 yang telah memberi dukungan dan motivasi kepada kami.
  • Para rekan guru TK yang telah membantu penulisan Best practice ini.

Penulis menyadari sepenuh hati bahwa penulisan Best Practice ini tidak luput dari kekurangan dan kesalahan. Maka dari itu penulis mengharapkan masukan dan saran agar penulisan penelitian ini lebih baik.

Mudah-mudahan laporan penelitian ini bermanfaat bagi peningkatan pembelajaran.

Penulis

Maresta Yuniati

 

 

 LK 3.1 Menyusun Best Practices

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

RENCANA AKSI 1 (ASPEK KOGNITIF)

Lokasi

TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 10

Lingkup Pendidikan

PAUD

Tujuan yang ingin dicapai

Anak mampu dalam pengembangan kognitif mengurutkan pola A,B,C,D

Penulis

Maresta Yuniati

Tanggal

19 Januari 2023

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar Belakang masalah :

Anak masih kurang memahami mengurutkan pola A,B,C,D secara berurutan.

Praktek ini penting dilakukan karena :

  • Anak masih belum semua memahami dalam mengurutkan pola A,B,C,D secara berurutan.
  • Guru dalam memberi stimulasi untuk kegiatan mengurutkan pola masih kurang optimal.
  • Media yang digunakan pada kegiatan mengurutkan pola kurang menarik.

Yang menjadi peran dan tanggung jawab dalam praktek :

  • Guru sebagai fasilitator untuk memberikan pembelajaran bermakna sehingga anak dalam mengurutkan pola A,B,C,D bisa berkembang dengan maksimal.
  • Guru membuat rancangan perangkat RPP, bahan ajar, media, LKPD,evaluasi, dan melaksanakan pembelajaran sesuai perangkat yang dibuat.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Tantangan untuk mencapai tujuan :

  • Menentukan dari segi apakah anak tidak bisa memahami, bagaimana cara mengurutkan pola yang benar.
  • Memilih media dan bahan ajar yang menarik untuk digunakan dalam kegiatan memahami pola berurutan.
  • Menyediakan media yang sesuai dengan tema pengembangan.

Yang terlibat dalam hal ini:

  • Anak kelompok B
  • Pengamatan intern sekolah yaitu: guru dan tenaga kependidikan.
  • Pihak-pihak yang membantu dalam proses pengambilan video ( anak & teman sejawat )

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut:

Pemilihan media mengurutkan pola yang lebih menarik dan kreatif.

Pemilihan model pembelajaran yang inovatif.

Meningkatkan motivasi anak untuk memahami konsep mengurutkan pola.

Strategi yang digunakan :

  • Strategi yang dilakukan guru dalam kegiatan mengurutkan pola proses perkembangbiakan ayam dan mengurutkan pola bentuk geometri sesuai dengan perkembangan anak.
  • Strategi yang digunakan guru dalam pemilihan bahan ajar mengurutkan pol untuk menigkatkan motivasi anak yang menyenangkan.

 

Proses pelaksanaannya :

Praktek Siklus 1 :

Tema : Binatang

Subtema : Binatang Ternak

Sub-sub tema : Ayam

Kegiatan Main :

Memilih urutan pola dengan tepat proses perkembangbiakan ayam dengan menggunakan media papan siput

Praktek Siklus 2 :

Tema : Binatang

Subtema : Binatang Ternak

Sub-sub tema : Sapi

Kegiatan Main :

mengurutkan pola lingkaran, lingkaran, segi empat, segitiga pada media kertas bentuk mahkota sapi

Sumber daya dan materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini :

Media elektronik : Laptop dan proyektor,spiker aktif

Materi yang digunakan yaitu sesuai tema yang kita ambil :

Siklus 1

Materi yang diambil sesuai tema binatang, sub tema binatang ternak, sub-sub tema ayam

Siklus 2

Materi yang diambil sesuai tema binatang, sub tema binatang ternak, sub-sub tema sapi

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Hasil dan dampak dari aksi dan langkah yang dilakukan yaitu :

  • Aksi pertama :

Dengan kegiatan Memilih urutan pola dengan tepat perkembangbiakan ayam dengan menggunakan media papan siput, kemudian disebutkan urutan perkembangbiakan ayam, anak dapat lebih mudah dalam memahami konsep urutan pola.

Anak juga lebih memahami proses perkembangbiakan ayam.

Hasilnya : Dari 15 anak, masih ada 5 anak yang masih bingung dalam mengurutkan pola (beberapa gambar masih belum urut)

 

  • Aksi kedua

Dengan kegiatan mengurutkan pola lingkaran, lingkaran, segi empat, segitiga pada media kertas bentuk mahkota sapi, kemudian disebutkan urutan bentuk geometrinya. Anak lebih mudah dalam memahami konsep mengurutkan pola


Hasilnya : Dari 15 anak masih ada 1 anak yang masih bingung dalam mengurutkan pola ( satu bentuk geometri yang terbalik)

Respon dari guru dan teman sejawat terkait media yang digunakan :

  • Respon Kepala Sekolah :
  • Dengan adanya media tersebut guru merasa ada perubahan yang lebih baik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  • Respon teman observer :
  • Ketika kegiatan memberi makan ayam videonya belum terlihat jelas.
  • Respon anak :
  • Anak antusias ketika mengurutkan pola proses perkembangbiakan ayam ada yang mencoba kegiatannya.
  • Faktor keberhasilan dan media yang digunakan :
  • Dengan media yang bergambar dan berwana cerah, anak lebih mudah memahami mengurutkan pola A,B,C,D dengan tepat.


  • Pembelajaran dalam proses tersebut adalah :
  • Penggunaan media yang bervariasi dapat meningkatkan tujuan yang ingin dicapai yaitu peningkatan kemampuan kognitif anak dalam memahami urutan pola A,B,C,D.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun