Dunia balap Formula 1 telah menjadi salah satu ajang olahraga paling bergengsi di dunia. Tahun 2023 menjadi momen penting bagi tim McLaren F1, yang telah lama menjadi salah satu peserta utama dalam kompetisi ini.Â
Baru baru ini mereka F1 berhasil meraih podium berturut-turut pada tiga ajang terakhir ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas hal tentang upaya mereka dalam meningkatkan mobil F1.
Tim mclaren memulai balapan pada musim ini dengan hasil yang mengecewakan. Yaitu, pada putaran pertama yang terjadi di Bahrain, kedua pembalap mereka yaitu Norris dan Piastri berada di posisi bawah, Norris yang menempatkan posisi 17 dan Piastri harus mengahkiri balapan di pit atau DNF.Â
Tentu hasil ini sangat mengecawakan bagi tim yang bersejarah ini, karena ini hasil terburuk pada ajang pembuka dalam Sejarah mclaren. Namun, hal ini masih berlanjut pada seri ajang berikutnya.
Akan tetapi, hal ini sudah teratasi berkat kerja keras seluruh tim mclaren, karena meraka sudah membuktikan kerja keras mereka dalam seri Austria.Â
Berbagai peningkatan sudah dilakukan tim mclaren, yang pada ahkirnya mereka berhasil meraih poin pertama di musim ini. Dan juga mereka meningkat pada ajang selanjut dan juga berhasil meraih podium untuk kedua pembalap.
Peningkatan yang dilakukan mclaren
Dilansir dari Motorsport.com, Matt Somerfield mengatakan paket pembaruan pertama diterapkan di Grand Prix Austria, diikuti dengan langkah kedua di Inggris, termasuk pemasangan sayap depan yang baru. Gabungan ini membantu Lando Norris memastikan posisi baris depan di grid dan finis kedua dalam balapan.
Perbandingan yang disajikan di atas menunjukkan seberapa signifikan revisi ini, ketika kita menjelajahi detail-detail kecil dan memahami apa yang telah diperbaiki. Berikut peningkatan yang dilakukan mclaren:
1. Bentuk dan posisi pagar lantai telah diubah untuk mencocokkan perubahan di bagian bawah mobil.
2. McLaren telah mencoba desain inlet sidepod dengan Tepi atas saluran masuk telah ditempatkan lebih ke belakang, sementara bibir bawahnya sekarang ditempatkan lebih tinggi di sasis, yang meningkatkan ukuran potongan di bawahnya.
3. Permukaan atas lantai telah dibentuk ulang dengan lepuh yang kuat untuk mengakomodasi SIS bagian bawah, serta menciptakan kantong udara yang diperlukan untuk lantai bawah. Lepuh tersebut juga mengalami pembaruan dan termasuk lepuh yang lebih kecil di dalamnya.
4. Perubahan di bagian depan sidepod dan saluran masuk mengharuskan perubahan pada rumah cermin dan perlengkapan terkait. Bilah atasnya dihilangkan dan penahan luar direvisi untuk sesuai dengan profil aerodinamis yang diperlukan di bawahnya.
5. Fairing aerodinamis yang mengelilingi halo sekarang memiliki bilah vertikal saat kaki belakangnya bertransisi ke bodywork belakang. Winglet juga dipasang di samping struktur tersebut.
Â
Tahun 2023 adalah tahun yang bersejarah bagi tim McLaren F1. Meskipun mereka mengawali musim dengan hasil yang mengecewakan di Bahrain, tim ini menunjukkan semangat juang dan kerja keras yang tak kenal lelah untuk memperbaiki performa mereka.Â
Dalam artikel ini, kita telah melihat perjalanan mereka dari awal musim yang sulit hingga meraih podium dan poin berharga dalam beberapa balapan terakhir.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H