Mohon tunggu...
MARDIANTO (Anto Seni 93 )
MARDIANTO (Anto Seni 93 ) Mohon Tunggu... Guru - Mengajar seni rupa di sekolah SMAN 16 jakarta

Saya hobi melukis, mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Seni

Nirmana Tri Matra dalam Bingkai Desain

7 Desember 2022   00:26 Diperbarui: 7 Desember 2022   00:30 646
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nirmana sebagai ilmu dasar pokok dalam seni rupa dan desain, sesungguhnya memiliki peranan penting dalam mewujudkan karya seni rupa dan desain yang bernilai estetik, karena di dalamnya mencakup unsur-unsur titik, garis, bidang, warna, tekstur dengan prinsip-prinsip pengorganisasiannya adalah keseimbangan, kesatuan, kesederhanaan, kekontrasan dan keselarasan.

Peran Nirmana sangat penting dalam sebuah desain karena teori yang ada dalam Nirmana adalah semua dasar atau elemen dalam pencipataan desain atau karya seni lainnya.

Nirmana sendiri definisinya adalah penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis. Dijelaskan dari definisi Nirmana tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa Nirmana memiliki pengaruh besar dalam penciptaan sebuah desain.  

Berkarya Nirmana ialah sekedar menyusun unsur-unsur seni rupa dan desain atas dasar prinsip-prinsip seni dan desain untuk memperoleh karya seni rupa dan desain yang memiliki nilai keindahan" (Sanyoto,2010 ) 

Nirmana dibentuk dari dua kata yaitu Nir (berarti tidak) dan Mana (berarti tidak bermakna), jadi jika digabungkan berarti tidak bermakna. Nirmana merupakan gabungan kata nir "tidak/ bukan/ tanpa" dan mana "makna", sehingga istilah ini sering dikaitkan dengan karya atau studi karya yang tidak memiliki makna (non refresentatif) (Mikke Susanto, 2011). Jika diartikan lebih dalam lagi Nirmana merupakan lambang --lambang bentuk yang tidak memiliki makna, Nirmana sendiri juga diartikan sebagai pengorganisasian antara unsur-unsur desain.

Mempelajari nirmana setidaknya dapat mengasah keterampilan dan mepertajam kepekaan rasa estetik dan menggali kemampuan estetik terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan karya-karya seni rupa dan desain, baik dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi. 

Tujuan mempelajari dasar-dasar seni dan desain atau nirmana adalah untuk melatih kepekaan artistik, keterampilan teknis kesenirupaan, melatih pemahaman bahasa rupa dan sebagai ekspresi diri atau kepekaan estetis.

Berkarya seni rupa tri matra membutuhkan perlengkapan dalam menunjang ketrampilan, diantaranya

1. Kertas.

 Jenis kertas yang memiliki ketebalan dan kelenturan

A.  Kertas Buffallo

B.  Kertas Asturo

C.  Kertas Art Carton

D.  Kertas Duplex

E.  Kertas Manila, dll

2. Lem Kertas

3. Penggaris/mistar

4. Pensil

5. Cutter dan Gunting

Langkah - langkah dalam berkarya Tri Matra

1. Siapkan kertas dan lipatlah menjadi dua sisi yang sama

Dokpri
Dokpri

2. Buatlah rancangan desain dengan menggunakan pensil dan penggaris

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

3. Setelah desain selesai, lakukan pemotongan dengan menggunakan gunting atau cutter ( syaratnya antar garis tidak boleh terputus )

Dokpri
Dokpri

4. Setelah selesai Kertas di tekuk dari arah berlawanan.

Dokpri
Dokpri

5. Hasil Akhir karya Nirmana Tri Matra

Dokpri
Dokpri

Untuk lebih jelasnya saksikan video berikut ini, membahas tentang tutorial pembuatan Nirmana Tri Matra dengan media kertas, selamat menyaksikan.


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun