Mohon tunggu...
Siti Mardhiyah
Siti Mardhiyah Mohon Tunggu... Guru - Guru PAUD di TK DWP SIMPANG-PRAMBON-SIDOARJO

Hobi : Membaca buku

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vocal "a, i, u, e, o" Usia 4-5 Tahun Melalui Media Sticker Huruf

23 November 2022   05:00 Diperbarui: 23 November 2022   05:15 776
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan Anak Usia Dini menurut UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 angka 14 adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut (Permen Diknas No 58 Tahun 2009, 2010:1).

Tujuan program kegiatan belajar anak TK adalah untuk membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap. pengetahuan, keterampilan, daya cipta dan meningkatkan kemampuan anak dalam berbagai aspek yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Salah satu bidang pengembangan KBM di TK ada beberapa aspek pengembangan salah satunya yaitu kemampuan bahasa. Pengembangan bahasa dapat diperoleh melalui kegiatan bercerita, mengenal kosa kata, mengenal abjad, bernyanyi, membaca gambar. 

Kemampuan berbahasa bertujuan agar anak mampu mendengarkan, berkomunikasi, memiliki perbendaharaan kata dan mengenal simbol-simbol yang melambangkannya.

Banyak faktor yang menyebabkan perkembangan Bahasa khususnya mengenal konsep lima huruf vokal belum mencapai tingkat perkembangan. Hal ini disebabkan kegiatan dalam pengenalan huruf hanya melalui kegiatan menebali huruf, meniru suara guru yang mengucapkan huruf, serta mewarnai gambar huruf sehingga anak menjadi tidak tertarik dengan kegiatan tersebut karena di rasa membosankan.

Menurut Sugihastuti (2006:29), huruf adalah gambar atau lambang bunyi (bahasa), sedangkan huruf secara leksikal adalah tanda aksara dalam tata tulis yang merupakan anggota abjad yang melambangkan bunyi bahasa disebut juga sebagai aksara. 

Sedangkan menurut Nakhrawie (2004:1) huruf adalah lambang atau gambaran dari bunyi. Sugihastuti (2006:33), menyatakan huruf hidup adalah huruf yang melambangkan vokal, yaitu a. i, u, e, o.

Berdasarkan ketiga pendapat di atas dapat di ambil suatu kesimpulan bahwa mengenal huruf vokal adalah mengetahui lambang bunyi bahasa terdiri dari huruf a, i, u, e, o.

Salah satu bentuk media yang dapat kita gunakan untuk merangsang perkembangan bahasa anak dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal yaitu media stiker huruf. Dalam kegiatan ini adalah sebuah permainan dimana anak-anak mencari dan menemukan huruf vokal yang sudah ditentukan kemudian anak menempel huruf vocal yang sudah ditemukan dengan media stiker huruf. 

Kegiatan ini menyediakan kesempatan bagi anak untuk berinteraksi dengan objek nyata. Artinya, anak belajar lebih banyak dengan cara menyentuh, menggerakkan, dan bermain-main dengan objek yang dipelajarinya daripada dengan cara didesak untuk menguasai keterampilan- keterampilan akademik seperti penyelesaian lembar kerja anak.

Media stiker kartu huruf ini juga memudahkan guru dalam menyampaikan informasi, mendorong motivasi belajar anak, dan menambah variasi penyampaian materi. 

Kegiatan ini mendorong terjadinya interaksi langsung antara anak dengan guru. Pada dasarnya media stiker kartu huruf dapat mempermudah proses pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal.

Pada kenyataannya banyak orang tua atau guru yang mengajarkan anak huruf sebatas menulis saja padahal banyak hal yang bisa dilakukan diantaranya dengan membuat media sederhana atau alat peraga sederhana dengan menggunakan barang-banrang yang tidak terpakai seperti kardus susu bekas dll.

Seperti media sticker kartu huruf berikut ini yang mudah dibuat. Alat dan bahan antara lain:

  • Kertas huruf vocal dengan berbagai warna kemudian diprint
  • Kardus susu bekas
  • Double tip
  • Gunting

    Dok Pribadi
    Dok Pribadi

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Cara membuatnya:

  • Buat kelima huruf vocal yakni "a, i, u, e, o" dengan berbagai macam, warna yang menarik (mengetik diword kemudian diprint)
  • Siapkan kardus susu bekas, potong kardus sesuai dengan ukuran kertas huruf vocal yang sudah diprint tadi
  • Tempelkan kertas huruf vocal yang sudah diprint menggunakan perekat
  • Pada sisi yang lain kardus susu bekas, ditempel dengan kertas sticker
  • Selanjutnya potong huruf vocal sesuai dengan ukurannya

    Contoh kegiatannya adalah :

  • guru menyiapkan mangkuk besar, kemudian diisi dengan potongan-potongan huruf vocal "a, i, u, e, o".
  • guru juga menyiapkan lembar kerja  yang berisikan kata yang huruf vocalnya dihilangkan
  • anak-anak mencari huruf di mangkuk yang sesuai dengan kata pada lembar kerja yang disediakan
  • setelah menemukan huruf vocal yang sesuai, anak-anak menempelkan stricker huruf vocal sesuai dengan kata pada lembar kerja

    Tujuan penggunaan media sticker huruf vocal ini pada anak usia dini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf vocal yang meliputi huruf "a, i, u, e, o", dan juga bisa menstimulasi sosial emosional anak dengan sabar mencari huruf vocal yang sesuai dari banyaknya huruf vocal yang tersedia dan menstimulus perkembangan fisik motoric halus dengan cara membuka dan menempel sticker huruf. Para guru dan orang tua bisa mencobanya, semoga bermanfaat untuk kita semua.


  • Daftar Pustaka:

    Kementrian Pendidikan Nasional. 2009. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 58 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

    Nakhrawie, Asrifin An. 2004. Intisari Bahasa dan Sastra Indonesia, Jakarta: Agung

    Sugihastuti. 2006. Editor Bahasa, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

    Penulis: Siti Mardhiyah, SP.d. TK Dharma Wanita Persatuan Simpang Kec. Prambon Kab. Sidoarjo-Jawa Timur

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun