Mohon tunggu...
Mardani
Mardani Mohon Tunggu... Guru - Guru

Berkebun

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice (STAR) PPG Daljab 2023

3 Februari 2024   14:20 Diperbarui: 3 Februari 2024   14:25 164
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning metode Drill pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM Materi Teknik Pemograman Mesin Bubut CNC pada Siswa Kelas XI Pemesinan SMK YPPT GarutTahun Pelajaran 2023/2024

Nama : Mardani, S.Pd

Instansi : SMK YPPT Garut

Tujuan : Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM materi teknik pemograman mesin bubut CNC melalui model pembelajaran Discovery Learning metode Drill dengan penggunaan media CNC simulator

Situasi 

  • Latar Belakang Masalah

Kegiatan pembelajaran pada saat pembelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM materi teknik pemograman mesin bubut CNC di SMK YPPT Garut sampai saat ini belum menampakkan hasil yang maksimal. Tampak sekali hasil belajar siswa masih rendah (hanya 53% siswa yang mencapai batas kelulusan). Rendahnya hasil belajar siswa dapat diketahui setelah dilakukan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung. Hal ini dapat terlihat pada saat pembelajaran berlangsung masih banyak siswa yang kesulitan dalam membuat pemograman bubut CNC dan tidak aktif dalam proses pembelajaran sehingga hanya mendengarkan materi dari guru, tanpa menunjukkan aktivitas yang berarti. Sedikit sekali siswa yang aktif, sedangkan yang lain bersikap pasif, kurang semangat, dan sulit berkonsentrasi sehingga suasana di dalam kelas terasa menoton dan membosankan menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM materi teknik pemograman mesin bubut CNC di SMK YPPT Garut ini disebabkan oleh berbagai faktor baik dari segi guru, siswa, kurikulum, maupun dari kelengkapan sarana dan prasarana. Dari segi guru disebabkan oleh pembelajaran yang masih didominasi oleh guru sebagai sumber utama dalam pembelajaran. Guru menjelaskan materi dengan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu dengan metode ceramah dengan alasan klasik, kurangnya waktu dan sarana prasaran sehingga guru tidak kreatif menggunakan model pembelajaran yang inovatif.

  • Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah yang dikaji adalah "Apakah ada Peningkatan Hasil Belajar pada mata pelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM materi teknik pemograman mesin bubut CNC melalui model pembelajaran  Discovery Learning metode Drill dengan media CNC Simulator pada siswa kelas XI Pemesinan di SMK YPPT Garut Tahun Pelajaran 2023/2024?"

  • Tujuan Penelitian

Melihat kenyataan di atas menunjukkan bahwa pembelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM materi teknik pemograman mesin bubut CNC belum berhasil. Ini berarti, pembelajaran mempunyai masalah yang harus segera diatasi. Oleh karena itu, perlu dilakukan tindakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa kelas XI Pemesinan SMK YPPT Garut. Untuk mengatasi masalah di atas maka perlu dipilih tindakan yang tepat untuk memberikan dampak langsung terhadap komponen-komponen pembelajaran. Sedangkan manfaat teoritis merupakan manfaat jangka panjang dalam pengembangan teori pembelajaran. Secara teoritis, hasil Best Practice ini dapat memberikan sumbangan pemikiran yang positif dalam ilmu pengetahuan di bidang pendidikan, khususnya dalam penerapan  model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM materi teknik pemograman mesin bubut CNC. Sedangkan manfaat bagi siswa mendapatkan pengalaman belajar secara langsung untuk menemukan sendiri, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan menyenangkan dan manfaat bagi guru Best Practice ini dapat dijadikan pengalaman baru bagi guru dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dalam menerapkan model pembelajaran Discovery Learning metode Drill

Tantangan

  • Kurangnya pemahaman guru menentukan model pembelajaran yang cocok dengan gaya belajar siswa
  • Sarana dan prasarana yang minim atau kurang dalam pembelajaran
  • Pembelajaran berlangsung masih banyak siswa hanya duduk diam atau pasif hanya mendengarkan penjelasan guru, tanpa menunjukkan aktivitas yang berarti.
  • Guru belum menggunakan berbagai model pembelajaran, guru terbiasa melakukan pembelajaran secara konvensional, pembelajaran masih berpusat pada guru.

Aksi

Langkah-langkah Metode dan Pelaksanaan dalam Penerapannya Model Discovery Learning metode Drill

Adapun metode atau cara yang digunakan dalam pemecahan masalah adalah dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning metode Drill. Model ini diterapkan dalam pembelajaran mata pelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM materi teknik pemograman mesin bubut CNC pada siswa kelas XI Pemesinan SMK YPPT Garut Tahun Pelajaran 2023/2024.

Pembelajaran dilaksanakan pada siklus 2 hari Jumat 19 Januari 2024, dengan langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan RPP yang telah dibuat

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siklus 2

I. Kegiatan Pendahuluan

Orientasi

  • Datang tepat waktu dan mengucapkan salam dan siswa menjawab salam. (Disiplin dan religius)
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, dan siswa berdoa untuk memulai pembelajaran. (Karakter religius, PPK)
  • Memeriksa kehadiran siswa sebagai bentuk penanaman sikap disiplin. (Karakter disiplin, PPK)
  • Menyiapkan fisik dan psikis siswa dalam mengawali kegiatan pembelajaran dengan memperhatikan kebersihan, kerapihan, ketertiban dan kehadiran. (Peduli lingkungan)

Apersepsi

  • Mengaitkan pembelajaran pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran hari ini. (Drill-Asosiasi)
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

  • Guru memberikan motivasi terkait pentingnya materi yang akan disampaik pada Siswa
  • Menyampaikan KD dan tujuan pembelajaran dan KKM pada pembelajaran yang akan dilakukan. (Drill-Menyampaikan Tujuan)
  • Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa.

Pemberian Acuan

  • Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. (materi pemograman bubut CNC membuat bubut lurus, bertingkat dan tirus) (Communication)

II. Kegiatan Inti 

Sintaks Model Pembelajaran Discovery Learning :

(Pendekatan Saintifik) metode Drill.

Langkah 1. Pemnerian Rangsangan (Stimulations)

Menanya

  • Guru memberikan pertanyan pemantik (rangsangan) berupa:
  • Pernahkan kalian berkunjung ke sebuah industri manufaktur?
  • Pernahkan kalian melihat benda yang dibuat dengan mesin bubut CNC?
  • Pernahkan kalian berfikir bagaiman cara membuat programnya?

Langkah 2. Pertanyaan/Identifikasi Masalah (Problem Statement)

Mengamati

  • Guru mengajak siswa untuk mengamati dan menggali informasi dari video pembelajaran yang akan ditayangkan mengenai:
  • Bagaimana bentuk program untuk membuat benda rata, bertingkat dan tirus?
  • Kode G apa saja yang harus dipakai?
  • Kode M apa saja yang harus digunakan?
  • Bagaimana cara membuat programnya?

           terkait bahan tayang yang ditampilkan guru. (Scientifik --Menanya)

  • Guru menampilkan video tentang proses pembubutan menggunakan bubut CNC dalam pembuatan bubut rata, bertingkat dan tirus melalui video yang ditayangkan pada Powerpoint (Communication, TPACK) 

Mengamati

  • Siswa mengamati tentang proses pembubutan menggunakan bubut CNC dalam pembuatan bubut rata, bertingkat dan tirus melalui video yang ditayangkan pada Powerpoint (Scientific-Mengamati) (TPACK)

Langkah 3. Pengumpulan Data (Data Collection)

  • Guru membagikan LKPD kepada tiap kelompok
  • Guru meminta Siswa untuk melakukan studi pustaka (browsing google atau youtube chanel) terkait dengan struktur program, fungsi kode G, fungsi kode M, dan cara membuat program bubut CNC bentuk rata, bertingkat, dan tirus. (Scientific-Mengumpulkan Informasi) (TPACK) (Diskusi-Tanya jawab)

Langkah 4. Pengolahan Data (DataProcessing) 

  • Siswa diminta berdiskusi dan mengolah data yang diperoleh dalam pembuatan program bubut rata, bertingkat, dan tirus yang terdapat pada video tayangan; (Scientific-Mengumpulkan Informasi) (TPACK)
  • Siswa diminta untuk mengerjakan soal -- soal membuat pemograman bubut CNC pada LKPD; (Drill-Melakukan Latihan) (4Cs-Creativity)

Langkah 5. Pembuktian (Verification)

  • Siswa diminta untuk mensimulasikan program yang telah dibuat tentang bubut rata, bertingkat dan tirus dengan bubut CNC simulator, jika terjadi kesalahan dalam simulasi siswa bisa mengreksi langkah-langkah pembuatan program kemudian disimulasikan lagi sampai program yang dibuat benar. (Scientific-Mengolah Informasi) (Drill Latihan)
  • Siswa mempresentasikan hasil diskusi tentang pemograman yang berkaitan dengan pembubutan rata, bertingkat dan tirus di depan kelas dengan menggunakan CNC Simulator. (4Cs-Comunication) (Scientific-Mengkomunikasikan)

Langkah 6 Menarik Kesimpulan

  • Siswa bersama guru menarik kesimpulan hasil persentasi yang telah dilakukan mengenai:
    • Format blok program
    • Kode G dan M yang dipakai
  • Siswa diminta untuk mengerjakan soal latihan dengan aplikasi goggle form       

III. Penutup 

  • Siswa melakukan refleksi terhadap proses kegiatan pembelajaran hari ini dengan arahan guru; (Drill-Evaluasi)
  • Siswa mendapat informasi rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;
  • Siswa mendapat penguatan pendidikan karakter dan pesan -- pesan moral dari guru;
  • Siswa berdo'a dengan dipimpin ketua kelas.

Tindakan yang dilakukan penulis pada pembelajaran  Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM materi teknik pemograman mesin bubut CNC melalui model pembelajaran Discovery Learning metode Drill pada siswa kelas XI Pemesinan SMK YPPT Garut Tahun Pelajaran 2023/2024 dapat meningkatkan kualitas hasil  pembelajaran. Hal ini dibuktikan dari perubahan aktivitas belajar siswa sebagai berikut:

  • Aktivitas dan tanggapan/ sikap siswa terhadap pembelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM materi teknik pemograman mesin bubut CNC dengan menggunakan model Discovery Learning metode Drill mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Pada tahap siklus 2 siswa tampak lebih responsif, lebih berkonsentrasi, semakin antusias, lebih aktif melakukan kegiatan pembelajaran, lebih berani meminta bantuan dari guru dan teman-temannya, dan lebih optimis dengan hasil pekerjaannya. Siswa juga memiliki kesan positif terhadap pelaksanaan pembelajaran, penggunaan model pembelajaran, dan cara guru mengajar.
  • Sebelum tindakan diberlakukan kegiatan pembelajaran model Discovery Learning, siswa kurang aktif dan kurang aktivitas dalam pembelajaran, acuh tak acuh, dan kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran.
  • Pada aspek pengetahuan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai Ulangan Harian dan nilai post test. Nilai Ulangan Harian menunjukan siswa yang mencapai nilai di atas KKM yaitu 75 sebayak 16 (53%) siswa sedangkan nilai post test siswa sebesar 25 (83%) siswa.
  • Pada aspek keaktifan siswa, sebelum siswa belajar dengan menggunakan model Discovery Learning  keaktifan siswa sangat kurang sedangkan dengan Discovery Learning keaktifan siswa lebih meningkat

Berdasarkan simpulan hasil penulis ini, beberapa saran yang dapat peneliti kemukakan adalah sebagai berikut:

  • Dalam melaksanakan pembelajaran melalui model pembelajaran Discovery Learning metode Drill dengan penggunaan media CNC simulator dapat dijadikan sebagai alternatif oleh guru pada mata pelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM materi teknik pemograman bubut CNC guna meningkatkan aktivitas belajar Siswa.
  • Untuk lebih meningkat kemampuan memahami materi pelajaran siswa dapat memanfaatkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berupa lembar tugas.

Pihak sekolah hendaknya memfasilitasi kebutuhan guru dalam mengembangkan model-model pembelajaran yang bervariatif sehingga guru dan siswa dapat menjalankan pembelajaran dengan semangat dan motivasi tinggi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Dukumen Pribadi
Dukumen Pribadi

Refleksi

Dari hasil refleksi pembelajaran yang dilakukan siswa melalui pengamatan selama proses pembelajaran dapat disimpulkan bahwa siswa senang dengan pembelajaran dengan model Discovery Learning metode Drill dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sesuai dengan tujuan yang diharapkan yaitu meningkatkan aktivitas belajar siswa yang semula diam atau pasif dan cenderung hanya mendengarkan pembelajaran dari guru. Adapun faktor yang menjadi keberhasilan dalam aksi ini adalah penggunaan model pembelajaran yang inovatif yaitu Discovery Learning dengan kegiatan belajar melalui kegiatan diskusi/ kelompok dan dilengkapi dengan LKPD berbasiskan model pembelajaran serta dengan menampilkan media pembelajaran berupa video CNC simulator.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun