Time management adalah skill dasar yang harus dimiliki mahasiswa agar dewasa dan mandiri. Time management ini berkaitan dengan manajemen energi sehari-hari. Bagaimana mahasiswa bisa membagi waktu antara kuliah, belajar, nongkrong sama teman, acara keluarga sampai istirahat. Nah sayangnya masih ada kebiasaan mahasiswa yang belum punya skill manajemen waktu secara matang. Misalnya menunggu inspirasi kalau mau mengerjakan tugas atau bahkan ada yang menunda mengerjakan tugas menjelang deadline hingga harus begadang.Â
Atau nongkrong, jalan sama teman sampai larut malam, yang seharusnya badan dan otak memerlukan waktu istirahat. Dan mulai sekarang kalian harus disiplin waktu agar kuliah selesai tepat waktu. Karena ada nilai tersendiri jika kita bisa disipilin dalam waktu.
Disiplin adalah jembatan yang menghubungkan kita dengan angan-angan, mimpi, cita-cita. Orang yang mempunyai kecerdasan emosional biasanya lebih bisa menghargai waktu, menghargai orang lain, disiplin, dan bertanggung jawab. Kunci sukses itu adalah orang yang bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin, jadi ketika kamu sebagai seorang mahasiwa dan mampu menghargai waktu berarti kamu selangkah lebih maju dibandingkan yang lain untuk menuju kesuksesan. Nah bagaimana sih cara membagi waktu di kuliah? Berikut tata caranya :Â
1. Tau Skala Prioritas
 mana kegiatan yang harus dikerjakan dulu dan mana kegiatan yang harus di tunda. Kalau masih bingung kamu bisa banget buat tabel seperti di atas.
2. Cermat Memilih Kegiatan Selama Kuliah
Karena sesimpel apapun kegiatannya pasti akan menyita waktu. Jadi pastikan ikut kegiatan maupun organisasi yang benar-benar kamu minati jangan sampai waktu kamu terbuang sia-sia dan ternyata tidak dapat hasil apa-apa.
3. Tau Waktu
Kalau lagi kuliah ya kuliah, kalau lagi rapat ya rapat, kalau waktunya main ya main intinya jangan di bolak-balik.
4. Buat Plan
Misal dalam seminggu ini kamu ngerjain tugas apa aja, ada kegiatan apa aja, mungkin ada rapat atau kegiatan organisasi lainnya. Nah kamu bisa pake bantuan google calendar, notion, trello, microsoft to do. Jadi waktu yang kamu punya tu teratur secara efesien.
5. Konsisten
Percuma kalau kamu pake time management apapun tapi kalau kamu nggak konsisten ya bakal susah juga akhirnya. Konsisten memang susah tapi nggak apa-apa dicoba pelan-pelan yang paling penting kalau capek jangan lupa istirahat karena kesehatan itu penting.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H