Mohon tunggu...
Muklis
Muklis Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Semarang

Halo, perkenalkan nama saya Muklis. Saya berasal dari Klaten, Jawa Tengah. Hobi saya bermain game

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penggunaan Aplikasi Zoom pada Pembelajaran

24 Desember 2024   21:57 Diperbarui: 24 Desember 2024   21:57 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Penggunaan Aplikasi Zoom pada Pembelajaran

Oleh: Muklis Nur Saifudin

Aplikasi Zoom telah menjadi salah satu platform populer dalam dunia pendidikan untuk mendukung pembelajaran daring. Dengan fitur-fitur seperti video konferensi, berbagi layar, dan ruang diskusi, Zoom memudahkan interaksi antara pengajar dan peserta didik. Keberadaan aplikasi ini memberikan fleksibilitas dalam proses pembelajaran sehingga siswa dan guru dapat tetap terhubung meskipun berada di tempat yang berbeda. Seiring berkembangnya teknologi, pembelajaran daring semakin diminati. Zoom hadir sebagai salah satu alat yang mempermudah proses ini. Guru dapat menyampaikan materi secara langsung, dan siswa dapat berinteraksi secara real-time. Selain itu, fitur rekaman pada Zoom memungkinkan siswa untuk mengakses kembali materi pembelajaran kapan saja. Namun, di balik kelebihannya, ada beberapa tantangan yang perlu diatasi agar Zoom dapat digunakan secara optimal.

Salah satu tantangan utama adalah keterbatasan akses internet di beberapa wilayah Indonesia. Gangguan sinyal dan keterbatasan kuota menjadi hambatan signifikan bagi banyak siswa dan guru. Selain itu, banyak pendidik yang belum memahami cara memanfaatkan fitur-fitur Zoom secara maksimal, seperti breakout rooms atau polling, yang sebenarnya dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi tantangan tersebut, pelatihan bagi pendidik menjadi langkah penting. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam menggunakan Zoom secara efektif.

Di sisi lain, pemerintah dan institusi pendidikan juga perlu berperan aktif dalam menyediakan akses internet yang memadai, terutama di daerah terpencil. Meskipun memiliki tantangan, manfaat yang ditawarkan Zoom tidak dapat diabaikan. Aplikasi ini memungkinkan interaksi yang lebih baik antara guru dan siswa melalui fitur-fitur seperti chat dan ruang diskusi. Guru juga dapat berbagi materi dengan cara yang lebih menarik dan visual. Penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan Zoom cenderung lebih terlibat dalam proses pembelajaran dibandingkan dengan metode daring lainnya. Zoom juga memberikan fleksibilitas waktu bagi siswa untuk belajar. Mereka dapat mengatur jadwal sendiri dan mengulang pelajaran jika diperlukan. Hal ini membuat pembelajaran lebih efektif dan adaptif terhadap kebutuhan individu siswa.

Secara keseluruhan, Zoom telah membuktikan dirinya sebagai alat yang sangat membantu dalam pembelajaran daring. Meski masih ada kendala yang harus diatasi, seperti koneksi internet dan pelatihan pendidik, manfaat yang ditawarkan jauh lebih besar. Dengan langkah-langkah yang tepat, Zoom dapat menjadi solusi untuk menghadirkan pendidikan yang lebih inklusif dan merata di seluruh Indonesia. Menggunakan Zoom adalah salah satu cara memanfaatkan teknologi untuk menciptakan masa depan pendidikan yang lebih baik. Dengan kerja sama antara guru, siswa, dan pemerintah, pembelajaran daring dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bermakna bagi semua pihak.

Daftar Pustaka

 

Sulaiman, A. (2021). Pemanfaatan Teknologi Aplikasi Zoom dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8(1), 33-42.

Rahmawati, S., & Supriyanto, D. (2020). Analisis Penggunaan Aplikasi Zoom dalam Pembelajaran Daring di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(3), 223-231.

Kusumawati, S. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menggunakan Aplikasi Zoom untuk Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(4), 175-184.

Purnama, R., & Dewi, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Zoom terhadap Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 18(2), 101-110.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun