Search Engine Optimization dan Search Engine Marketing menjadi dua pilihan penting agar anda dapat menempatkan website anda di laman pertama pada hasil pencarian.
digital marketing. Penting untuk anda ketahui sebagai penulis tentang apa bedanya SEO dengan SEM. Tak hanya itu, ada banyak prinsip yang perlu anda ketahui dalam pembuatan konten dari web yang anda miliki.
Search Engine Optimization dan Search Engine Marketing merupakan dua hal yang serupa namun tak sama di dalam duniaApa itu SEO?
Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah usaha yang memiliki tujuan untuk menempatkan website anda di halaman pertama atau bahkan teratas pada hasil pencarian dari search engine sesuai dengan kata kunci yang diinginkan.
Usaha ini juga merupakan suatu teknik agar anda bisa mendapatkan pengunjung secara gratis melalui lama pencarian yang digunakan. Kualitas website atau OnPage Optimization dan kualitas rekomendasi menjadi hal penting yang perlu diperhatikan dalam SEO.
Bedanya dengan SEM?
Apabila Search Engine Optimization (SEO) tidak berbayar, maka Search Engine Marketing (SEM) memiliki tarif atau berbayar. Cara agar website anda dapat menempati posisi teratas adalah dengan melakukan kompetisi lelang (bidding) dengan para pengguna web lain yang juga memanfaatkan SEM.
Namun penempatan posisi teratas bukan hanya berdasarkan lelang siapa yang paling tinggi, namun quality score juga merupakan hal yang penting. Kualitas iklan dan kualitas halaman website akan menentukan quality score yang akan diberikan oleh google.
Menentukan Target Audiens dan Menciptakan Konten yang Terstruktur
Target audiens merupakan sasaran yang ingin anda jangkau dalam penulisan di website. Sasaran target dan kualitas konten harus seimbang. Anda sebagai penulis jangan hanya mementingkan siapa target audiens dan berapa target audiens yang ingin dicapai.
Salah satu faktor yang memengaruhi kompetisi dalam bermedia memang target audiens, namun isi konten yang anda bahas juga harus informatif dan bermanfaat.
Tak hanya itu, konten yang anda bahas juga sebaiknya konten yang kredibel dan tidak mengambil dari pembahasan orang lain tanpa mencantumkan sumbernya.
Penggunaan Kata Kunci yang Tepat
Pemilihan kata kunci yang tepat merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mengoptimalkan OnPage Optimization. Sistem akan membantu anda mencapai kesuksesan dalam menempatkan website anda di halaman pertama pada hasil pencarian dari search engine sesuai dengan kata kunci yang diinginkan.
Permalink
Tautan permanen atau Permalink berfungsi sebagai alat yang penting dalam optimasi mesin pencari. Tautan yang baik adalah tautan yang singkat dan mengandung kata kunci. Hal ini dikarenakan adanya aturan semakin dekat kata kunci ke domain utama, maka semakin relevan untuk dievaluasi.
Title Tag
Tag judul berfungsi sebagai judul halaman dari situs web yang digunakan dalam pencarian. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam membuat tag judul di antaranya:
1.Panjang maksimal judul adalah 70 karakter
2.Gunakan judul yang menarik untuk memberikan nilai tambah serta mendorong para pembaca untuk datang ke situs anda
3.Berikan judul pada setiap URL
4.Gunakan kata kunci utama pada judul
Meta Description
Pembaca akan memutuskan akan membaca artikel anda atau tidak dengan memerhatikan tag meta deskripsi. Meta description ini berisi tentang rangkuman dari konten yang ada pada halaman web anda dan akan ditampilkan oleh mesin pencari.
Buatlah meta description yang efektif sehingga dapat meningkatkan traffic pengunjung dari web anda. Kemampuan berbahasa yang baik merupakan hal penting yang harus anda kembangkan dalam membuat meta description. Hal ini penting agar anda bisa melakukan permainan kata sehingga dapat menarik perhatian dari pengunjung.
Headings (Heading Tag)
Judul menjadi peran yang sangat penting dalam struktur dokumen. Anda harus berhati-hati dalam menentukan kata kunci apa yang relevan untuk dimasukkan ke dalam judul.
Untuk menentukan judul seperti apa yang menarik minat pengunjung web, posisikan diri anda sebagai pembaca agar dapat mengetahui seberapa menarik judul yang telah anda buat. Buatlah judul yang singkat dan ringkas. Berikan kata kunci yang sesuai dengan konten. Gunakan judul yang jelas agar pembaca tahu apa isi dari konten tersebut.
Text/Content
Ciptakan konten yang unik agar tulisan anda dapat menarik perhatian para pembaca. Konten yang anda buat juga sebaiknya merupakan konten yang terbaru. Sebelum memulai dalam pembuatan konten, pastikan terlebih dahulu apakah konten tersebut sudah pernah dibuat oleh penulis yang lain.
Apabila konten tersebut sudah pernah dibuat oleh penulis lain, maka buatlah konten dengan perspektif lain. Hal ini untuk mengurangi kompetisi dan meningkatkan pengunjung.
Images dan ALT Attributes
Singkatan “ALT” melambangkan istilah dari alternatif. Jika gambar yang anda lampirkan tidak dapat diakses atau ditampilkan, teks ALT bisa menjadi solusi. Hal ini bisa menjadi salah satu alternatif yang jelas dan sederhana untuk menjelaskan gambar apa yang sebenarnya anda coba untuk ditampilkan di web.
Internal Links
Tautan internal menjadi hal yang penting dalam menentukan peringkat sesuai dengan algoritma yang diciptakan oleh Google. Tautan ini biasanya berada pada area konten yang dapat ditemukan di area teks.
Tautan ini mengarah dari suatu halaman ke halaman yang lain namun tetap berada di web yang sama. Hal ini untuk memudahkan navigasi dari pengunjung yang mendatangi web anda.
Pagespeed
Pagespeed adalah durasi kecepatan yang dibutuhkan untuk membuat suatu konten yang ada di web. Tools yang diciptakan oleh google ini memberikan informasi mengenai performa dari kecepatan akses serta memberikan evaluasi agar anda dapat meningkatkan performa tersebut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H