Filsafat Pendidikan" karya R.S. Peters merupakan sebuah karya klasik dalam bidang filsafat pendidikan yang menawarkan wawasan mendalam tentang konsep pendidikan dan pendidikan guru. Buku ini dibagi menjadi dua bagian utama: "Pendidikan" dan "Pendidikan Guru". Melalui berbagai bab yang komprehensif, Peters membahas berbagai aspek pendidikan dari sudut pandang filosofis, memberikan dasar yang kuat bagi pemahaman pendidikan modern dan peran guru di dalamnya.
Buku "Part I: Education
1. Education and the Educated Man
Pada bab ini, Peters mendefinisikan pendidikan dan karakteristik seorang yang terdidik. Ia mengemukakan bahwa pendidikan bukan hanya soal transfer pengetahuan, tetapi juga pembentukan karakter dan pemahaman kritis.
2. The Meaning of Quality in Education
Peters mengeksplorasi apa yang dimaksud dengan kualitas dalam pendidikan. Ia menyoroti pentingnya standar tinggi dalam proses pendidikan dan bagaimana kualitas ini dapat diukur dan dicapai.
3. Ambiguities in Liberal Education and the Problem of Its Content
Bab ini membahas ambiguitas yang ada dalam pendidikan liberal, khususnya mengenai isi kurikulum. Peters mengevaluasi perdebatan tentang apa yang seharusnya diajarkan dalam pendidikan liberal untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
4. Dilemmas in Liberal Education
Peters melanjutkan diskusi tentang pendidikan liberal dengan mengidentifikasi dilema-dilema yang dihadapi, seperti ketegangan antara pendidikan yang berorientasi pada utilitas versus pendidikan untuk pengembangan pribadi.
5. The Justification of Education
Pada bab ini, Peters mencoba memberikan justifikasi filosofis untuk pendidikan. Ia mempertanyakan dan menjawab mengapa pendidikan itu penting dan bagaimana kita bisa membenarkannya dari sudut pandang etis dan praktis.
6. Was Plato Nearly Right about Education?
Peters menganalisis pandangan Plato tentang pendidikan dan mempertimbangkan seberapa dekat pandangan Plato dengan kenyataan dan praktik pendidikan modern. Ia mengeksplorasi relevansi ide-ide Plato dalam konteks kontemporer.
Part II: The Education of Teachers
7. The Place of Philosophy in the Training of Teachers
Di sini, Peters menekankan pentingnya filsafat dalam pelatihan guru. Ia berargumen bahwa pemahaman filosofis tentang pendidikan dapat membantu guru memahami peran dan tanggung jawab mereka dengan lebih baik.
8. 'Education' as a Specific Preparation for Teaching
Bab ini membahas bagaimana pendidikan dapat dilihat sebagai persiapan khusus untuk mengajar. Peters mengkaji kompetensi dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi guru yang efektif.
9. Education as an Academic Discipline
Peters menegaskan bahwa pendidikan harus diakui sebagai disiplin akademis yang sah. Ia membahas tantangan dan potensi dalam pengembangan pendidikan sebagai bidang studi ilmiah.
10. The Role and Responsibilities of the University in Teacher Education
Bab terakhir ini membahas peran dan tanggung jawab universitas dalam pendidikan guru. Peters mengeksplorasi bagaimana institusi pendidikan tinggi dapat mendukung pengembangan profesional guru dan kontribusi mereka terhadap sistem pendidikan.
Kesimpulan
Buku "Filsafat Pendidikan" oleh R.S. Peters adalah panduan yang tak ternilai bagi siapa saja yang tertarik dengan teori dan praktik pendidikan. Peters menawarkan analisis mendalam tentang apa arti pendidikan, bagaimana pendidikan dapat diukur dan dijustifikasi, serta peran penting guru dan universitas dalam membentuk masa depan pendidikan. Buku ini mengajak pembaca untuk berpikir kritis tentang tujuan dan metodologi pendidikan, serta untuk menghargai kompleksitas dan pentingnya pendidikan dalam masyarakat.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI