Mohon tunggu...
Manggali Patarwani
Manggali Patarwani Mohon Tunggu... Pramusaji - Manggali Patarwani

Manggali Patarwani

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

6 Alasan Mengapa Kamu Harus Coba Asuransi Kesehatan Online

19 Januari 2022   23:53 Diperbarui: 19 Januari 2022   23:59 216
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mudah mengajukan asuransi secara online. Sumber ilustasi: BENZOLX/Freepik

Apa yang membuat saya membeli asuransi? Tentu saja yang pertama adalah kepercayaan. Trust. Bahwa uang saya dipakai untuk "membeli kenyamanan" yang bisa dipercaya.

Kedua, adalah pertimbangan harga yang harus dikeluarkan. Apakah biaya yang saya keluarkan sepadan dengan proteksi yang saya dapatkan? Apakah sesuai dengan kebutuhan saya? Apakah overpriced dibanding produk lainnya? Apakah sudah meng-cover penyakit-penyakit dan kondisi yang saya harapkan? Apakah biayanya masuk akan bila dibandingkan dengan penghasilan saya tiap bulannya? Dan lain sebagainya.

Dan yang ketiga adalah kemudahan. Karena pada dasarnya tidak semua orang memiliki kemampuan membaca polis asuransi dengan teliti dan dapat menghapal satu-persatu klausul dengan saksama. Karena itulah, kita biasanya meminta bantuan kepada agen untuk dijelaskan benefit, biaya, dan bagaimana cara pencairan pertanggungannya suatu hari nanti.

Untuk yang poin ketiga ini, ada kelemahannya. Saya sendiri suka bertanya-tanya dalam hati.

"Agen asuransi seperti apa yang bisa kita percayai?" atau "Bagaimana jika saya diperdaya oleh agen asuransi?" atau "Bagaimana jika suatu hari nanti agen tersebut tidak siap sedia membantu pencairan dana pertanggungan?" Dan lain sebagainya.

Oleh karena itulah --mungkin-- perusahaan asuransi masa kini membantu nasabah untuk mengenali ragam produk tanpa harus cap cip cup pilih agen asuransi. Salah satunya dengan perangkat digital yang diakses kapan saja dan di mana saja. Website, aplikasi, dan lain sebagainya.

Fasilitas digital ini memungkinkan kita untuk:

  1. Mencari tahu lebih lanjut produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kita
    Penting nih! Khususnya buat kita-kita yang mau kepo dulu sebelum membeli. Apalagi biasanya kan perusahaan asuransi punya banyak produk yang masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan. Fitur ini juga membantu kita membandingkan plus minus antara satu brand dengan brand lainnya.

  2. Proses registrasi yang mudah
    Biasanya kalau asuransi kesehatan online itu akan memberikan semacam formulir untuk kita isi secara daring. Dadah-dadah deh sama kertas dan foto kopi-foto kopian. Setelah itu, tak perlu follow up ke agen, kita bisa melihat sendiri perkembangan pengajuan secara online.

  3. Memahami lebih lanjut tentang klausul yang tertera
    Terpaksa tanda tangan surat kesepakatan karena langsung disodori berkasnya di depan mata? Asuransi yang memiliki prosedur digital tentunya akan memberi waktu yang lebih lowong untuk kita memahami klausulnya. Meski nggak kuliah hukum, bisa lah perlahan-lahan kita baca hingga paham.

  4. Memberikan jalur pembayaran yang lebih transparan
    Mau autodebit atau setor manual? Tak masalah. Setiap bulan bakal ketahuan berapa rupiah yang sudah ditarik dari rekening. Kita pun jadi mudah memantau pengeluaran kita!

  5. Mencairkan uang pertanggungan dengan prosedur yang lebih praktis dan jelas (bisa dipantau tahapannya)
    Mau klaim ke mana ya kalau agen yang dulu membantu kita, kini sudah tak lagi bekerja di perusahaan asuransi tersebut? Dengan asuransi digital, kita tak perlu lagi bergantung ke agen asuransi. Kita bisa secara mandiri mengajukan klaim dengan mengikuti tahapan yang sudah tertera pada halaman website atau aplikasi asuransi. Bahkan tahapan perkembangannya bisa kita pantau dari hari ke hari.

  6. Memproteksi kita dari agen-agen palsu dan pihak yang tidak bertanggung jawab
    Fungsi ini sangat membuat nyaman para milenial dan siapapun yang lebih suka mempertimbangkan pilihannya seorang diri tanpa intervensi agen-agen asuransi. Kalaupun kita membutuhkan bantuan agen, maka kita tinggal mengontak nomor CS yang tertera dan akan langsung tersambung dengan agen resmi yang tentunya sudah terlatih

Selain 6 manfaat di atas, biasanya asuransi kesehatan online juga memberikan bonus layanan konsultasi online dengan dokter secara daring. Kemudahan-kemudahan ini sedikit banyak membuat saya bersyukur bahwa kita sudah hidup di era yang Lebih OptimAll sehingga sangat memudahkan segala aktivitas kita.

Sekarang saya sedang dalam tahap mau mencari asuransi apa yang sekiranya bisa membantu saya mendapatkan kemudahan-kemudahan tersebut. Saat ini saya sudah memiliki 1 asuransi jiwa yang belum lama ini sudah mengubah mekanisme pendaftarab, klaim, dan lain-lainnya ke bentuk digital. Rasanya nyaman sekali! Saya jadi tak perlu merepotkan agen asuransi untuk mengetahui printilan-printilan dalam asuransi saya.

Tetapi saat ini saya belum punya asuransi online selain yang wajib dari pemerintah nih. Mungkin saya akan coba kepoin Allianz OptimAll karena dengar-dengar mereka punya prosedur yang asyik buat kita yang masih mau riset. Dan pertanggungannya pun menggiurkan.

Jadi, mau kita kepoin sekarang? Yuk!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun