Mohon tunggu...
Suharyanto Mallawa
Suharyanto Mallawa Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan Perpusnas

Belajar Menulis Kepustakawanan dan Perpustakaan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Konten Media Sosial bagi Pustakawan

25 November 2022   17:36 Diperbarui: 25 November 2022   17:38 440
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Pusbiola-Pengolahan

Sore ini, Jumat 25 November 2022 selepas jam kerja saya menikmati bacaan tulisan tentang Mengembangkan Konten Media Sosial Bagi Pustakawan: Pustakawan, Buat Konten Yuk!. Karya ini ditulis oleh Ashry Noviana Fajry Pustakawan Pusdiklat Aparatur Perdagangan Kementerian Perdagangan. Ashry dalam tulisannya menyampaikan tiga pokok bahasan utama, yaitu Strategi pemasaran konten, Pustakawan dan angka kreditnya dan Tips membuat konten sederhana.

Sebagai awal tulisan, Ashry menuliskan tentang pemasaran digital, pengertian media sosial dan fungsi media sosial.

Fungsi Media Sosial Untuk Perpustakaan yang dituliskan antara lain:

1. Menginformasikan jenis layanan yang diselenggarakan

2. Menginformasikan koleksi, baik koleksi tercetak maupun koleksi digital pada database yang dilanggan

3. Menginformasikan kegiatan/acara yang diselenggarakan di perpustakaan

4. Menginformasikan berbagai prosedur/tata cara berkaitan dengan layanan atau fasilitas di

perpustakaan baik kepada pengguna utama maupun pengguna potensial

5. Sebagai alat layanan pelanggan yang dapat meminta partisipasi juga Menampung keluhan, saran, permintaan dan umpan balik

 6. Mendekatkan instansi perpustakaan dengan penggunanya melalui public awareness di bidang perpustakaan

Lebih menarik lagi Ashry juga menyampaikan tentang hasil survey sederhana Putranto dan Fajry (2018) yang menyatakan bahwa 57 Pustakawan di berbagai perpustakaan di Indonesia tahun 2018 tentang Strategi pemasaran konten perpustakaan di Indonesia dengan instgram. 73.5 % responden tidak melakukan kurasi saat mengelola konten Instagram.

Uraian lainnya yang dikupas dalam tulisan ini tentang

  • Pemasaran perpustakaan di dunia saat ini dengan mengambil contoh praktis yang dilakukan oleh IFLA melalui program IFLA International Marketing Award Winners yang telah dilakukan mulai tahun 2018 sampai tahun 2021.
  • Tren promosi dan pemasaran perpustakaan di dunia
  • Strategi pemasaran konten
  • Kualitas konten marketing manager
  • Pembuatan konten dan angka kreditnya

Pamungkas dari isi tulisan ini mengajak pustakawan untuk mempraktikan pembuatan konten video pendek, dan pastinya sebagai seorang pustakawan tulisan ini ditutup dengan rujukan tulisan berupan referensi.

Sebagai akhir tulisan saya mengucapkan terima kasih buat teman-teman Tim Pengolahan Bahan Perpustakaan yang telah mengadakan acara pengembangan potensi diri pustakawan yang dikemas  dalam acara sosialisasi Konten Media Sosial Bagi Pustakawan.

 Sumber Foto Pusbiola-Pengolahan
 Sumber Foto Pusbiola-Pengolahan

Terima kasih untuk Mbak Narasumber, saya sampaiakan melalui pesan WA. Assalamualaikum mbak Ashry, saya atas nama Pusat Bibliografi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan, mengucapkan terima kasih buat mbak Ashry yang sdh berkenan menjadi narsum dan berbagi pengetahuan dengan teman-teman kami di Pusbiola.

Semoga ilmunya bermanfaat dan membawa keberkahan buat kita semua. Mohon maaf tadi saya tidak sempat hadir.

Sekali lagi terima kasih. Salam sehat dan berkah selalu. Suharyanto

Ashry: Waalaikumsalam pak Suharyanto. Terima kasih juga ya pak,  Mohon maaf kalau ada kekurangan. semoga sehat selalu juga ya pak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun