Mahasiswa Universitas Nurul Huda (Unuha) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) semester I melakukan sebuah kegiatan wawancara kepada kepala sekolah Madrasah Aliyah Al-falah putak Bpk. Abdul ghofur S.Pd.I , dimana kegiatan ini berisikan tanya jawab tentang menejemen personalia yang di terapkan di lembaga. Kegiatan wawancara ini di laksanakan oleh kelompok 1 yang beranggotakan 2 orang : Malik & Mufliha.
Kamis, 18 januari 2024
Ma'am Nia kurniati M.Pd. selaku dosen Pengampu mata kuliah menejemen pendidikan memberikan kami tugas membuat artikel dan juga video wawancara tentang topik yang telah kami presentasikan sebelumnya , guna memenuhi nilai ujian akhir kami di universitas nurul huda sukaraja, oku timur.
Kegiatan wawancara ini kami lakukan di berbeda tempat atau dengan kata lain kami mewawancarai narasumber secara online , dikarenakan kendala waktu dan jarak . Namun itu tidak menghambat niat besar kami untuk belajar lebih banyak tentang menejemen personalia pendidikan kepada narasumber kami.Â
Dalam wawancara yang disampaikan bapak abdul ghofur S.Pd.I tersebut , beliau menjawab beberapa pertanyaan yang di ajukan oleh pewawancara dengan tegas dan lugas , juga disertai beberapa toleransi argumen dan juga kebebasan berpendapat .
Diluar video beliau juga menjelaskan lebih mendasar tentang jawaban yang telah beliau sampaikan , bahwasanya "lembaga yang bagus akan mempunyai sistem personalia yang sangat kompleks , sedangkan untuk sampai pada titik tersebut membutuhkan kurun waktu yang terbilang tidak sebentar, untuk Madrasah Aliyah Al-falah putak sendiri masih dalam tahap perbaikan dan perbaikan" . Ujar beliau.
"Menejemen personalia ini harus nya lebih mengacu pada kesejahteraan pegawai agar sistem yang telah diterapkan pada personalia itu tidak di manipulasi serta menumbuhkan kesadaran kepada individual untuk lebih maju dalam mengembangkan bidang nya masing-masing". Beliau menambahkan.
Dikutip dari media kumparanÂ
"Manajemen adalah ilmu dan seni mengelola suatu proses penggunaan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya secara efektif untuk mencapai tujuan tertentu. Pegawai adalah seluruh anggota organisasi yang bekerja untuk kepentingan organisasi, termasuk untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan"Â
Menurut penulis sendiri menejemen personali adalah serangkaian kegiatan yang memiliki tujuan untuk mencari serta memikat para pelamar pekerjaan dengan memberikan sebuah motivasi agar mereka dapat memperlihatkan pengetahuan dan kemampuan, pengetahuan kepegawaian dalam sebuah lembaga pendidikan.
Akhir kata , ucapan terima kasih kepada seluruh pihak terkait dan juga dosen pengampu kami yang telah memperkenalkan kepada kami metode belajar melalui artikel seperti ini. Harapan penulis kedepan nya semoga akan ada lebih banyak lagi sistem belajar yang menarik bagi kami mahasiswa Universitas Nurul Huda .
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H