Mohon tunggu...
M Ali Ariyogis
M Ali Ariyogis Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Been Better Corp

1 Juni 2018   23:21 Diperbarui: 1 Juni 2018   23:53 381
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

BAB I PENDAHULUAN

Globalisasi merupakan sebuah fenomena yang terjadi di seluruh belahan dunia. Globalisasi berdampak pada berbagai aspek di kehidupan masyarakat. Salah satu dampak dari globalisasi adalah perkembangan teknologi yang seakan-akan tidak ada habisnya. Teknologi tersebut pada umumnya dipergunakan untuk membantu kehidupan manusia.

Seiring perkembangan zaman, manusia memiliki bebutuhan yang selalu meningkat. Mulai dari kebutuhan pangan, sandang, hingga kebutuhan akan teknologi. Teknologi telah melekat pada masyarakat dan bukan merupakan hal yang asing. Kehidupan manusia secara garis besar selalu bersinggungan dengan teknologi yang ada.

Lembaga riset digital marketing Emarketer memperkirakan pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang. Penetrasi Internet di Indonesia pada 2014, menurut Internetlivestats, berada di kisaran 17 persen. Sedangkan di India di angka 19 persen. Tingkat penetrasi Internet di Indonesia bahkan kalah jauh dibanding negara-negara Asia Tenggara, seperti Vietnam (43 persen), Filipina (39 persen), Malaysia (40 persen), dan Singapura (81 persen)

Dengan tingginya angka penggunaan smartphone dan rendahnya tingkat pemanfaataan internet dalam konteks penetrasi kepada bisnis. Dalam hal tersebut dapat diketahui bahwa peluang untuk indsutri digital di Indonesia sangatlah terbuka. Dapat dilihat dari berbagai startup industry digital yang mendapatkan suntikan dana dari investor luar negeri seperti gojek, tokopedia, dll.

Berdasarkan pernyataan diatas, timbul sebuah ide bisnis mengenai industry digital yang bergerak pada bidang website dan aplikasi dengan focus pada pengembangan system di dalam organisasi. System online apabila dipergunakan di dalam organisasi akan mendorong terciptanya efisiensi dan efektifitas dari organisasi tersebut terkait dengan aktivitas yang dijalankannya. Pembenahan system organisasi dapat membantu organisasi tersebut untuk berkembang mengikuti perkembangan teknologi dan mencapai tujuan organisasi serta meningkatkan pemanfaatan internet dalam konteks bisnis di Indonesia.

Permasalahan yang akan dihadapi dalam menjalankan ide bisnis tersebut adalah persaingan yang ketat dari perusahaan besar penyedia layanan tersebut, jumlah kebutuhan modal dana yang tidak sedikit, serta sulitnya mencari tenaga ahli dalam bidang teknologi dan pengembangan internet tersebut.

BAB II BUSINESS MODEL CANVAS

  • Cutomer Segments

Dalam bisnis ini segmentasi pasar yang akan di tuju yaitu segmented, dimana model bisnis ini akan membedakan segmen pasar dari kebutuhan pelanggan dan masalahnya masing-masing. Selain sebagai pengembang website dan aplikasi yang ditujukan kepada system di dalam organisasi, kami juga berupaya untuk menjadi jasa konsultasi kepada organisasi dalam mencari solusi terkait system yang berlaku.

Pembedaan antar segmen akan terbagi menjadi 2 segmen pasar yaitu untuk pelajar dan bisnis. Pada umumnya pelajar tidak akan menggunakan database yang besar dan system yang terintegrasi dengan banyak aspek dalam organisasi, sehingga proposisi nilai, saluran distribusi, dan hubungan pelanggan yang dibangun akan berbeda dengan segmen bisnis yang mayoritas lebih besar cakupannya.

  • Value Propositions

Proposisi nilai yang akan dibangun sebagai bentuk pemecahan masalah yang dihadapi oleh pelanggan dan memuaskan kebutuhannya adalah Performance, dan Accessibility. Performance yang dimaksudkan disini ditujukan untuk meingkatkan kinerja produk dan layanan kepada konsumen. Peningkatan kinerja tersebut merupakan implikasi dari focus yang akan bisnis ini bawa yaitu terhadap system yang ada di dalam organisasi. Dengan tersusunnya system yang baik maka kinerja dari organisasi pun akan meningkat.

Accessibility  adalah nilai lain yang ingin kami bawa kepada konsumen terutama pada segmen pelajar. Pada umumnya pelajar kesulitan untuk memiliki akses kepada layanan pengembang website dan aplikasi karena mayoritas layanan tersebut merupakan pengembang guna sebatas profil dan bahan publikasi, sehingga sebagai pelajar ataupun mahasiswa memiliki kesulitan untuk mengakses jasa tersebut. Bisnis ini berupaya agar pelajar memiliki kemudahan dalam mengkases jasa yang kami tawarkan guna mempermudah jalannya organisasi mereka di sekolah maupun kampus.

  • Channels

Awareness

Menciptakan awareness kepada calon konsumen dalam bisnis ini akan dilakukan promosi melalui media social yang ada serta menjalin relasi dengan beberapa sekolah, kampus, atau  organisasi dalam menawarkan jasa. Dalam meningkatkan awareness bisnis ini akan melakukan berbagai publikasi terkait studi kasus kemudahan dari penggunaan system dalam organisasi yang berbasiskan kepada internet. Melalui berbagai pameran di sekolah maupun kampus dapat dilakukan untuk menimbulkan awareness dari calon konsumen.

Evaluation

Jasa konsultas bisa menjadi salah satu upaya yang bisnis ini lakukan dengan melakukan analisis terkait system yang berlangsung di dalam suatu organisasi.  Dengan adanya bentuk konsultasi akan memungkinkan konsumen untuk mengevaluasi serta meyakinkan proposisi nilai yang bisnis ini tawarkan.

Purchase

Untuk melakukan pembelian terkait jasa yang bisnis ini tawarkan, kami menggunakan system online yang dapat di akses pada platform yang dimiliki. Pelanggan dapat mengisi sebuah form yang berisikan tentang bagaimana kebutuhan dari konsumen dan permasalah apa yang sekiranya dihadapi. Setelah itu dalam bisnis ini akan mengadakan meeting dengan calon konsumen untuk memastikan terkait keinginan konsumen agar dapat terpenuhi sekaligus melakukan diskusi.

Delivery

Menyampaikan jasa bisnis ini kepada konsumen akan dilakukan dengan memberikan tampilan awal atau rancangan terkait website ataupun aplikasi yang mereka inginkan sebelum akhirnya dapat di publish di dalam organisasi atau kepada masyarakat luas. Setelah konsumen merasa cocok dengan hal tersebut barulah dapat kami proses lebih lanjut terkait penggunaannya.

After Sales

Dukungan purna jual yang akan kami lakukan yaitu dengan memberikan jasa maintenance dalam periode waktu tertentu, hal tersebut guna memastikan bahwa system yang dibentuk dapat berjalan dengan baik. Kemudian survey kepuasan konsumen atas layanan yang kami berikan.

  • Customer Relationships

Co-Creation menjadi bentuk hubungan yang akan kami jalin dengan konsumen. Kami akan meminta testimony terhadap jasa yang kami berikan sehingga dapat menarik pelanggan baru serta dalam hal pengembangan jasa yang kami berikan kepada para konsumen. Bersama dengan konsumen bisnis ini akan menciptakan bentuk usaha yang memiliki keberlajutan.

  • Revenue Streams

Bentuk dari arus pendapatan yang ditetapkan dalam bisnis ini yaitu Dynamic Pricing dan Yield Management, dimana harga yang diberikan kepada konsumen sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh para konsumen. Negosiasi dapat dilakukan dengan penyesuaian terhadap layanan yang diberikan kepada konsumen.

  • Key Activites

Aktivitas kunci yang dilakukan dalam bisnis ini yaitu Marketing, Consulting, dan Production. Marketing yang kami lakukan dipergunakan untuk menargetkan segmentasi pasar yang dituju, hal tersebut berkaitan dengan peningkatan minat konsumen akan jasa yang bisnis ini tawarkan serta kegunaannya. 

Consulting merupakan aktivitas lain yang ditujukan untuk memahami lebih lanjut keinginan dari konsumen serta permasalahan yang mereka hadapi. Hal tersebut berguna untuk menentukan bentuk layanan seperti apa yang sekiranya cocok dengan kondisi organisasi. Production dalam hal ini bertujuan untuk membentuk system yang diinginkan berserta dengan penyesuaian media yang pas, begitupula dengan system pengkodean dan komputerisasi yang akan dilakukan.

  • Key Resources

Permodalan menjadi salah satu sumber daya yang dibutuhkan guna menjalankan bisnis ini, kemudian tenaga manusia yang memiliki kapabilitas dalam membentuk system yang diinginkan oleh konsumen begitupula tenaga konsultasi kepada konsumen guna memahami permasalahan dan kebutuhannya.

  • Key Partners

Bermitra dengan penyedia jasa layanan Interet Service Provider (ISP) dan juga mitra teknologi lainnya dalam menyediakan "bahan baku: pembentukan sebuah website atau aplikasi seperti penyedia domain, dan akses menuju platform besar seperti google.

  • Cost Structure

Production menjadi salah satu aktivitas yang akan menggunakan biaya terbesar yakni terkait tenaga manusia yang mengoperasikan serta bahan pendukung lainnya yang menunjang. Operation yaitu biaya operasi dalam bisnis ini seperti kebutuhan alat-alat computer, listrik, dll. Marketing berupa bentuk pemasaran yang dilakukan secara massive kepada target dari konsumen yang menjadi segmentasi pasar bisnis ini.

BAB II PENUTUP

Menemukan sebuah bisnis merupakan hal yang mudah, mudah dalam hal untuk menemukan ide berdasarkan pengalaman serta pengetahuan yang dimiliki. Tetapi bagian tersulitnya adalah menjalankan ide tersebut, karena ide hanya akan menjadi ide apabila tidak dijalankan. Dibutukan sumber daya yang begitu besar dalam menjalankan sebuah bisnis, dan mempertahakan bisnis juga merupakan kesulitan yang lain. 

Oleh karena itu sebagai seorang yang dikarunia pengetahuan ada baiknya apabila bisnis yang diinginkan dapat berjalan dengan baik yang dinaungi pula dengan tekad yang kuat serta kemampuan untuk mencari sumber daya yang dibutuhkan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun