Tugas Eksplorasi Konsep Modul 1.2
Diagram Identitas Gunung Es dengan Penumbuhan Profil Pelajar Pancasila
Apa kaitan antara diagram identitas gunung es dengan penumbuhan Profil Pelajar Pancasila pada murid dan transformasi pendidikan?Â
Berdasarkan paparan video yang berisi tentang Diagram Identitas Gunung Es menggambarkan secara eksplisit bahwa setiap manusia memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam dirinya.
Sifat intrinsik itu berupa jiwa dan pemikiran yang sangat mendominasi perilaku manusia sendiri ketika berkehidupan dengan manusia lainnya.
Kecenderungannya adalah setiap manusia ketika memiliki kodrat yang tertanam dan tersembunyi di dalam dirinya dapat membentuk karakter manusia secara ekstrinsik tentu nilai-nilai kemanusiaan akan terwujud nyata.
Dengan kodrat jiwa dan pemikiran yang diberikan Tuhan, ketika manusia bisa mengolahnya dengan baik, maka akan terwujud konsistensi perilaku yang juga baik, tentu dengan penumbuhan benih kebaikan dalam dirinya tersebut semenjak dalam kandungan seorang ibu.
Bagaimana para ibu bersikap dan berperilaku yang baik turut mempengaruhi kejiwaan si janin dalam kandungannya, bahkan reaksi emosi pun sangat berpengaruh pada kesehatannya. Makanya dalam pemahaman KHD keluarga adalah tempat paling utama dalam menumbuhkan dan menyemai benih-benih kebudayaan. Dari sanalah anak-anak akan tumbuh dengan baik secara kodratnya. Penanam itu berupa penanaman seni, pengetahuan, budi pekerti dan lain-lain.
Namun demikian, kodrat intrinsik yang dimiliki manusia pun sejatinya tidak akan tumbuh dengan baik jika proses penggunaannya bukanlah sebuah proses yang baik. Anak-anak akan terbentuk semakin menyimpang dan keluar dari fitrahnya apabila pihak-pihak yang menyemai itu melakukan kesalahan.
Maka dari itu, karakter tampak di luar sejatinya buah penumbuhan dan perawatan karakter dan pikiran yang ada dalam diri masing-masing individu.
Jika karakter yang bersifat intrinsik itu baik dan disemai dengan cara yang baik dan ditumbuhkan dengan cara yang baik pula, maka besar kemungkinan penumbuhan kebaikan akan berjalan baik.
Apalagi dalam konteks penumbuhan Profil Pelajar Pancasila, tentu berdasarkan pada karakter intrinsik yang dimiliki anak-anak dan bukan hanya apa yang nampak dari luarnya saja.
Melakukan pengkondisian dengan keteladanan dan membuat aturan dan melakukan aturan itu dengan konsistensi pula.
Apa konsekuensi logis dari diagram identitas gunung es pada peran saya sebagai Guru Penggerak dalam transformasi pendidikan?
Konsekuensi logis dari diagram Identitas gunung es dan peran sebagai guru penggerak adalah bagaimana seorang guru penggerak dapat memanfaatkan motivasi intrinsik dari siswa dan terus menumbuhkan karakter baik itu menjadi pola pembiasaan yang baik. Tentu semua itu akan berkaitan dengan banyak pihak yang terkait.
Apalagi dalam proses transformasi pendidikan, guru penggerak seharus menjadi bagian penting yang akan membawa proses transformasi itu dengan melibatkan banyak unsur di dalamnya. Bagaimana menjadikan siswa sebagai sumber inspirasi, menjadikan orang tua sebagai pendamping sekaligus guru dan fasilitator bagi anak-anaknya dan segenap rekan-rekan guru dan kepala sekolah serta masyarakat sekitar sebagai aset yang berharga dalam mensukseskan pengembangan Profil Pelajar Pancasila.
Dan konsistensi logis dari peran saya sebagai guru penggerak adalah secara total harus menunjukkan keteladanan yang baik dan membuat aturan serta mengikuti aturan yang telah ada dengan semangat yang konsisten pula agar proses pengembangan Profil Pelajar Pancasila dapat tercapai dengan baik.
Salam dan Bahagia
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H