Apa sih ilmu psikologi itu? Mengapa kita harus mempelajari ilmu psikologi? Nah tentu kita semua bertanya-tanya mengenai ilmu psikologi dan psikologi sendiri terbagi bermaca-macam, ada psikologi remaja, psikologi, wanita, psikologi anak, psikologi pendidikan, psikologi kesehatan, psikologi perkembangan, dan lain sebagainya karena banyak banget pembagiannya.
Di sini akan sedikit membahas mengenai psikologi perkembangan dan peranannya dalam pendidikan.
Sebagai seorang guru diharuskan mengerti dan memahami tentang psikologi karena psikologi sangat penting kaitannya hubungan guru dengan siswa dalam proses pembelajaran, tanpa menggunakan ilmu psikologi akan sangat sulit untuk memahami semua karakter siswa dan bagaimana pendekatannya.
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari jiwa, karakter, tingkah laku manusia dalam segala aktivitasnya, manusia yang individu maupun berkelompok. Psikologi perkembangan adalah ilmu yang mempelajari mengenai segala bentuk prubahan tingkah laku manusia dalam segala aktivitasnya yang cenderung menyertai pertumbuhannya.
Peranan psikologi dalam pendidikan sangat berkaitan karena untuk memudahkan guru mengetahui, memahami dan mengenal karakter siswa, supaya guru tersebut dapat menyesuaikan dirinya untuk mendidik siswa tersebut.
Peranan Psikologi Perkembangan dalam dunia Pendidikan.
1. Fakta-fakta Psikologis yang dimiliki oleh Peserta Didik
Fakta-fakta mengenai peserta didik, khususnya fakta psikologis sangat perlu dipahami oleh pendidik. Dilihat dari segi psikologis, dapat di identifikasikan sebagai berikut.
a. Â Â Peserta didik merupakan suatu kesatuan dari berbagai aspek dalam dirinya, (bio, psiko, sosio, spiritual dan juga afektif, kognitif, maupun psikomotorik).
b. Â Â Peserta didik memiliki berbagai potensi masing-masing.
c. Â Â Â Peserta didik adalah individu yang sedang tumbuh dan berkembang.
d. Â Â Peserta didik merupakan makhluk yang aktif, kreatif dan inovatif.
e. Â Â Peserta didik mempunyai sifat-sifat yang unik dalam dirinya.
Mendidik Ditinjau dari Perspektif Perkembangan
Mendidik pada dasarnya adalah membantu atau mengarahkan perkembangan peserta didik supaya segala potensi yang dimilikinya dapat berkembang secara optimal. Potensi-potensi positif peserta didik memerlukan stimulus atau rangsangan dari lingkungannya. Tanpa stimulus akan sulit untuk berubah potensi-potensinya menjadi kemampuan yang diharapkan. Di sinilah kehadiran seorang pendidik diperlukan, agar stimulus dapat membantu pendidik kepada peserta didik  yang benar-benar bermakna dan terarahkan. Maka pendidik diharuskan memahami lmu psikologi perkembangan untuk menajalankan proses pembelajarannya dengan baik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H