Mohon tunggu...
Makrus Am
Makrus Am Mohon Tunggu... Mahasiswa -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pentingnya Psikologi Perkembangan di Dunia Pendidikan

31 Maret 2016   09:01 Diperbarui: 31 Maret 2016   09:11 3444
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Apa sih ilmu psikologi itu? Mengapa kita harus mempelajari ilmu psikologi? Nah tentu kita semua bertanya-tanya mengenai ilmu psikologi dan psikologi sendiri terbagi bermaca-macam, ada psikologi remaja, psikologi, wanita, psikologi anak, psikologi pendidikan, psikologi kesehatan, psikologi perkembangan, dan lain sebagainya karena banyak banget pembagiannya.

Di sini akan sedikit membahas mengenai psikologi perkembangan dan peranannya dalam pendidikan.

Sebagai seorang guru diharuskan mengerti dan memahami tentang psikologi karena psikologi sangat penting kaitannya hubungan guru dengan siswa dalam proses pembelajaran, tanpa menggunakan ilmu psikologi akan sangat sulit untuk memahami semua karakter siswa dan bagaimana pendekatannya.

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari jiwa, karakter, tingkah laku manusia dalam segala aktivitasnya, manusia yang individu maupun berkelompok. Psikologi perkembangan adalah ilmu yang mempelajari mengenai segala bentuk prubahan tingkah laku manusia dalam segala aktivitasnya yang cenderung menyertai pertumbuhannya.

Peranan psikologi dalam pendidikan sangat berkaitan karena untuk memudahkan guru mengetahui, memahami dan mengenal karakter siswa, supaya guru tersebut dapat menyesuaikan dirinya untuk mendidik siswa tersebut.

Peranan Psikologi Perkembangan dalam dunia Pendidikan.

1. Fakta-fakta Psikologis yang dimiliki oleh Peserta Didik

Fakta-fakta mengenai peserta didik, khususnya fakta psikologis sangat perlu dipahami oleh pendidik. Dilihat dari segi psikologis, dapat di identifikasikan sebagai berikut.

a.     Peserta didik merupakan suatu kesatuan dari berbagai aspek dalam dirinya, (bio, psiko, sosio, spiritual dan juga afektif, kognitif, maupun psikomotorik).

b.     Peserta didik memiliki berbagai potensi masing-masing.

c.      Peserta didik adalah individu yang sedang tumbuh dan berkembang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun