Salah satu layanan bimbingan dan konseling dengan menggunakan teknologi komputer khusus nya internet adalah E-counseling. Konseling melalui e-mail sering disebut juga dengan email therapy, online therapy atau e-counseling.
Email counseling merupakan proses terapeutik yang didalamnya termasuk menulis selain pertemuan secara langsung dengan konselor.
Email merupakan cara baru untuk berkomunikasi secara tepat cepat dan efektif melalui internet. Hal ini tidak bermaksud untuk menggantikan konseling tatap muka, tetapi dapat menjadi salah satu cara dalam membantu klien memecHkan masalahnya pada jarak jauh tanpa bertemu langsung dengan konselor.Â
E-counseling merupakan salah satu cara yang efektif dan efisien dalam proses konseling jarak jauh yang dilakukan antar konselor dan klien untuk membantu masalah-masalah yang berkaitan dengan perkembangan kepribadian dan kehidupan klien melalui surat atau tulisan pada internetÂ
E-counseling memerlukan waktu dalam menulis kepada konselor mengenai jenis bantuan apa yang diinginkan klien.klien dapat mengirimkan inisial email dengan keterangan pada suatu situasi yang dirasakan klien. Kemudian konselor akan membalas email dalam waktu maksumum 72 jam hari kerja sesegera mungkin atau dalam hari yang sama.
Mengirimkan atau menulis email kepada konselor merupakan proses terapeutik karena klin tidak bertemu langsung dengan konselor (Http://www.google/patricia_role's.com). Kekuatan e-counseling terletak pada menulism respon atau bantuan yang diberikan konselor bergantung kepada informasi yang diberikan. Klien tidak perlu mengirimkan seluruh kisah hidupnya, cukup dengan memilih informasi yang dirasakan pada satu situasi yang merupakan masalah.
Berikut adalah langkah menulis email kepada konselor yang terdapat dalam www.patricia_role's com
1. Menuliskan nama awal atau nama panggilan
2. Nama lengkap, nomor telepon dan alamat tetapi hal ini tidak terlalu penting
3. Alamat email yang digunakan dalam proses konseling
4. Jenis kelamin, usia dan posisi dalam keluarga
5. Pengaruh masalah dalam kehidupan
6. Lamanya masalah dalam kehidupan
7. Usaha yang telah dilakukan dalam mengidentifikasi masalah :hal - hal apa yang telah dibanti dan apa yang belum dibantu
8. Pengalaman terapi sebelumnya
9. Informasi relevan mengenai latar belakang klien sebagai bahan pertimbangan konselor, seperti pekerjaan, pendidikan, perjalan karir, gaya kepribadian, hubungan yang signifikan, keluarga dan latar belakang keluarga, nilai yang dianut, stres, merasa kehilangan atau perubahan dalam hidup dalam hal yang menjadi support dalam hidup
10. Tantangan-tantangan lain yang menjadi penting
11. Apa yang diharapkan dari e'counseling
12. Alasan mengapa memilih situs ini
Setelah klien menulis seperti langkah-langkah diatas, konselor akan me-reply atau menjawab email yang dikirim klien dalam waktu 72jam hari kerja sesegera mungkin dalam hari yang sama.
Semoga bermanfaat !
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H