RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran. RPP berfungsi sebagai panduan bagi guru dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap tentang RPP dan cara pembuatannya atau Cara Membuat RPP yang baik dan benar. Mari kita mulai!Â
Pengertian RPP
RPP adalah singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP merupakan dokumen yang dibuat oleh guru sebagai panduan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. RPP dikembangkan berdasarkan silabus dan bertujuan untuk mencapai kompetensi yang telah ditetapkan dalam Kurikulum [3].
 Tujuan RPP
Tujuan utama dari Cara pembuatan RPP adalah untuk memastikan bahwa kegiatan pembelajaran berjalan dengan terarah dan sesuai dengan tujuan Kompetensi Dasar (KD) yang telah ditetapkan. RPP juga membantu guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik [1].
Prinsip-prinsip Pembuatan RPP
Dalam Cara Membuat RPP, terdapat beberapa prinsip yang perlu diperhatikan, antara lain:
- Memperhatikan perbedaan individu peserta didik: RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan peserta didik [1].
- Mendorong partisipasi aktif peserta didik: Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, aktivitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar [1].
Komponen RPP
RPP terdiri dari beberapa komponen yang harus diisi dengan baik dan benar. Berikut adalah komponen-komponen yang ada dalam RPP:
- Identitas RPP: Meliputi nama sekolah, mata pelajaran, kelas, semester, dan waktu pelaksanaan pembelajaran.
- Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD): Menjelaskan tentang tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
- Indikator Pencapaian Kompetensi: Merupakan petunjuk yang menggambarkan tingkat pencapaian kompetensi yang diharapkan.
- Materi Pembelajaran: Merupakan materi yang akan diajarkan kepada peserta didik.
- Langkah-langkah Pembelajaran: Merupakan tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran.
- Penilaian: Merupakan metode atau instrumen penilaian yang digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik.
- Sumber Belajar: Merupakan referensi atau bahan bacaan yang digunakan dalam pembelajaran.
- Media Pembelajaran: Merupakan alat atau media yang digunakan dalam proses pembelajaran [3].
Cara Membuat RPP
Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat RPP:
- Menentukan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang akan diajarkan.
- Menentukan indikator pencapaian kompetensi yang sesuai dengan SK dan KD yang telah ditentukan.
- Menyusun materi pembelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didik.
- Merencanakan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran.
- Menentukan metode atau instrumen penilaian yang akan digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik.
- Menyusun sumber belajar yang akan digunakan dalam pembelajaran.
- Menentukan media pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran.
- Melakukan revisi dan penyesuaian jika diperlukan.
Contoh RPP
Berikut adalah contoh RRPP dan Cara Pembuatnya: Panduan Lengkap untuk Pemula artikel lainya anda bisa baca di RPP Kurikulum Merdeka
Pendahuluan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran. RPP berfungsi sebagai panduan bagi guru dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap tentang RPP dan cara pembuatannya. Mari kita mulai!
I. Pengertian RPP
RPP merupakan singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP biasanya dikembangkan dari silabus dan dibuat untuk satu pertemuan tatap muka atau lebih. Pembuatan RPP dilakukan agar kegiatan pembelajaran bisa berjalan dengan lebih terarah dan sesuai dengan tujuan Kompetensi Dasar (KD). RPP Kurikulum 2013 adalah suatu rencana yang menggambarkan langkah-langkah yang akan dilakukan seorang guru yang akan melaksanakan pembelajaran berdasarkan ketentuan kurikulum 2013.
II. Tujuan RPP
Tujuan utama dari RPP adalah untuk membantu guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Dengan adanya RPP, guru dapat memastikan bahwa semua komponen pembelajaran telah terpenuhi dan siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. RPP juga membantu guru dalam mengidentifikasi perbedaan individu peserta didik dan mendorong partisipasi aktif peserta didik.Â
III. Komponen RPP
RPP terdiri dari beberapa komponen dasar yang harus ada dalam penyusunannya. Berikut adalah komponen-komponen utama dalam RPP:
- Identitas RPP: mencakup judul RPP, mata pelajaran, kelas, waktu pelaksanaan, dan nama guru.
- Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD): menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
- Indikator Pencapaian Kompetensi: merujuk pada perilaku atau keterampilan yang harus dimiliki siswa setelah mengikuti pembelajaran.
- Materi Pembelajaran: berisi materi yang akan diajarkan kepada siswa.
- Metode Pembelajaran: menjelaskan metode atau strategi yang akan digunakan dalam pembelajaran.
- Langkah-langkah Pembelajaran: merinci langkah-langkah yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran.
- Penilaian: menjelaskan metode penilaian yang akan digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.
- Sumber Belajar: mencakup sumber-sumber belajar yang akan digunakan dalam pembelajaran.
IV. Cara Pembuatan RPP
Berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatan RPP yang dapat diikuti oleh guru:
- Menganalisis Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD): Pahami dengan baik SK dan KD yang terkait dengan mata pelajaran yang akan diajarkan.
- Menentukan Indikator Pencapaian Kompetensi: Tentukan indikator-indikator yang dapat digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.
- Menyusun Materi Pembelajaran: Susun materi pembelajaran yang akan diajarkan kepada siswa. Pastikan materi tersebut sesuai dengan SK dan KD yang telah ditetapkan.
- Memilih Metode Pembelajaran: Pilih metode atau strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran.
- Merencanakan Langkah-langkah Pembelajaran: Rinci langkah-langkah yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran, termasuk kegiatan pembukaan, inti, dan penutup.
- Menentukan Metode Penilaian: Tentukan metode penilaian yang akan digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.
- Menyusun Sumber Belajar: Susun sumber-sumber belajar yang akan digunakan dalam pembelajaran, seperti buku teks, media pembelajaran, atau sumber-sumber online.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H