Sekolah merupakan lembaga formal yang menyediakan fasilitas untuk menunjang kegiatan belajar dan mengajar. Selain di sekolah kegiatan bbelajar juga dapat dilakukan di rumah.Â
Belajar di rumah bisa dilakukan dengan cara mencari sumber belajar dari internet maupun dari buku-buku yang didapat dari sekolah.Â
Pada saat ini siswa di Indonesia melaksanakan pembelajaran di rumah secara daring (dalam jaringan) dikarenakan adanya pandemi Covid-19.Â
Covid-19 merupakan wabah yang mengakibatkan terganggunya kegiatan manusia mulai dari dunia ekonomi yang mengalami krisis karena terhentinya kegiatan produksi, sampai dunia pendidikan harus menutup kegiatan pembelajaran di kelas mulai dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi untuk menghindari penyebaran virus yang setiap hari selalu ada penambahan kasus.
Aktivitas belajar di rumah selama masa pandemi tak hanya memunculkan sejumlah kendala, seperti menimbulkan kejenuhan pada beberapa siswa.Â
Kejenuhan belajar adalah suatu keadaan seseorang ketika merasa bosan, letih, dan tidak bersemangat dalam belajar, namun tetap merasa usaha belajarnya tidak membuahkan hasil apapun.
Kejenuhan ini adalah salah satu masalah yang terjadi pada pembelajaran jarak jauh. Meski begitu belajar dirumah (daring) adalah kebijakan dari pemerintah untuk menghindari angka penambahan kasus karena jika pembelajaran masih dibiarkan tatap muka malah dikhawatirkan dapat menjadi tempat penyebaran covid-19, maka dari itu kita sebagai pengajar/guru harus bisa memberi metode pembelajaran yang bervariasi dan bagaimana caranya agar siswa tidak jenuh dengan materi yang kita sampaikan. Karena kejenuhan belajar bisa terjadi diakibatkan dari rutinitas yang monoton, sepeti tugas yang terlalu banyak, kurangnya kontrol diri, tekanan yang tinggi, aturan yang sulit dipahami, tuntutan yang saling bertentangan, kehilangan kesempatan, dan deadline tugas.Â
Artinya kejenuhan berasal dari hal yang monoton dan harus diubah agar siswa menjadi lebih baik lagi. Kejenuhan belajar pun bisa mengakibatkan menurunnya tingkat motivasi belajar dan tingkat prestasi siswa, serta timbulnya rasa malas yang diakibatkan siswa mengalami kejenuhan dalam belajar, mengapa demikian?Â
Dikarenakan siswa merasa kehilangan interaksi fisik yang biasanya dimiliki di sekolah bersama dengan teman-temannya sekarang dia harus berdiam diri dirumah melakukan pembelajaran sendiri atau hanya dengan dibantu oleh orangtuanya, oleh karena itu, peran orang tua sangat penting untuk membantu dalam membangun interaksi dengan anak dan orang tua dituntut untuk lebih kreatif agar siswa tidak mengalami kejenuhan dalam belajar.
Berikut ini penyebab kejenuhan yang dialami siswa pada masa pandemic Covid-19:
1. Banyaknya tugas yang diberikan guru