Pada era digital seperti sekarang ini penggunaan media social berkembang dengan cepat. Berbagai macam fitur yang sangat berguna membuat media social diminati oleh banyak orang. Media social yang akhir akhir ini sedang tren adalah tiktok.Â
Apa itu tiktok?? Hampir seluruh orang mengetahui apa itu tiktok, terutama bagi gen z aplikasi tersebut sangatlah tidak asing. Tiktok dirilis pada tahun 2016 di China oleh ByteDance, di tempat asalnya tiktok dikenal dengan sebutan douyin. Di Indonesia jumlah pengguna tiktok sebanyak 127,5 juta orang per April 2024 dari 279,7 juta penduduk Indonesia. Artinya 45,6% penduduk Indonesia tau dan paham apa itu tiktok.Â
Tiktok masuk Indonesia pada tahun 2018, namun pada tahun yang sama tiktok diblokir oleh kominfo karena sempat menuai kontroversi. Pada tahun 2018 tiktok dianggap membawa pengaruh buruk. Namun setelah 2 tahun, pada tahun 2020 tiktok kembali masuk Indonesia dan menjadi popular di kalangan masyarakat Indonesia. Kembalinya tiktok memberikan banyak fitur yang berguna, bukan hanya untuk hiburan namun bisa untuk berbisnis. Fitur berbisnis ini diperkenalkan pada 17 April 2021 yang kita kenal dengan sebutan tiktok shop.
Apa si tiktok shop itu? Tiktok shop ini adalah fitur inovasi dari tiktok yang menawarkan peluang bagi pebisnis untuk mempromosikan bisnisnya secara langsung. Tiktok shop membawa berbagai macam fitur yang dapat mempermudah dan menarik penjual dan pembeli mencoba fitur ini, seperti mudah untuk mengapload video promosi dan hiburan, adanya live streaming yang membuat penjual dan pembeli berinteraksi secara langsung, mudah untuk proses pendaftaran akun, mudah untuk menggungah produk, proses berbelanja yang mudah dipahami dan cepat, banyaknya voucher dan gratis ongkir dan bisa menggunakan pembayaran cash on delivery (COD) tanpa adanya biaya tambahan. Dengan kemudahan fitur tersebut membuat orang-orang lebih tertarik kepada aplikasi ini dibandingkan yang lainnya.Â
Dilansir dari berbagai sumber, tiktok shop juga memberikan manfaat kepada penjual untuk meningkatkan suatu bisnis yaitu :
1. Target audiens yang luas
Tiktok dan tiktok shop memiliki jutaan pengguna aktif di seluruh dunia, seperti yang dibahas di atas di Indonesia sendiri pengguna tiktok mencapai 127jt. Dengan menggunakan tiktok penjual mendapatkan akses langsung kejutaan pengguna yang dapat melihat dan membeli barang yang kita promosikan, dengan itu dapat meningkatkan penjualan dan memperluas bisnis.
2. Platform interaktif dan kreatif
Tiktok dan tiktok shop adalah platform yang dapat membuat konten video pendek yang menarik yang memungkinkan menampilkan produk dengan cara yang unik sehingga dapat menarik minat pengguna untuk membeli produk tersebut.
3. Viralitas tinggi
Tiktok memiliki kemampuan untuk membuat konten yang unik dan menarik viral. Penjual dapat mamanfaatkan peluang ini untuk menjadikan produk viral dan terjangkau khalayak luas dalam waktu singkat jika konten tersebut berhasil menarik perhatian pengguna dan dapat meningkatkan penjualan produk.
4. Dukungan fitur berbelanja langsung
Tiktok shop menawarkan fitur yang memungkinkan pengguna membeli produk langsung dari aplikasi tiktok. Hal tersebut membuat lebih mudah untuk melihat, memilih, dan membeli produk tanpa meninggalkan platform. Dengan fitur ini dapat mempermudah pembeli untuk melakukan transaksi.
5. Waktu berbelanja lebih singkat
Tiktok shop membuat pengguna menghemat banyak waktu dan energi. Karena link produk terpasang langsung pada video dan pembeli dapat dengan mudah berpindah ke halaman produk tersebut dengan mengklik link tersebut. Hal tersebut membuat pembeli lebih mudah dan cepat dalam menemukan produk yang dicari dan melakukan transaksi.
Dengan demikian penjelasan manfaat tiktok dalam meningkatkan suatu bisnis. Walaupun pada September 2023 tiktok shop sempat dilarang oleh pemerintah Indonesia karena dianggap merugikan pedagang offline, namun faktanya tiktok shop memberikan banyak keuntungan yang dapat meningkatkan bisnis secara online.Â
Referensi :
Hatmanto, Ridho. (2023, 11 Desember). Perjalanan tiktok masuk Indonesia hingga diambilÂ
kendali Tokopedia. Diakses pada 18 Juni 2024. Dari Perjalanan TikTok Masuk Indonesia hingga Ambil Kendali Tokopedia (beritasatu.com)
Izza. (2021, 2 Maret). Mengenal media social tiktok dan perannya untuk marketing bisnis.Â
Diakses pada 18 Juni 2024. Dari Mengenal Media Sosial TikTok Untuk Pemasaran Bisnis - BigEvo
Redaksi. (2023, 30 September). Ini manfaat dan keuntungan berjualan di tiktok shop. DiaksesÂ
pada 18 Juni 2024. Dari Ini Manfaat dan Keuntungan Berjualan di TikTok Shop (bisnis.com)
Muis, Lukman. (2023, 24 Januari). Perkembangan tiktok di media sosial. Diakses pada 18 JuniÂ
2024. Dari Perkembangan TikTok di Medi
a Sosial - Kompasiana.com