Mahmud
KKN
Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya-Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Pada Tahun 2024, dimana orang-orang banyak mengenal dunia digital saya dari Kelompok 06 R-22 menyusun program dengan judul "Pengembangan Home industry UMKM dengan menggunakan google bisnis" ini bertujuan untuk memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi kawasan umkm desa sajen dari segi Google bisnisku  yang dapat membantu pemasaran dan mempromosikan produk. lalu kelompok saya bekerjasama dengan salah satu UMKM yang berada di Desa Sajen yaitu UMKM Pengemasan Kripik untuk di daftarkan ke google bisnis.
Melalui google bisnisku pelaku bisnis dapat memperbaharui informasi agar dapat ditampilkan pada penelusuran Google, seperti nama toko, foto produk atau usahanya, alamat usaha jam buka, dan nomer telepon. Pelanggan dapat memberikan ulasan komentar dan pelaku bisnis dapat menanggapi ulasan tersebut.
Pelanggan juga dapat memberikan rating atau penilaian terhadap produk di UMKM yang sudah terdaftar di google bisnis. Desa Sajen merupakan salah satu desa di Kecamatan Kabupaten Mojokerto. Sebagian besar penduduk bekerja sebagai petani dan berdagang. Masalah Sebagian besar usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) adalah sulitnya mempromosikan bisnis mereka dimasyarakat
Para konsumen kebanyakan hanya dari masyarakat setempat dan banyak orang dari luar desa yang belum mengenal usaha mereka. Para pelaku UMKM masih minim akan pengetahuan manajemen usaha. Oleh karena itu perlu adanya pemberdayaan kewirausahaan kepada para pelaku UMKM di desa Sajen khususnya dalam mempromosikan produk dan usahanya.
Selain itu, para pelaku UMKM khususnya mitra kurang memiliki kesempatan untuk promosi melalui media sosial di era digital saat ini, dan para pelaku UMKM jarang mengikuti pelatihan atau workshop kewirausahaan. Dengan adanya sosialisasi digital marketing yang dilakukan oleh mahasiswa KKN dapat membantu pelaku UMKM dalam meyantumkan usaha mereka di Google Maps agar masyarakat luas dapat mudah mencari dan menemukan lokasi pedagang yang ingin mereka cari.
Pelatihan dan Pengenalan fitur Google My Business Menurut Dwiarta (2017), bahwa aplikasi Google My Business sangat membantu dalam pengembangan usaha. Google My Business juga mempermudah seseorang mencari informasi tentang bisnis masyarakat. Menurut Sipayung (2018), bahwa Google My Business adalah salah satu platform yang disediakan oleh google.
Dimana platform ini memberikan manfaat berupa penampilan dalam pencarian di perangkat. Apapun, baik desktop maupun smartphone. Pada program kerja ini Google My Business bertujuan menampilkan posisi tempat usaha di google map/gmap. Google Bisnisku adalah fitur yang ditawarkan oleh Google bagi pemilik bisnis yang ingin mengoptimalkan strategi pemasarannya karena Google Bisnisku berguna untuk mempermudah konsumen untuk mengetahui informasi lengkap mengenai sebuah bisnis. Dimana terdapat fitur-fitur yang mempermudah pelaku UMKM untuk meningkatkan penghasilan.
fitur-fitur pada aplikasi Google Bisnisku yang dapat dimanfaatkan oleh para UMKM online untuk mengembangkan usahanya, seperti:
Pertama, Profile Bisnis, merupakan informasi yang akan muncul pada halaman hasil pencarian, yang terdiri dari informasi seperti nama, alamat, informasi kontak, jam operasional. Informasi ini sangat penting karena merupakan hal pertama yang dilihat oleh calon pelanggan. Kedua, Foto berguna untuk menampilkan gambar yang berhubungan dengan suatu bisnis, seperti foto interior, exterior, produk, logo. Foto sangat penting karena bisa membuat tampilan lebih menarik, memberikan contoh kepada calon pelanggan dan meningkatkan kepercayaan mereka.Â
Ketiga, Situs setiap pengguna mendapatkan situs gratis dengan layanan alamat situs: (nama usaha).business.site. Keempat, Postingan membantu mempromosikan produk langsung ke penelusuran Google dan maps. Postingan dapat menampilkan teks, foto atau video yang sesuai agar dapat menarik lebih banyak pelanggan. Kelima, Ulasan pelanggan memungkinkan pelanggan untuk memberikan penilaian atas produk yang dimiliki dan membangun komunikasi antara penjual dan pembeli. Keenam, Pemberitahuan memberikan notifikasi jika ada aktivitas dari pengguna, seperti review pelanggan, komentar pelanggan, dan laporan pelanggan. Kelima, Pesan merupakan fitur terbaru dari Google Bisnisku yang memudahkan pelanggan untuk mengirimkan pesan penjual. Terakhir, Laporan dapat digunakan pelanggan untuk mengikuti informasi mengenai promo dan kegiatan apa saja yang sedang berjalan atau akan ada di bisnis tersebut.
Metode pelatihan Google My Business melalui metode presentasi, ceramah, diskusi dan langsung praktek penggunaaan fitur Google My Business.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H